Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Yuk, Bikin Tahu Gejrot Khas Cirebon yang Rasanya Umami

Yuk, Bikin Tahu Gejrot Khas Cirebon yang Rasanya Umami

Resep Tahu Gejrot
Lazada

Resep tahu gejrot

Resep tahu gejrot sangat menarik untuk diketahui informasinya, lalu dipraktikkan cara membuatnya. Kuliner khas Cirebon, Jawa Barat ini memang sudah sangat populer di wilayah Jawa Barat, Jakarta dan sekitarnya, serta sebagian Jawa Tengah.

Disebut tahu gejrot karena cara membuatnya dengan cara digeprek atau dipenyet. Ada juga yang bilang suara kuah tahu yang dikeluarkan dari botol menyerupai gejrot.

Biasanya menggunakan jenis tahu Sumedang atau tahu pong yang sudah digoreng. Disajikan dengan kuah manis dan ditambah ulegan cabai serta bawang merah dan bawang putih.

Rasanya benar-benar umami di lidah karena mengkombinasikan rasa manis, asin, dan asam. Ditambah sensasi pedasnya yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Anda sekalian tentu penasaran cara membuatnya. Oleh karenanya, silahkan dibaca selengkapnya resep tahu gejrot berikut.

Bahan utama

  1. 15 buah tahu Sumedang atau tahu pong
  2. Minyak goreng secukupnya

Bumbu untuk kuahnya

  1. 2 sendok makan gula Jawa disisir
  2. 1 sendok teh kecap manis
  3. 2 sendok makan air asan Jawa
  4. ½ sendok teh garam
  5. 1 gelas air matang

Bumbu yang diuleg

  1. 3 siung bawang merah
  2. 1 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. ½ sendok teh garam

Cara membuat tahu gejrot

Setelah semua bahan dan bumbu disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan resep tahu gejrot dengan cara sebagai berikut.

  1. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng tahu. Setelah panas, masukkan semua tahu satu per satu dan goreng hingga berwarna kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, siapkan cobek dan ulegannya. Setelah itu, uleg kasar semua bumbu yang diuleg hingga merata. Tidak perlu hingga terlalu halus agar sesuai dengan tahu gejrot versi aslinya. Sisihkan.
  3. Langkah berikutnya, yaitu membuat kuahnya. Siapkan dulu wajan penggorengan dan nyalakan api kecil saja, lalu masak air dan gula Jawa hingga mendidih. Setelah itu, masukkan air asam Jawa, kecap manis, dan garam. Aduk merata.
  4. Jangan lupa mencicipi kuahnya sedikit untuk memastikan rasanya sudah pas di lidah Anda atau belum. Masak hingga sedikit mengental, lalu matikan kompor dan diamkan sejenak agar menghangat.
  5. Selanjutnya, Anda tinggal plating. Siapkan piring saji, lalu potong-potong tahu ukuran sedang. Anda juga bisa menguleg kasar tahunya, lalu diletakkan diatas piring. Tambahkan bumbu uleg secukupnya. Setelah itu, siram dengan kuahnya yang sudah matang secukupnya. Tahu gejrot siap disantap.

Mempraktikkan resep tahu gejrot khas Cirebon memang cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Silahkan Anda coba membuatnya sendiri di rumah. Level kepedasannya bisa disesuaikan dengan lidah Anda masing-masing. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version