Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Yuk, Dicoba Sambal Cumi Pedas Mantap Bikin Lidah Bergoyang

Yuk, Dicoba Sambal Cumi Pedas Mantap Bikin Lidah Bergoyang

Sambal Cumi Pedas (1)
Lazada

Resep sambal cumi

Apakah Anda sudah mengetahui resep sambal cumi yang mantap? Jika belum, silahkan membaca artikel ini hingga tuntas karena menguraikan perihal bahan dan cara memasak sambal cumi secara lengkap.

Dengan begitu, Anda bisa coba membuatnya di rumah. Bukan hanya untuk disantap bersama keluarga saja. Namun, Anda juga dapat menjual jenis sambal yang satu ini secara offline maupun online.

Hal itu dikarenakan cukup banyak penggemar sambal cumi, asalkan rasanya benar-benar enak dan cocok di lidah.

Baby octopus atau cumi kecil akan dimasak dengan beragam bahan sambal khas Nusantara. Jika pemilihan bahan dan cara memasaknya benar, pasti rasanya tidak mengecewakan.

Untuk bisa mendapatkan rasa yang umami, silahkan Anda membaca resep sambal cumi selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 250 gram baby cumi segar
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 1 papan petai yang dikupas dan diambil bijinya
  4. 20 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  5. 5 buah cabai merah besar
  6. 1 buah tomat merah
  7. 8 siung bawang merah
  8. 4 siung bawang putih
  9. 3 lembar daun jeruk
  10. 1 batang serai digeprek
  11. 1 sendok teh gula Jawa disisir
  12. 1 sendok teh kaldu bubuk
  13. Minyak goreng secukupnya untuk mengooreng cumi dan menumis

Cara memasak sambal cumi

Setelah semua bahan diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep sambal cumi dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua baby cumi di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan plastik atau tulang lunak di dalam tubuhnya. Setelah itu, masukkan ke dalam wadah baskom, lalu beri perasan jeruk nipis. Aduk merata dan diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 15 menit, bersihkan lagi baby cumi di bawah air mengalir. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng cumi. Setelah panas, masukkansemua baby cumi ke dalam wajan. Goreng hingga setengah matang saja, lalu angkat dan tiriskan.
  3. Siapkan cobek untuk proses membuat sambalnya. Setelah itu, uleg cabai rawit, cabai merah besar, tomat, bawang merah, dan bawang putih hingga halus. Anda juga bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya agar lebih cepat. 
  4. Panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis semua bahan yang dihaluskan tadi hingga harum. Tambahkan daun jeruk dan batang serai. Tumis terus hingga layu.
  5. Kecilkan api kompor, lalu masukkan petai dan cumi. Aduk merata hingga semuanya tercampur. Bumbui dengan gula Jawa dan kaldu bubuk. Aduk merata dan masak hingga matang. Anda bisa mencicipi sedikit sambalnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah pas, matikan kompor karena sambal cumi sudah matang. Siap disajikan.
  6. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating. Tuangkan masakan sambal cumi yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.

Ternyata, cukup mudah memasak resep sambal cumi. Anda bisa mempraktikkannya sendiri di rumah sekarang juga. Jika sudah matang, santap dengan nasi putih hangat untuk makan siap yang paling cocok. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

1 tanggapan pada “Yuk, Dicoba Sambal Cumi Pedas Mantap Bikin Lidah Bergoyang”

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version