Lompat ke konten
Home » Tteokbokki, Camilan Nonton Drama Korea, Begini Buatnya

Tteokbokki, Camilan Nonton Drama Korea, Begini Buatnya

Tteokbokki (1)

Resep Tteokbokki

Hallo moms,

tentunya tak asing lagi kan dengan camilan asal negeri gingseng ini. Tteokbokki itu lah namanya. Camilan ini berbahan dari beras yang diolah seperti lontong (memanjang) dan teksturnya pun memanjang. Catet ni ya bahan dan cara pembuatannya !

Bahan – bahan :

  1. 200gr beras
  2. 1/2 sdt garam
  3. 150 ml air matang

Saus

  1. 2 sdm gochujang
  2. 1 1/2 sdm gula pasir
  3. 1 sdm gochugaru
  4. 1 sdm saus tiram
  5. 1 sdm saus teriyaki
  6. 1 sdt garam
  7. 1 sdt gula
  8. 200 ml air matang
  9. Daun bawang cincang kasar secukupnya

Cara membuatnya :

  1. Cuci beras hingga bersih dan selanjutnya rendam selama 8 – 18 jam atau semalaman. Buang airnya cuci kembali hingga bersih dan keringkan hingga benar- benar kering.
  2. Haluskan beras dengan blender hingga menjadi tepung.
  3. Letakkan tepung di dalam wadah yang tahan panas, tambahkan air dan garam lalu aduk rata. Tutup wadah dengan plastic wrap.
  4. Letakkan wadah berisi adonan ke dalam panci berisi air dan pastikan tinggi air ½ tinggi wadah adonan. Tutup panci besar tersebut dan panaskan hingga airnya mendidih. Masak terus selama 30 menit atau hingga matang lalu angkat.
  5. Letakkan adonan yang sudah matang ke permukaan yang datar, namun sebelumnya permukaan tersebut diberi sedikit minyak agar tidak lengket. Saat suhu adonan masih hangat tumbuk perlahan menggunakan alu. Semakin sering ditumbuk  maka rice cake/adonan yang dihasilkan akan semakin kenyal.
  6. Bagi adonan menjadi 2, bentuk tiap adonan menjadi silinder Panjang. Potong sekitar 5 cm lalu sisihkan. Rice cake atau adonan yang sudah dipotong – potong dapat di simpan di freezer apabila ada sisa.
  7. Saus : masukkan semua bahan ke dalam panci (kecuali daun bawang dimasukkan sesaat sebelum mematikan kompor). Masak di atas api sedang hingga mendidih.
  8. Masukkan rice cake ke dalam saus mendidih llau aduk hingga rata. Masak selama 3 menit atau keseluruhan adonan rice cake tertutupi oleh saus dan meresap. Masukkan daun bawang lalu matikan kompor. Angkat dan sajikan selagi hangat.
Baca Juga :  Memasak Resep Nasi Tim Daging Keju untuk Sarapan atau Bekal Makanan
Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor topwisata.info