Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Penasaran dengan Resep Sambal Gami Cumi Khas Bontang?

Penasaran dengan Resep Sambal Gami Cumi Khas Bontang?

sambal gami cumi

Resep sambal gami cumi

Baca Dulu Informasinya Berikut

Resep sambal gami cumi khas Bontang, Kalimantan Timur memang sudah populer di tengah masyarakat setelah videonya di platform sosial media viral.

Anda mungkin masih belum mengetahui, apa itu sambal gami? Sejenis sambal yang mencampurkan bahan protein laut yang biasanya disajikan diatas piring tanah liat atau cobek.

Sebelum dihidangkan, cobeknya dipanasi dulu diatas perapian hingga mendidih, sehingga aroma sambal beserta isian proteinnya menggugah selera setiap orang yang menciumnya.

Anda tidak perlu pergi ke Bontang hanya untuk mencicipi sambal gami cumi. Sepertinya sudah banyak warung atau rumah makan yang menjual menu tersebut

Bahkan, Anda juga dapat membuatnya sendiri dengan cara cukup mudah. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca resep sambal gami cumi berikut.

Bahan-bahan

  1. 100 gram cumi segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 5 butir bawang merah
  4. 3 siung bawang putih
  5. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  6. 1 buah tomat merah diiris tipis-tipis
  7. ½ sendok teh garam
  8. ½ sendok teh gula Jawa
  9. ½ sendok teh kaldu bubuk
  10. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Tomyam Udang, Khas Restoran Thailand

Cara membuat sambal gami cumi

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan resep sambal gami cumi dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua cumi di bawah air mengalir. Buang semua tinta dan platik di dalam tubuhnya. Jika ukurannya terlalu besar, Anda dapat memotongnya menjadi beberapa bagian sesuai selera.
  2. Setelah itu, beri perasan jeruk nipis dan biarkan beberapa saat untuk menghilangkan bau amisnya.
  3. Siapkan cobek dari tanah liat, lalu uleg kasar semua bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit merah. Tambahkan garam, gula Jawa, dan kaldu bubuk. Uleg lagi merata.
  4. Selanjutnya, nyalakan api kompor kecil, lalu letakkan cobek diatas api. Beri minyak goreng secukupnya dan aduk merata dengan semua bahan sambal.
  5. Tambahkan irisan tomat dan potongan cumi. Aduk merata lagi dan masak hingga mendidih. Memasak cumi tidak perlu lama karena bisa keras atau alot dagingnya. Anda bisa mencicipi sedikit sambal gaminya. Jika sudah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  6. Biarkan sejenak cobek beserta sambal gami cumi yang sudah matang agar tidak terlalu panas. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Sate Usus Sapi Bumbu Kuning Rasa Maknyus bagi Penggemar Jeroan

Ternyata resep sambal gami cumi mudah dipraktikkan dengan beberapa langkah seperti diuraikan diatas. Oleh karenanya, silahkan Anda coba membuatnya di rumah agar dapat mencicipi rasa sambalnya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan