Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Oseng Mercon yang Rasanya Pedas Menyengat di Rumah

Memasak Resep Oseng Mercon yang Rasanya Pedas Menyengat di Rumah

oseng mercon (1)
Lazada

Resep oseng mercon

Ada resep oseng mercon yang sudah populer dengan rasa pedasnya yang menyengat lidah. Anda mungkin salah satu yang pernah mencicipinya dan merasa ketagihan.

Jika seperti itu, lebih baik memasaknya sendiri di rumah. Menu kuliner yang satu ini memang cocok untuk Anda sekalian yang suka makan pedas menyengat.

Sebenarnya bahan dan bumbu oseng cukup sederhana. Semuanya bisa Anda dapatkan dengan mudah dan murah.

Beli saja di pasar tradisional atau supermarket terdekat tempat tinggal. Sementara itu, bahan utamanya yang berupa daging dan tetelan sapi tidak perlu menyediakannya banyak.

Namun yang terpenting, yaitu rasanya gurih pedas menyengat seperti nama masakannya. Lalu, bagaimana resep oseng mercon yang direkomendasikan?

Berikut uraian selengkapnya yang harus Anda baca.

Bahan-Bahan

  1. 250 gram daging sapi dan tetelan
  2. 2 gelas air kaldu sapi
  3. 3 lembar daun salam
  4. 5 lembar daun jeruk
  5. 2 batang serai digeprek
  6. 2 cm jahe digeprek
  7. 2 cm lengkuas digeprek
  8. 5 buah cabai rawit merah utuh
  9. 1 sendok teh garam
  10. 1 sendok teh gula Jawa
  11. ½ sendok teh lada bubuk
  12. ½ sendok teh kaldu bubuk
  13. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 butir bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 20 cabai rawit merah
  4. 5 buah cabai merah keriting

Cara memasak oseng mercon

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep oseng mercon dengan beberapa langkah sebagai berikut,

  1. Bersihkan semua daging dan tetelan di bawah air mengalir, lalu rebus hingga mendidih dan berkaldu. Angkat dan sisihkan. Setelah itu, potong kotak-kotak daging dan tetelan ukuran sedang. Sisihkan dulu. Sementara itu, air kaldu sisa rebusannya jangan dibuang karena masih digunakan memasak.
  2. Selanjutnya, panaskan minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum. Tambahkan jahe, lengkuas, daun jeruk, serta daun salam. Tumis semuanya hingga layu.
  3. Setelah itu, masukkan semua potongan daging dan tetelan, lalu aduk lagi. Tuangkan air sisa rebusan daging sekitar 2 gelas. Kecilkan api kompor dan masak hingga mendidik
  4. Jangan lupa dibumbui gula Jawa, garam, lada bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk merata. Masukkan juga cabai rawit utuh. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk memastikan rasanya sudah pas.
  5. Masak hingga mendidih dan kuahnya menyusut. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  6. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan oseng mercon yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Sediakan juga nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.

Sekarang, Anda sudah mengetahui cara memasak resep oseng mercon yang rasanya dijamin pedas menyengat lidah. Selanjutnya, silahkan Anda praktikkan di rumah untuk lauk makan siang atau malam. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version