Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Sayur Asem Tetelan Daging Khas Jakarta yang Rasanya Mantap

Memasak Resep Sayur Asem Tetelan Daging Khas Jakarta yang Rasanya Mantap

sayur asem tetelan daging
Lazada

Resep sayur asem tetelan daging

Resep sayur asem tetelan daging menjadi ciri khasnya Betawi atau Jakarta. Sebenarnya tiap daerah atau wilayah khususnya di Pulau Jawa mempunyai masakan sayur asem dengan ciri khasnya masing-masing.

Misalnya, sayur asem khas Jawa Tengah lebih segar dan bening karena hanya berisi beberapa sayuran dan pastinya segar dari asam Jawa.

Berbeda dengan sayur asem khas Jakarta yang berwarna coklat kemerahan karena ada campuran bumbu terasi di dalamnya.

Selain itu, juga bisa ditambah tetelan daging sebagai pelengkap untuk protein hewaninya. Dengan begitu, wajar saja warna sayur asemnya tidak bening, tetapi agak keruh.

Rasanya juga tidak hanya segar saja, tetapi ada citarasa daging sapinya. Anda yang penasaran dengan rasanya, silakan menyimak dulu resep sayur asem tetelan daging berikut untuk kemudian dipraktikkan di rumah.

Bahan-bahan

  1. 100 gram tetelan daging sapi
  2. 100 gram nangka muda dipotong-potong
  3. 1 buah jagung manis dipotong 3 – 4 bagian
  4. 1 genggam kacang tanah
  5. ¼ buah pepaya muda dipotong-potong
  6. 1 genggang daun melinjo
  7. 1 liter air
  8. 2 buah tomat merah
  9. 2 helai kacang panjan dipotong-potong
  10. Melinjo secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 3 butir bawang merah
  2. 3 buah cabai rawit merah
  3. 1 sendok teh terasi
  4. 1 sendok makan garam
  5. 2 sendok teh gula pasir

Bumbu lainnya

  1. 2 cm lengkuas
  2. 2 lembar daun salam
  3. 3 buah asam Jawa

Cara memasak sayur asem tetelan daging

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep sayur asem tetelan daging dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua tetelan daging yang sudah disiapkan di bawah air mengalir, lalu dipotong-potong ukuran sedang. Setelah itu, siapkan panci ukuran sedang untuk merebus potongan tetelan daging dengan air yang juga sudah disiapkan hingga mendidih.
  2. Kecilkan api kompor, lalu tambahkan nangka muda, melinjo, kacang tanah, lengkuas, asam Jawa, daun salam, dan tomat. Rebus hingga semua bahan setengah matang.
  3. Setelah itu, angkat dan tiriskan tomat beserta asasm Jawa. Letakkan diatas mangkuk atau piring, lalu beri air rebusan secukupnya. Hancurkan dengan sendok hingga lembut, lalu masukkan lagi ke dalam air rebusan. Aduk merata dengan semua bahan di dalamnya.
  4. Selanjutnya, masukkan semua bumbu halus ke dalam panci rebusan dan aduk merata. Tambahkan pepaya muda, jagung manis, kacang panjang, dan daum melinjo. Masak hingga semua bahan dan sayuran di dalamnya empuk.
  5. Silahkan untuk mengkoreksi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah pas dan matang, matikan kompor. Masakan siap disajikan.
  6. Siapkan mangkuk saji ukuran sedang untuk plating, lalu tuangkan masakan sayur asem tetelan daging yang sudah matang diatasnya. Jangan lupa menyiapkan nasih putih hangat saat ingin menyantapnya.

Ternyata memasak resep sayur asem tetelan daging khas Jakarta tidak begitu sulit. Anda bisa coba memasaknya sekarang juga dengan bahan dan bumbu mudah didapatkan. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version