Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ceker Goreng Kremes, Sajian Sederhana yang Menggugah Selera

Resep Ceker Goreng Kremes, Sajian Sederhana yang Menggugah Selera

ceker goreng kremes (1)

Resep ceker goreng kremes

Resep ceker goreng kremes sangat menarik untuk disimak informasinya. Dimana bahan ceker ayam memang bisa dimasak dengan bumbu apa saja dan berbagai cara.

Mulai dari direbus, ditumis, dibakar, hingga digoreng garing. Ceker ayam juga bisa dijadikan bahan campuran untuk banyak menu lauk yang pastinya rasanya tetap menggugah selera.

Salah satu menu yang bisa Anda masak dengan bahan ini, yaitu ceker goreng kremes. Bukan hanya ceker gorengnya saja yang lezat, tetapi ada kremesan yang menjadikannya lebih mantap saat disantap.

Anda yang tertarik dan penasaran dengan rasanya bisa memasaknya di rumah. Namun sebelumnya, silahkan membaca resep ceker goreng kremes berikut selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 1 kg ceker ayam segar
  2. 25 gram tepung tapioka
  3. 100 gram tepung beras
  4. 1 butir telur ayam
  5. 200 ml air
  6. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 3 siung bawang putih
  2. 1 sendok makan ketumbar
  3. 2 cm kunyit
  4. 2 cm jahe
  5. 5 butir kemiri
  6. 1 sendok teh jintan
  7. 1 sendok makan garam
Baca Juga :  Resep Pecak Ikan Gurame yang Rasanya Berani dan Nagih

Bumbu lainnya

  1. 3 lembar daun salam
  2. 2 lembar daun jeruk
  3. 2 batang serai digeprek
  4. 2 cm lengkuas digeprek

Cara membuat ceker goreng kremes

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan resep ceker goreng kremes dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ceker ayam yang sudah dibersihkan di bawah air mengalir.  Setelah itu, siapkan panci ukuran sedang untuk merebus semua ceker dengan air yang sudah disiapkan dengan api kompor kecil saja.
  2. Tambahkan semua bumbu halus dan aduk merata. Masukkan juga semua bumbu lainnya yang sudah disiapkan ke dalam panci. Aduk merata lagi dan rebus hingga mendidih. Jangan lupa menutup pancinya saat proses perebusan.
  3. Rebus hingga air menyusut dan pastikan ceker sudah empuk. Setelah itu, angkat ceker dan sisihkan dulu.
  4. Selanjutnya, siapkan wadah baskom, lalu masukkan ke dalamnya tepung tapioka, tepung beras, telur ayam, air secukupnya, dan sisa rebusan ceker. Aduk merata.
  5. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya. Setelah panas, tuangkan sedikit demi sedikit adonan tepung ke dalam minyak. Goreng hiingga adonan menjadi kremesan danberwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  6. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tata dan letakkan ceker goreng diatasnya. Lengkapi dengan kremesan yang sudah matang. Anda bisa menjadikannya cemilan dengan mencocolnya di saus tomat/cabai. Atau mungkin, Anda juga bisa menjadikannya lauk saat menyantap nasi putih hangat.
Baca Juga :  Mau Buat Laksan Khas Palembang? Ikuti Resep Ini

Cukup mudah bukan memasak resep ceker goreng kremes? Oleh karenanya, silahkan Anda coba di rumah sekarang juga.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan