Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Serundeng Ayam Pedas, Menu Lauk Mantap yang Tahan Lama

Resep Serundeng Ayam Pedas, Menu Lauk Mantap yang Tahan Lama

Resep serundeng ayam pedas (1)
Lazada

Resep serundeng ayam pedas

Resep serundeng ayam pedas menjadi salah satu alternatif menu lauk dari bahan daging ayam. Anda mungkin sudah bosan dengan lauk ayam yang dimasak itu-itu saja.

Oleh karenanya, tidak ada salahnya mencoba masakan berbahan daging ayam lainnya, seperti serundeng ayam pedas ini.

Dimana suwiran daging ayam diolah dan dimasak dengan parutan kelapa. Selanjutnya, dicampur dengan bumbu halus dan digoreng hingga matang.

Setelah matang, sangat cocok dijadikan lauk bersama nasi putih hangat. Anda juga bisa menjadikannya lauk pendamping yang lezat saat memasak nasi goreng, mie goreng, kwetiau goreng, dan masakan lainnya.

Jika masih ada sisa serundengnya, Anda bisa menyimpannya di dalam toples untuk persediaan lauk beberapa hari ke depan. Sangat menarik, bukan?

Lalu, bagaimana resep serundeng ayam pedas yang mantap dan direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging ayam tanpa tulang dan kulit
  2. 1 bungkus bumbu marinasi ayam goreng
  3. ½ butir kelapa setengah tua diparut kasar
  4. 1½ sendok teh garam
  5. ¼ sendok teh merica bubuk
  6. 2 sendok teh gula pasir
  7. Air secukupnya
  8. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 4 butir bawang merah
  2. 1 siung bawang putih
  3. 1 butir kemiri disangrai
  4. 5 buah cabai merah besar

Cara membuat serundeng ayam pedas

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep serundeng ayam pedas dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir, lalu potong-potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu, rebus hingga mengeluarkan kaldunya. Angkat dan tiriskan dagingnya.
  2. Selanjutnya, rebus sekali lagi dengan menambahkan bumbu marinasi hingga airnya menyusut. Setelah itu, goreng daging ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat, tiriskan, dan sisihkan dulu.
  3. Setelah daging ayam tidak terlalu panas, Anda bisa suwir-suwir dagingnya. Sisihkan lagi.
  4. Langkah berikutnya, panaskan wajan penggorengan diatas api kecil saja. Lalu masukkan kelapa parut dan semua bumbu halus. Sangrai dan aduk merata hingga tercampur semua.
  5. Setelah itu, masukkan suwiran daging ayam dan aduk merata lagi. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk terus perlahan.
  6. Masak dan aduk-aduk hingga masakannya mengering dan menjadi serundeng. Anda bisa mencicipi sedikit serundengnya untuk memastikan rasanya sudah pas atau belum. Jika sudah, matikan kompor dan serundeng siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan serundeng ayam pedas yang sudah matang diatasnya. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya. Anda dapat menyimpan serundeng ayamnya ke dalam toples, jika masih tersisa.

Beberapa langkah resep serundeng ayam pedas diatas dapat Anda praktikkan sekarang juga. Setelah matang, ajak seluruh anggota keluarga dan orang terdekat untuk mencicipinya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version