Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Daging Suwir Bumbu Rujak, Referensi Masakan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Resep Daging Suwir Bumbu Rujak, Referensi Masakan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Resep Daging Suwir Bumbu Rujak (1)

Resep daging suwir bumbu rujak

Resep daging suwir bumbu rujak bisa menjadi referensi informasi yang menarik terutama menyambut bulan Ramadhan.

Masakannya bukan hanya cocok untuk makan saat berbuka puasa saja, tetapi juga makan sahur. Jadi, Anda yang memasaknya di sore hari untuk berbuka puasa dan masih ada sisa.

Simpan saja untuk selanjutnya dijadikan lauk makan sahur setelah dihangatkan sebentar.

Lagipula bahan utamanya daging sapi yang memang harganya cukup mahal di pasaran, sehingga Anda bisa memasaknya untuk satu hari sebagai lauk seluruh keluarga.

Jika lebih jeli, Anda bisa berhemat pengeluaran harian. Sementara itu, daging sapi akan dimasak menjadi suwiran, lalu dimasak lagi dengan bumbu rujak.

Lalu, bagaimana resep daging suwir bumbu rujak selengkapnya? Berikut informasinya yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 350 gram daging sapi segar
  2. 2 cm lengkuas digeprek
  3. 1 batang serai digeprek
  4. 500 ml santan cair
  5. 5 buah belimbing wuluh dipotong bulat
  6. 1 liter air untuk merebus
  7. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng daging dan menumis
Baca Juga :  Kimchi Pancake, Cemilan Pendamping Drakor Korea

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 butir bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai rawit merah
  4. 2 buah cabai merah besar
  5. 3 butir kemiri
  6. 2 cm kunyit
  7. ½ sendok teh kaldu bubuk
  8. ½ sendok teh garam
  9. 1 sendok teh gula pasir

Cara memasak daging suwir bumbu rujak

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep daging suwir bumbu rujak dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua daging sapi yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Jika ukurannya cukup besar, Anda bisa memotongnya menjadi beberapa bagian.
  2. Setelah itu, rebus daging sekitar 60 menit atau menggunakan panci presto sekitar 30 menit. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu agar tidak terlalu panas.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng daging. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan daging ke dalamnya.
  4. Goreng hingga permukaannya berwarna kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu agar agak mendingin. Setelah itu, silahkan suwir-suwir dagingnya dengan ukuran sesuai selera. Sisihkan lagi.
  5. Panaskan wajan penggorengan dan kurangi minyak goreng sisa menggoreng daging tadi hingga tinggal sekitar 2 sendok makan. Setelah minyak panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  6. Tambahkan batang serai dan lengkuas, lalu tumis terus hingga bertambah harum. Setelah itu, masukkan suwiran daging dan aduk merata.
  7. Tuangkan santan, lalu kecilkan api kompor. Aduk perlahan terus menerus agar santan tidak pecah. Masak hingga kuah santan menyusut. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya.
  8. Jangan lupa tambahkan potongan belimbing wuluh, lalu aduk sebentar. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  9. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan daging suwir bumbu rujak yang sudah matang. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Siapkan juga nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Inilah Resep Bumbu Ayam Bakar, Bumbu Madu Pedas

Setelah membaca langkah-langkah memasak resep daging suwir bumbu rujak diatas, silahkan untuk coba mempraktikkannya di rumah. Setelah matang, cicipi dan santap bersama seluruh keluarga tercinta.

Lihat video Resep Daging Suwir Bumbu Rujak

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan