Lompat ke konten
Home » Wisata » Menjelajahi Pesona Air Terjun Semirang yang Tiada Tanding

Menjelajahi Pesona Air Terjun Semirang yang Tiada Tanding

Pesona Air Terjun Semirang4 (1)

Pesona Air Terjun Semirang

Meski santai di rumah terdengar nyaman, menghabiskan waktu liburan dengan pergi ke tempat wisata sangat direkomendasikan. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan pengalaman baru setelah berkunjung dari sana.

Apalagi, jika destinasi tersebut menawarkan pesona alam dan belum pernah kamu datangi. Tentu, bakal amat berkesan, baik suasananya maupun perasaan ketika pertama dan terakhir kali menginjakkan kaki.

Salah satu objek wisata dengan kriteria demikian serta layak untuk dikunjungi ketika pikiran sedang penat adalah Air Terjun Semirang.

Lokasi Pesona Air Terjun Semirang

Alamat: Dusun Gintungan, Kelurahan Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50551

Maps: Klik di sini

Harga Tiket: Rp10.000,-

Jam Buka: 08.00-16.00

Daya Tarik

Berada di kaki Gunung Ungaran, destinasi wisata yang dikenal pula dengan nama Curug Semirang ini didirikan oleh Perhutani pada tahun 1955 melalui LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) di atas lahan seluas 10 hektar.

Curug Semirang memiliki panorama yang cantik. Air terjunnya sendiri mempunyai ketinggian 45 meter. Walaupun untuk mencapainya butuh perjalanan kurang lebih 1 km, lelah yang kamu rasa akan terbayar lunas oleh lansekap nan menyejukkan mata.

Dipikir-pikir, lelah tersebut tidak begitu terasa manakala kamu mendengar suara gemericik air di sepanjang jalan. Langkahmu juga akan dihibur oleh kehadiran berbagai satwa kecil yang gemar berlalu lalang, seperti kadal, tupai berekor panjang dan burung. Tentu menambah semangat untuk segera tiba di lokasi.

Begitu menapakkan kaki, kamu bakal disambut oleh pepohonan pinus yang sangat meneduhkan. Tidak heran bila area di sekitarnya kerap dimanfaatkan untuk berkemah. Nah, di antara pepohonan itu ada sebuah kolam renang yang airnya berwarna hijau.

Apabila tidak ingin berenang, kamu bisa duduk-duduk di bangku yang tersedia di sekitar kolam sembari menikmati sajian yang dijual oleh para pedagang.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Semirang

Di samping berkemah, hal lain yang dapat kamu lakukan di lokasi antara lain:

Baca Juga :  Ke Wisata Alam Jambi, Coba deh Air Terjun Renah Sungai Besar, HTM, Lokasi, Spot Menariknya

Berenang di Kolam Hijau

Sebagaimana yang sudah disebutkan, pohon-pohon pinus di sekitar curug mengapit sebuah kolam renang. Kolam ini unik sekali karena airnya berwarna hijau dan berasal dari mata air Gunung Ungaran. Jika kolam pada umumnya terbuat dari keramik, di sini lain, yakni dipasangi bebatuan. Jadi, sangat menambah kesan alami.

Meski warnanya hijau, air di kolam tersebut terbilang jernih. Rasa dingin dan sejuk ketika menyentuhnya membuat tubuh lebih rileks.

Spot Foto yang Menarik

Hal pertama kali yang dicari saat berkunjung ke suatu destinasi wisata adalah spot foto. Tidak cuma menjadikan air terjun sebagai latar belakang, kamu pun bisa berfoto di rumah pohon beserta anak tangganya. Atau, berdiri di antara pohon-pohon pinus yang menyejukkan.

Mitos Air Terjun Semirang

Selain menyuguhkan panorama alam yang indah, tempat wisata ini menyimpan mitos dan misteri. Jadi, dulu kala ada seorang wanita bernama Sari yang telah bersuami. Suatu hari, Sari tengah mandi di curug. Ketika ia selesai dan mengenakan kain jarik, datang lah jin bernama Barok.

Sari pun terkejut dan hendak melarikan diri. Sayangnya, saat melintasi lereng yang ada di dekat jurang, Barok menarik kain jarik Sari. Alhasil, Sari terpaksa melanjutkan perjalanan tanpa busana yang menempel di badannya.

Nah, lepasnya kain jarik itu lah yang menjadi awal mula penamaan curug. Semirang berasal dari kata wirang yang artinya malu.

Tetapi, ada mitos lain yang beredar di masyarakat, yakni sepasang suami istri yang bersemedi di lereng bukit Gunung Ungaran. Kisah ini masih melibatkan Sari dan suaminya, Sraya. Suatu hari, Sraya harus memenuhi perintah seorang resi, ayah Sari, untuk mencari Bunga Kalakecika dan Lanceng Putih.

Sraya berangkat pada malam purnama. Namun, ia bingung ke mana agar bisa menemukan bunga tersebut. Akhirnya, ia bersemedi di puncak bukit dan memperoleh jawaban bahwa kedua bunga tadi ada di lokasi curug yang berbeda.

Baca Juga :  De Ranch Bogor Taste of Bandung

Sementara itu, Sari yang ditinggal suaminya mendapat gangguan dari Barok. Sayang, usahanya untuk melarikan diri sempat digagalkan oleh Barok ketika ia sampai di lereng bukit yang terpisahkan oleh jurang. Sari pun melemparkan kendit yang melilit tubuhnya dan menjadi jembatan nan menghubungkan kedua bukit.

Menyeberang lah ia ke sana. Belum sampai tujuan, Barok menarik kain jarik yang membuat Sari berlari dengan bertelanjang. Saat berlari, ia terjerembab di jurang yang ada air terjunnya. Datanglah Sraya menolong Sari untuk melumpuhkan Barok. Akhirnya, Sari dan Sraya bersemedi di sana hingga mendapatkan Bunga Kalakecika.

Fasilitas Air Terjun Semirang

Seperti objek wisata serupa, Air Terjun Semirang juga menyediakan tempat parkir, toilet, kamar mandi bilas dan kamar ganti. Kamu pun bakal menemukan mushala yang memudahkan untuk beribadah. Tak hanya itu, ada warung makan, cafe dan pedagang kaki lima yang menjajakan aneka makanan.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Semirang

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika berwisata ke Air Terjun Semirang, yaitu:

  1. Dikarenakan medan yang cukup terjal dan licin, disarankan untuk tidak pergi ke Curug Semirang di musim hujan. Selain sulit untuk dilalui, sangat berisiko tinggi jika kamu terpeleset atau jatuh.
  2. Jangan lupa membawa baju ganti apabila kamu ingin bermain air di curug atau berenang di kolam hijau.
  3. Di sekitar curug, terdapat area untuk berkemah. Pihak pengelola pun menyewakan tenda dan perlengkapan untuk menunjangnya.
  4. Kamu dapat membawa bekal makanan dari rumah apabila ingin berkemah di Curug Semirang. Tapi, kalau kelupaan, bisa membeli di warung atau pedagang kaki lima yang ada.
  5. Patuhi aturan yang ada, jangan sampai membuang sampah sembarangan atau pun merusak lingkungan sekitar.

Rute Menuju Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang terletak di Dusun Gintungan, Kelurahan Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Lokasinya berjarak kurang lebih 15 km dari Kota Ungaran.

Baca Juga :  Wajah Baru Kampung Majapahit di Pacet Mojokerto

Untuk sampai ke sana, kamu dapat berkendara ke arah Ungaran dan memasuki Jalan Raya Semarang-Surakarta. Kemudian, setelah STIKES Ngudi Waluyo, kamu bisa belok kanan. Ikuti jalur tersebut hingga sampai ke tujuan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Semirang

Beberapa biaya yang kamu keluarkan untuk menikmati wisata Air Terjun Semirang, di antaranya:

  • Tiket masuk: Rp10.000,-/orang
  • Parkir motor: Rp2.000,-
  • Parkir mobil: Rp5.000,-

Begitu memasuki tempat parkir, kamu akan merasakan suasana yang sejuk dan pemandangan alam nan masih asri. Jarak parkir dari lokasi sendiri kira-kira 500 meter.

Capek menempuh perjalanan akan hilang ketika melihat lansekap keindahan air terjun yang begitu nyata. Apalagi, airnya masih sangat jernih, bak belum pernah tersentuh. Tentu juga akan menebus rasa suntukmu akibat menumpuknya pekerjaan kantor.

Video Pesona Air Terjun Semirang

Semoga kamu bisa menikmati liburan di Air Terjun Semirang, ya. Jangan lupa mengabadikan foto bersama orang terkasih!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan