Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kimbap Segitiga (Samgak Kimbap)

Resep Kimbap Segitiga (Samgak Kimbap)

Samgak Kimbap (1)

Resep Kimbap Segitiga

Kimbap segitiga dikenal sebagai samgak kimbap adalah hidangan Korea yang terdiri dari lembaran tipis rumput laut kering yang diisi dengan daging, sayuran, dan nasi.

Kedengarannya mirip dengan kimbap biasa (gimbap), nasi gulung Korea, namun yang terpenting adalah daging dan sayurannya diisi penuh di dalam bola nasi sebelum dibentuk menjadi segitiga.

Biasanya, kimbap segitiga Korea dikonsumsi sebagai makanan ringan yang dapat dibeli di minimarket. Kamu dapat memakannya langsung dari lemari es atau menghangatkannya dalam microwave jika mau. Untuk menambah volume dan menyajikan sup dengan kimbap, banyak orang menambahkan mi instan.

Kamu dapat menemukan berbagai macam isian di dalam kimbap segitiga ini, mulai dari bulgogi, bibimbap, omurice, dan fish mayo.

Untuk membuat kimbap segitiga, kamu membutuhkan alat-alat ini.

  1. Cetakan kimbap segitiga atau kit kimbap segitiga, yang mencakup bungkus rumput laut dan cetakannya
  2. Spatula stoples yang dibungkus dengan plastik

Kamu dapat membuat kimbap segitiga dalam berbagai ukuran dan ketebalan dengan menggunakan cetakan kimbap yang tersedia dalam berbagai ukuran.

Pastikan rumput laut kering membungkus nasi segitiga dan terlipat dengan benar jika menggunakan rumput laut kering yang sudah dikemas dalam plastik (semua samgak kimbap di minimarket menyediakannya).

Kamu tidak akan bisa membungkusnya dengan baik jika memasukkan terlalu banyak atau terlalu sedikit nasi ke dalam cetakan.

Baca Juga :  Resep Kuwah Pliek U Khas Aceh, Olahan Sayur Santan yang Berbahan Ampas Kelapa dengan Cita Rasa Gurih dan Mantap

Spatula stoples akan digunakan untuk menekan nasi. Saat membuat kimbap, biasanya menekan nasi dengan tutup cetakan. Namun, jika cetakan kimbap cukup besar, isi saja sampai titik tertentu dengan nasi dan tekan dengan spatula stoples. karena nasi tidak akan mencapai tutupnya.

CARA MEMBUAT KIMBAP SEGITIGA TANPA CETAKAN :

Letakkan setengah porsi nasi di telapak tangan untuk satu porsi kimbap samgak. Nasi harus diratakan agar ada ruang untuk isian. Bentuk isian menjadi bola dan tutupi dengan setengah porsi nasi yang tersisa. Bentuk bola nasi menjadi tiga segitiga.

BAHAN-BAHAN UNTUK KIMBAP SEGITIGA VERSI TUNA MAYO (MEMBUAT 10 KIMBAP SEGITIGA)

  1. 6 cangkir (995 g / 35,1 ons) nasi, nasi sushi berbutir pendek atau sedang
  2. 3 sendok makan minyak wijen
  3. 1/2 sdt garam halus
  4. 185 g / 6,5 ons tuna kalengan, tiriskan
  5. 3 sendok makan mayones
  6. 10 lembar rumput laut kering untuk samgak kimbap

OPSIONAL – JIKA TIDAK MENGGUNAKAN BUNGKUS PLASTIK RUMPUT LAUT KERING

  1. Lembaran rumput laut kering dipotong menjadi 3 cm x 9 cm (1,2 inci x 3,6 inci), untuk membungkus bagian bawah bola nasi segitiga untuk disajikan seperti onigiri Jepang
  2. Bumbu nasi Furikake Korea atau Jepang, untuk menghiasi bola nasi dan disajikan seperti onigiri Jepang

* 1 sendok makan = 15 ml, 1 cangkir = 250 ml

Baca Juga :  Resep mudah Membuat Kue Bolu Kojo Palembang

CARA MEMBUAT KIMBAP SEGITIGA DENGAN TUNA MAYO

  1. Campurkan beras, minyak wijen, dan garam dalam mangkuk besar. Diamkan hingga dingin.
  2. Tambahkan tuna yang sudah ditiriskan ke dalam mangkuk berukuran sedang. Tambahkan mayones dan aduk rata. Sisihkan.
  3. Isi sepertiga cetakan samgak kimbap dengan nasi yang sudah dibumbui, seperti yang diinstruksikan pada langkah 1. Dengan menggunakan spatula kecil, tekan nasi ke bawah agar lebih merekat. Dengan mendorong nasi sedikit ke sisi cetakan kimbap, buatlah ruang kecil yang dangkal di tengah untuk isian tuna mayo.
  4. Isi bagian yang dangkal dengan mayo ikan dan isi kembali dengan nasi, sekitar 66% dari cetakan. Dengan spatula, tekan nasi sekali lagi agar saling menempel. Sisihkan nasi di atas piring yang dilapisi cling wrap setelah dikeluarkan dari cetakan.
  5. Ulangi langkah 3 sampai 4 sampai semua bahan habis.
  6. Ikuti petunjuk pada kemasan untuk membungkus nasi segitiga dengan bungkus plastik rumput laut. Sebagai alternatif, kamu dapat mengikuti panduan langkah demi langkah yang saya sebutkan di atas.
  7. Kamu dapat menggunakan bahan opsional yang tercantum di atas (menggunakan lembaran rumput laut kering biasa dan/atau bumbu nasi) untuk meningkatkan rasa dan tekstur kimbap jika memilih untuk tidak membungkusnya dengan bungkus rumput laut karena alasan apa pun. Jika disajikan dengan bumbu nasi, oleskan sedikit bumbu ke dalam mangkuk kecil dan celupkan sisi atau permukaan kimbap segitiga ke dalam bumbu untuk melapisinya.
  8. Setelah selesai semua bisa disajikan.
Baca Juga :  Resep Ayam Panggang Hari Natal

CATATAN :

Untuk membuat kimbap lebih kecil dan lebih mudah dibungkus, bisa diisi 1/3 bagian dari cetakan. Kamu dapat mengisi nasi hingga setengahnya jika cetakan kimbap cukup kecil untuk memuat rumput laut samgak kimbap. Setelah menambahkan isian, isi penuh cetakan nasi hingga ke atas.

Lihat video cara membuat Samgak Kimbap

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan