Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Nasi Manis Khas Korea dengan Buah dan Kacang Kering

Resep Nasi Manis Khas Korea dengan Buah dan Kacang Kering

Yaksik (1)
Lazada

Resep Yaksik

Apa itu yaksik atau yakbab? Resep ini adalah nasi manis Korea dengan produk kering dari tanah. Dalam bahasa Korea disebut Yaksik, Yakshik, atau Yakbap. Ini mengacu pada obat.

Madu adalah salah satu bahan utamanya, dan madu pernah dianggap sebagai obat di Korea.

Secara resmi, Yaksik adalah salah satu makanan yang dimakan pada Jeongwol Daeboreum, yaitu pada saat bulan purnama pertama di tahun baru dalam kalender lunar.

Namun, makanan ini biasanya disajikan pada resepsi pernikahan, pesta ulang tahun ke-60, hari tahun baru Korea (Seollal), dan festival panen Korea (Chuseok).

Terlepas dari itu, Yaksik adalah salah satu makanan penutup Korea dan juga dapat diberikan sebagai hadiah atau digunakan untuk sarapan atau makanan ringan saat bepergian.

Yaksik (Yakbap) terutama terdiri dari beras manis (beras ketan berbiji pendek), buah kering (seperti jujube dan kismis/sultana), dan kacang-kacangan (seperti kastanye dan kacang pinus), seperti yang bisa disimpulkan dari namanya yang deskriptif.

Namun, jenis buah dan kacang kering lainnya, seperti cranberry, kenari, kemiri, biji bunga matahari, dan sebagainya dapat digunakan dengan cara yang berbeda. Bubuk kayu manis, kecap, minyak wijen, dan madu atau gula merah tua digunakan dalam saus.

Bentuknys cukup lentur dan lengket. Rasanya sarat dengan buah kering dan kacang-kacangan yang sehat, sedikit asin, dan manis. Aroma minyak wijen juga menambah sensasi yang luar biasa dan nikmat.

BAHAN-BAHAN UNTUK NASI MANIS KOREA DENGAN BUAH KERING DAN KACANG-KACANGAN (UNTUK 9 BATANG BESAR)

BAHAN UTAMA :

  1. 3 cangkir beras manis (beras ketan berbiji pendek)
  2. 2 cangkir air
  3. 2 sendok makan kacang pinus
  4. 15 buah kastanye (sekitar 120g, 4,2 ons), kupas kulitnya dan potong menjadi 3 atau 4 bagian yang lebih kecil
  5. 1/4 cangkir kismis
  6. 1/4 cangkir cranberry kering
  7. 10 buah jujube (kurma merah) kering yang sudah diadu dan dibilas dan dibelah dua

SAUS BUMBU (CAMPURKAN DALAM MANGKUK)

  1. 1 sendok makan kecap asin
  2. 2 sendok makan madu
  3. 1/3 cangkir gula merah tua
  4. 2 sendok makan minyak wijen
  5. 1/2 sdt bubuk kayu manis
  6. 1/8 sdt garam laut halus

DEKORASI (JUMLAH BAHAN YANG DIBUTUHKAN AKAN BERVARIASI TERGANTUNG PADA UKURAN SETIAP POTONGAN BATANG)

  1. 1 sendok makan kacang pinus
  2. 2 hingga 3 buah jujube kering yang sudah diadu, bilas dan potong vertikal di salah satu sudutnya lalu gulung. iris tipis-tipis

Pengukuran

  1. 1 cangkir = 180 ml (menggunakan gelas takar beras). Ini setara dengan 3/4 gelas ukur standar.
  2. 1 sendok makan = 15 ml, 1/3 cangkir = 80 ml, 1/4 cangkir = 60 ml

CARA MEMBUAT

  1. Bilas beras manis beberapa kali (hingga airnya jernih) di dalam panci penanak nasi dengan air dingin yang mengalir. Buang airnya.
  2. Saus bumbu dan air rebusan harus tercampur rata di dalam panci penanak nasi.
  3. Letakkan buah dan kacang di atasnya. Pastikan ini tersebar merata di dalam panci.
  4. Masak sambil menggunakan fungsi “multi steam” selama 35 menit.
  5. Dengan menggunakan sendok nasi, aduk perlahan bahan yang sudah matang di sekitar nasi, buah kering, dan kacang-kacangan. Taruh di dalam cetakan yang berbentuk persegi atau persegi panjang.
  6. Di dalam cetakan, biarkan dingin selama 20 hingga 30 menit.
  7. Keluarkan Yaksik dengan meletakkan cetakan di atas talenan. Rancang Yaksik dengan kacang pinus dan potong jujube dengan potongan besar di tengah-tengahnya.
  8. Yaksik dapat diiris menjadi bentuk apa pun yang disuka.
  9. Setelah selesai bisa disajikan.

CATATAN :

  1. Resep ini dibuat dengan penanak nasi, yang merupakan cara cepat untuk membuat Yaksik. Persiapan dan memasak bisa memakan waktu tujuh hingga sepuluh jam menggunakan metode kukusan tradisional.
  2. Bentuk yaksik bisa persegi atau bulat. Tidak harus berbentuk persegi panjang. Kamu bahkan bisa membuat bentuk yaksik favorit dengan menggunakan cetakan kue, seperti hati. Dalam hal ini, dekorasi harus diselesaikan setelah pemotongan.
  3. Meskipun Yaksik dapat dimakan langsung dalam keadaan dingin dari lemari es, rasanya akan lebih enak jika dibiarkan dalam suhu ruangan selama 20-30 menit untuk melunak. Keluarkan dari freezer dan biarkan mencair selama tiga hingga empat jam pada suhu kamar jika disimpan di sana. Untuk sarapan keesokan harinya, bisa didiamkan semalaman. Dapat dimasak dengan microwave (sekitar 2 menit jika dibekukan).
  4. Sangat disarankan untuk merendam beras selama satu jam sebelum dimasak (setelah langkah 1) jika menginginkan Yaksik yang lebih lembut dan lengket atau jika berencana untuk menyimpannya lebih dari dua hari.
  5. Bungkus setiap Yaksik satu per satu dengan bungkus makanan dan simpan dalam wadah di lemari es (untuk beberapa hari) atau freezer (hingga beberapa bulan) untuk Yaksik yang tidak dimaksudkan untuk dikonsumsi segera.

Lihat video cara membuat Yaksik

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version