Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Oseng Cumi Mercon Penggugah Selera Banyak Orang yang Kelaparan

Resep Oseng Cumi Mercon Penggugah Selera Banyak Orang yang Kelaparan

Oseng Cumi Mercon
Lazada

Resep oseng cumi mercon

Resep oseng cumi mercon sangat identik dengan masakan yang rasanya pedas menyengat. Meskipun pedas, tetapi bahan utama cumi yang digunakan masih tetap bisa dinikmati.

Tentu saja memasak cuminya tidak perlu terlalu lama agar dagingnya tidak alot atau keras. Sementara untuk bumbu osengnya, cukup sederhana dan tidak membutuhkan  bahan terlalu banyak.

Anda mungkin pernah memasak oseng, tetapi belum pernah yang memakai bahan cumi. Oleh karenanya, tidak ada salahnya mencobanya di rumah.

Tentu saja Anda harus memasaknya terlebih dulu sebelum mencicipi dan menyantapnya bersama keluarga di rumah.

Jangan khawatir untuk rasa pedasnya karena Anda bisa menyesuaikan dengan selera sendiri. Jadi, pemakaian cabai rawit merahnya bisa diatur sendiri.

Lalu, bagaimana resep oseng cumi mercon selengkapnya yang mudah memasaknya? Silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 250 gram cumi segar ukuran sedang
  2. 100 gram udang segar ukuran sedang
  3. 1 buah jeruk nipis
  4. 1 batang serai digeprek dan diambil putihnya saja
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. 1 genggam daun kemangi
  7. 100 ml air
  8. 1 sendok teh garam
  9. Kaldu bubuk secukupnya
  10. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 butir bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 3 buah cabai merah besar

Cara memasak oseng cumi mercon

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep oseng cumi mercon dengan langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua cumi yang sudah disiapkan di bawah air. Potong bagian tengahnya dan keluarkan semua tinta beserta plastik dari tubuhnya. Setelah itu, potong cumi ukuran sedang atau sesuai selera.
  2. Masukkan potongan cumi ke dalam baskom bersih, lalu beri perasan jeruk nipis setengah saja. Aduk sebentar dan diamkan sekitar 15 menit.
  3. Begitu juga untuk bahan udang. Silahkan bersihkan di bawah air mengalir dan buang bagian kepala serta cangkangnya. Masukkan ke dalam wadah lainnya dan jangan dicamprkan dengan cumi. Berikan perasan jerui nipis juga, aduk sebentar, dan diamkan sekitar 15 menit.
  4. Setelah 15 menit, bilas masing-masing cumi dan udang dengan air bersih. Setelah itu, tiriskan dan sisihkan dulu.
  5. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  6. Tambahkan batang serai dan daun jeruk. Tumis lagi hingga layu dan bertambah harum. Setelah itu, masukkan potongan cumi dan udang yang sudah disiapkan sebelumnya. Aduk merata. Tuangkan air dan kecilkan api kompor.
  7. Bumbui dengan garam, kaldu bubuk, dan sedikit perasan jeruk nipis. Aduk merata lagi. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika masih kurang sedap, tambahkan lagi kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk lagi.
  8. Sebelum dimatikan kompornya, tambahkan daun kemangi dan aduk sebentar. Setelah itu, matikan kompor karena masakan sudah matang serta siap disajikan.
  9. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan oseng cumi mercon yang sudah matang diatasnya. Siapkan juga nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk.

Cukup mudah bukan memasak resep oseng cumi mercon? Anda yang penasaran dengan rasanya silahkan segera mempraktikkan resepnya. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Oseng Cumi Mercon

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version