Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Sambal Teri Petai, Menu Lauk Sederhana yang Disukai Banyak Orang

Resep Sambal Teri Petai, Menu Lauk Sederhana yang Disukai Banyak Orang

Sambal Teri Petai

Resep sambal teri petai

Resep sambal teri petai sangat direkomendasikan untuk Anda sekalian buat di rumah. Bukan hanya karena bahan-bahannya saja yang sederhana dan mudah didapatkan, tetapi juga cara membuatnya cukup mudah.

Bahkan setelah jadi, sambal teri tersebut bisa dijadikan lauk untuk beberapa hari. Asalkan cara penyimpanannya benar, sehingga masih bisa dikonsumsi di kemudian hari.

Bahan ikan teri bisa Anda beli di pasar tradisional dengan harga cukup murah. Semetara untuk petai, Anda bisa menggunakannya sesuai selera.

Begitu juga level atau tingkat kepedasan sambalnya dapat disesuaikan dengan selera Anda masing-masing.

Lalu, bagaimana resep sambal teri petai yang benar-benar maknyus? Berikut informasinya yang detail untuk bisa Anda praktikkan.

Bahan-bahan

  1. 150 gram teri kering digoreng sebentar
  2. 3 papan petai atau sesuai selera dikupas lalu masing-masing dibelah dua
  3. 5 butir bawang merah
  4. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  5. 5 buah cabai merah keriting
  6. 3 buah cabai merah besar
  7. 2 lembar daun salam
  8. 1 sendok teh terasi
  9. 2 sendok makan larutan air asam Jawa
  10. 1 sendok teh gula pasir
  11. 1 sendok teh garam
  12. ½ sendok teh kaldu bubuk
  13. 3 sendok minyak goreng untuk menumis
Baca Juga :  Memasak Sambal Goreng Ati Kentang yang Mudah dan Uenak

Cara membuat sambal teri petai

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep sambal teri petai dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Silahkan untuk menghaluskan dulu semua cabai, bawang merah, dan terasi. Anda bisa mengulegnya manual atau menggunakan copper/blender agar lebih cepat.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu yang dihaluskan hingga harum.
  3. Tambahkan gula, garam, kaldu bubuk, daun salam, dan air asam Jawa. Aduk merata lagi hingga bertambah harum. Setelah itu, masukkan ikan teri dan petai ke dalam wajan. Kecilkan api kompor, lalu aduk merata hingga semua bahan dan bumbu tercampur merata.
  4. Anda bisa mencicipi sedikit mencicipi masakannya untuk memastikan rasanya sudah sedap dan sesuai selera atau belum. Jika sudah, matikan kompor karena masakan sudah matang dan siap disajikan.
  5. Siapkan sebuah piring atau mangkuk saji untuk plating, lalu tuangkan masakan sambal teri petai yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya untuk menambah sedap masakan. Jika ingin segera menyantapnya sebagai lauk, jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat.
  6. Anda bisa menyimpan sambal teri petai yang masih tersisa untuk disantap di kemudian hari. Siapkan dulu toples dengan penutup rapat, lalu masukkan sambalnya ke dalam toples. Tutup rapat dan simpan di tempat kering.
Baca Juga :  Resep Gulee Eungkot Paya Khas Aceh yang Gurih dan Sedap, Pas Disantap dengan Nasi Hangat

Setelah membaca resep sambal teri petai diatas, Anda bisa coba mempraktikkannya di rumah sekarang juga. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Sambal Teri Petai

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan