Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kambing Mekuah Bumbu Bali yang Menggugah Selera Setiap Orang

Resep Kambing Mekuah Bumbu Bali yang Menggugah Selera Setiap Orang

Kambing Mekuah (1)
Lazada

Resep kambing mekuah

Nama resep kambing mekuah mungkin Anda yang bukan orang Bali belum pernah mendengar apalagi mencicipinya. Kuliner berbahan daging kambing ini memang berasal dari Bali.

Secara kasat mata, masakannya menyerupai gulai atau tongseng kambing, seperti masakan khas di Jawa.

Menggunakan bumbu beragam rempah khas Nusantara serta memakai santan. Namun demikian, pasti ada yang membedakan terutama dari bumbunya, sehingga rasa kambing mekuah tetap autentik.

Anda sekalian yang panasaran dengan masakannya dan kebetulan menyukai kuliner khas Bali. Silahkan saja memasaknya di rumah dengan bahan dan bumbu yang masih bisa didapatkan terutama di pasar tradisional.

Lalu, bagaimana resep kambing mekuah khas Bali yang direkomendasikan? Silahkan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 400 gram daging kambing segar
  2. 1 batang serai digeprek
  3. 1 lembar daun salam
  4. ½ sendok makan ketumbar bubuk
  5. 6 butir kapulaga
  6. 1½ sendok teh garam
  7. 700 ml air
  8. 150 ml santan kental
  9. 1 sendok teh cuka
  10. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

  • 10 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah besar dibuang bijinya
  • 2 cm lengkuas
  • 3 cm kencur
  • 8 cm kunyit
  • 4 butir kapulaga
  • 1 sendok teh terasi
  • ½ sendok teh ketumbar
  • ½ sendok teh merica hitam
  • ¼ sendok teh pala
  • 1 butir cengkih

Cara memasak kambing mekuah

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep kambing mekuah dengan langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Memasak daging kambing tidak perlu dibersihkan di bawah air mengalir karena dapat menjadikan bau dagingnya prengus atau tidak enak. Oleh karenanya, langsung dipotong saja ukuran dadu atau sesuai selera Anda.
  2. Jika ingin dagingnya lebih empuk, Anda bisa menggunakan cara tradisional, yaitu membungkusnya dengan daun pepaya, lalu diamkan sekitar 1 jam. Namun demikian, cara tersebut membuat daging kambing berasa pahit.
  3. Cara lainnya, yaitu mencampur potongan daging kambing dengan irisan nanas matang, lalu mendiamkannya sekitar 1 jam. Masih ada cara lain yang lebih mudah dan modern, yaitu merebus daging kambing menggunakan panci presto. Silahkan Anda pilih sendiri cara mana yang diinginkan.
  4. Setelah daging kambing matang dan empuk, sisihkan dulu. Langkah berikutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis.
  5. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum diatas api kompor sedang saja. Tambahkan batang serai, daun salam, ketumbar bubuk, dan kapulaga. Tumis lagi hingga semua bahan layu.
  6. Setelah itu, masukkan semua potongan daging kambing ke dalam wajan. Aduk merata dan masak hingga berubah warna.
  7. Lalu, tambahkan air dan garam yang sudah disiapkan. Kecilkan api kompor dan masak hingga daging kambing benar-benar empuk.
  8. Setelah itu, tuangkan santan dan aduk perlahan saja secara terus menerus agar tidak pecah. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah matang, tambahkan air cuka lalu aduk sebentar. Matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  9. Siapkan piring atau mangkuk saji ukuran besar untuk plating. Tuangkan masakan kambing mekuah yang sudah matang. Taburi bawang merah goreng secukupnya agar masakan lebih sedap. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.

Setelah membaca uraian resep kambing mekuah diatas, pengetahuan memasak Anda sekalian semakin bertambah. Jika penasaran dengan rasanya, silahkan mencoba memasaknya di rumah masakan khas Bali tersebut.

Lihat video membuat Kambing Mekuah

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version