Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Soto Tauto Pekalongan, Ciri Khas Bumbu Tauco yang Menggugah Selera

Soto Tauto Pekalongan, Ciri Khas Bumbu Tauco yang Menggugah Selera

Soto Tauto Pekalongan (1)
Lazada

Resep soto tauto Pekalongan

Ada satu lagi menu kuliner yang mungkin masih asing didengar, yaitu soto tauto Pekalongan. Apakah Anda sudah pernah mencicipinya? Jika sudah, mungkin Anda berdomisili di Pekalongan atau pernah berkunjung ke sana. Pasalnya, menu soto yang satu ini memang hanya ada di Pekalongan.

Hampir tiap daerah khususnya di pulau Jawa memiliki kuliner khas soto. Tentu saja soto tiap daerah mempunyai ciri khasnya masing-masing. Begitu juga dengan soto tauto khas Pekalongan ini yang berciri khas menggunakan bumbu tauco.

Tauco merupakan sebuah bumbu yang terbuat dari fermentasi tempe dan dibuat dengan cara khusus. Setelah dicampurkan di bumbu soto, ada rasa asam segar dengan aroma yang khas. Saat pertama kali mencicipi soto tauto mungkin terasa aneh, tetapi rasanya membuat ketagihan.

Anda bisa membuktikan sendiri dengan mencicipi soto tauto Pekalongan. Tak perlu jauh-jauh berkunjung ke Pekalongan karena Anda dapat membuatnya sendiri dengan bahan, bumbu, serta cara memasak seperti yang diinformasikan berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging sapi, bisa dipilih yang berlemak
  2. 2 sendok makan bumbu tauco, dapat dibeli di pasar tradisional atau supermarket
  3. 1 lembar daun salam
  4. 1 lembar daun jeruk
  5. 1 cm jahe digeprek
  6. 2 batang serai digeprek
  7. ½ sendok teh lada bubuk
  8. 2 sendok makan kecap manis
  9. Air matang untuk merebus daging
  10. Garam secukupnya
  11. Gula secukupnya
  12. Minyak goreng secukupnya

Bahan isian soto

  1. Nasi putih atau lontong secukupnya
  2. Soun kering secukupnya diseduh air panas
  3. 2 tangkai daun bawang dipotong kecil
  4. 1 tangkai seledri dipotong kecil
  5. Touge secukupnya
  6. Bawang goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 7 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai merah besar
  4. 2 cm kunyit dibakar dulu

Cara memasak soto tauto

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap, Anda dapat mempraktikkan cara memasak soto tauto Pekalongan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan daging sapi di bawah air mengalir. Lalu, rebus daging hingga matang dan empuk. Setelah itu, angkat dan potong-potong ukuran sedang. Air sisa rebusannya jangan dibuang dan bisa disihkan.
  2. Selanjutnya, haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis.
  3. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan jahe dan batang serai yang sudah digeprek. Tumis terus hingga layu.
  4. Masukkan bumbu tauco ke dalam wajan dan aduk merata hingga matang. Setelah itu, masukkan air sisa rebusan daging dan masak di atas kompor api kecil.
  5. Selanjutnya, masukkan potongan daging sapi. Tambahkan garam, gula, lada bubuk, dan kecap manis ke dalamnya. Aduk terus hingga merata.
  6. Jangan lupa masukkan daun salam dan daun jeruk. Aduk terus hingga soto matang dan tercium aromanya yang khas. Matikan kompor dan soto tauto sudah matang.
  7. Siapkan mangkuk saji untuk plating. Beri nasi atau lontong secukupnya. Lalu, tambahkan soun yang sudah direndam air panas. Tambahkan touge, irisan daun bawang, dan seledri secukupnya.
  8. Setelah itu, siram dengan kuah soto beserta daging sapinya. Jangan lupa taburi bawang goreng secukupnya. Akhirnya, soto tauto khas Pekalongan siap disantap. Anda dapat melengkapinya dengan sambal yang dibuat dari beberapa cabai rawit yang diseduh air panas dan diuleg kasar. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan kecap manis sesuai selera.

Resep soto tauto Pekalongan yang diinformasikan diatas bisa segera Anda masak sekarang juga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version