Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Pepes Ayam Bumbu Kencur, Manu Lauk yang Mantap dan Lezat

Resep Pepes Ayam Bumbu Kencur, Manu Lauk yang Mantap dan Lezat

Pepes Ayam Bumbu Kencur (1)
Lazada

Resep pepes ayam bumbu kencur

Resep pepes ayam bumbu kencur mungkin jarang ada warung atau rumah makan yang menjualnya. Pepes sangat identik dengan masakan khas Sunda, tetapi banyak juga masakan khas Jawa atau Jawa Timuran yang menyajikannya.

Berbagai bahan protein bisa dibuat pepes yang biasanya serba ikan. Namun pepes yang sekarang, memakai bahan daging ayam yang rasanya dijamin mantap.

Pepes yang dimasak dengan cara dikukus selain rasanya lezat juga lebih menyehatkan. Bumbu pepesnya harus meresap ke dalam daging ayamnya agar pepesnya benar-benar lezat.

Jika sudah matang, pepes ayam ini sangat cocok disantap untuk menu makan siang dengan nasi putih hangat. Berikut informasi resep pepes ayam bumbu kencur selengkapnya yang harus Anda baca untuk mempraktikkannya di rumah.

Bahan dan bumbu

  1. 250 gram daging ayam segar tanpa tulang bagian dada atau paha
  2. 25 ml santan kental
  3. 1 sendok teh gula pasir
  4. ½ sendok teh garam
  5. 1 batang serai digeprek diambil bagian putihnya lalu diiris serong
  6. 4 lembar daun salam
  7. 4 buah cabai rawit merah
  8. Daun pisang secukupnya
  9. Tusuk gigi secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 4 siung bawang putih
  2. 3 butir bawang merah
  3. 2 butir kemiri disangrai
  4. 2 cm kencur

Cara membuat pepes ayam bumbu kencur

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep pepes ayam bumbu kencur dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, potong ukuran sedang. Sisihkan dulu.
  2. Siapkan wadah baskom bersih, lalu campurkan semua bumbu halus dengan santan kental. Tambahkan gula pasir dan garam, lalu aduk merata.
  3. Masukkan semua potongan ayam dan irisan serai ke dalam baskom, lalu aduk sebentar. Setelah itu, bagi adonan ayamnya menjadi empat bagian karenan pepesnya akan dijadikan empat juga.
  4. Selanjutnya, ambil selembar daun pisang, lalu beri selembar daun salam dan satu cabai rawit. Tambahkan adonan ayamnya dan bungkus dengan daun pisang hingga rapat. Sematkan satu atau dua tusuk gigi di bagian atas bungkusan agar lebih rapat.
  5. Lakukan langkah tersebut untuk tiga bungkus pepes ayam lagi hingga semua adonannya habis. Setelah itu, siapkan panci kukusan.
  6. Kukus semua bungkusan pepes sekitar 20 menit atau hingga ayamnya matang. Pastikan ayamnya sudah matang. Jika masih belum, kukus lagi beberapa menit hingga benar-benar matang.
  7. Setelah matang, matikan kompor dan buka tutup pancinya agar uap airnya menghilang. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu buka satu bungkus pepes ayam yang sudah matang. Sajikan dengan nasi putih hangat untuk dijadikan lauk menu makan siang.

Sekarang, Anda sekalian sudah mengetahui resep pepes ayam bumbu kencur selengkapnya. Jangan menunggu waktu lebih lama lagi untuk segera mempraktikkannya di rumah. Selamat mencobanya dan semoga rasanya cocok dengan selera Anda.

Lihat video membuat Pepes Ayam Bumbu Kencur

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version