Lompat ke konten
Home » Wisata » Mau Berlibur ke Air Terjun Temburun, Yuk Lihat Harga Tiket sampai Berbagai Spot Tersedia

Mau Berlibur ke Air Terjun Temburun, Yuk Lihat Harga Tiket sampai Berbagai Spot Tersedia

Air Terjun Temburun3 (1)

Air Terjun Temburun

Air Terjun Temburun adalah destinasi wisata yang berupa air terjun yang bisa Anda jumpai di Pulau Siantan, lebih tepatnya di Desa Batu Belah, ke arah Timur kota Tarempa, Kec. Siantan, Kab. Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau. Air terjun ini punya keunikan tersendiri, yakni ada tujuh tingkatan yang dengan debit air selalu deras walaupun bukan musim hujan.

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 250 meter dengan debit air sangat deras. Saat Anda sampai di tingkatan paling atas atau tingkat ketujuh, Anda harus siap-siap takjub dengan pemandangan alam indah dan sangat megah.

Bukit-bukit dialiri air terjun sangat hijau, ditambah dengan adanya hamparan laut biru luas dan barisan pulau yang melengkapi bisa menyihir siapapun yang melihatnya.

Nah, untuk bisa menikmati pemandangan dari atas puncak, Anda perlu menyiapkan stamina cukup, sehingga Anda kuat untuk bisa sampai ke tahap ini.

Fasilitas-Fasilitas di Air Terjun Temburun

Air Terjun Temburun
Air Terjun Temburun

Selama Anda berlibur dan bermain di air terjun ini, tentunya Anda pun membutuhkan istirahat dan rehat sejenak, menyisakan tenaga untuk dapat berkunjung ke tempat yang lainnya atau untuk pulang. Ketika istirahat itu, Anda memerlukan asupan untuk mengisi perut kosong.

Jangan khawatir, pada sekitaran air terjun terdapat pondok-pondok kecil yang dapat membantu mengusir rasa lapar Anda. Jika Anda perlu buang air kecil atau besar pun mudah sekali menemukan toilet yang kebersihannya terjaga sehingga tak perlu risau.

Baca Juga :  Ke Sumedang, Mampir ke Situ Cilembang yang Pesonanya Menghipnotis

Akses ke Air Terjun Temburun

Air Terjun Temburun2
Air Terjun Temburun2

Jarak Air Terjun Temburun dari ibukota Siantan ditempuh dengan kapal pompong adalah sekitar 4 km dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Anda membutuhkan perjuangan cukup besar untuk bisa nikmati destinasi wisata ini.

Setelah turun kapal, Anda harus jalan kaki sekitar 200 meter. Belum lagi untuk mencapai pada ketinggian ketiga air terjun, Anda pun harus berjalan kurang lebih 200 meter. Namun, itu semua akan terbayarkan dengan pemandangan air terjun dan sekitarnya yang indah.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Air Terjun Temburun

Untuk dapat menikmati objek wisata alam ini tak perlu merogoh kantong yang dalam. Anda diizinkan masuk ke air terjun ini dengan membayar HTM Rp. 10.000 / orang (harga dapat berubah sewaktu-waktu). Sementara, jam buka objek wisata ini adalah dari pukul 10.00 – 17.00 WIB.

Tips Liburan ke Objek Wisata Air Terjun Temburun

Air Terjun Temburun1
Air Terjun Temburun1

Jadi, sudah mantap kah Anda untuk liburan ke Air Terjun Temburun? Tunggu-tunggu, jangan terlalu buru-buru sehingga tanpa persiapan matang.

Nah, kalau Anda ingin berlibur dalam waktu dekat, Anda bisa ikuti beberapa tips berikut agar liburan lebih menyenangkan dan pastinya aman.

  • Menyiapkan baju ganti. Jika Anda ingin menginap, pastinya harus bawa beberapa pakaian ganti selama liburan. Akan tetapi, jika tidak menginap juga Anda perlu membawa pakaian ganti. Sebab, objek wisata alam yang Anda kunjungi, yakni air terjun. Di mana ada kemungkinan sangat besar Anda akan terkena air dan tentu menyebabkan baju menjadi basah serta kotor.
  • Mintalah bantuan dari seseorang atau membawa teman selama di air terjun. Seperti yang sebelumnya sudah dibahas, bahwa debit air di sini selalu deras dan bahkan saat di musim kemarau. Lumut tumbuh pada sekitar bebatuan air terjun pun menimbulkan kemungkinan Anda untuk dapat terpeleset ataupun terjatuh dikarenakan licin.
  • Menyiapkan baterai ponsel atau kamera dalam keadaan yang penuh. Tentunya, Anda tak mau moment ketika berada di objek wisata imi tak diabadikan atau sekedar lewat saja. Sangat banyak spot foto yang menarik dan bagus. Pastinya, pemandangan yang keren seperti itu akan membuat para teman dan orang terdekat Anda, terlebih di media sosial menjadi iri.
  • Jagalah kebersihan sekitar dan jangan merusak fasilitas umum tersedia. Jangan sampai Anda saja yang bisa menikmati keindahan dari air terjun ini. Biarkan juga orang lain merasakan keindahannya tanpa merasa risih karena keadaan sekitar yang kotor atau tumbuhan-tumbuhan cantik jadi rusak karena ulah Anda dan pengunjung lainnya. Oleh karena itu, hati-hatilah selama berada di air terjun dan juga jangan sungkan meminta bantuan teman atau pemandu saat Anda berusaha untuk mendaki air terjun.  
  • Bawa kamera SLR. Jangan lupa untuk mengabadikan momen saat di air terjun. Pastikan kamera SLR yang dibawa cukup memori sehingga dapat menyimpan banyak foto. Untuk cadangan, Anda bisa siapkan pula memori eksternal pada ponsel Anda.
Baca Juga :  Wisata Pari Bendo Lawang, Sajian Alam Penuh Keceriaan

Demikianlah artikel tentang Air Terjun Temburun. Jadi, sudah sejauh mana persiapan Anda untuk liburan? Namun ingat, hal paling penting adalah Anda harus tetap menjaga kesehatan supaya tak merusak agenda liburan Anda. Selamat bersenang-senang!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan