Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Keripik Singkong Pedas Manis ala Rumahan yang Rasanya Dijamin Mantap

Resep Keripik Singkong Pedas Manis ala Rumahan yang Rasanya Dijamin Mantap

Keripik Singkong Pedas
Lazada

Resep keripik singkong pedas manis

Resep keripik singkong pedas manis pasti sangat menarik untuk mempraktikkannya di rumah. Sepertinya sudah banyak penjual keripik singkong di luar sana.

Mulai dari rasa original hingga beragam rasa yang tentu saja menggugah selera. Harganya pun cukup terjangkau dan pastinya bisa dijadikan cemilan yang lezat sekaligus mengenyangkan. Dikarenakan terbuat dari bahan singkong yang mengandung karbohidrat.

Anda tentu mudah membeli keripik singkong di luar. Namun bagaimana jika membuatnya sendiri? Pasti merasa tertantang dan penasaran dengan rasa keripik singkongnya.

Oleh karenanya, silahkan saja coba membuat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Namun sebelum mempraktikkannya, lebih baik Anda membaca dulu uraian resep keripik singkong pedas manis selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  • 2 buah singkong kuning dikupas lalu diiris melintang tipis
  • 1 liter air dicampur
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh baking powder
  • 10 lembar daun jeruk diiris halus
  • 2 batang serai diambil bagian dalamnya diiris tipis
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng keripik

Bumbu yang dihaluskan

  • 20 buah cabai rawit merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula pasir

Cara membuat keripik singkong pedas manis

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep keripik singkong pedas manis dengan langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan sebuah wadah baskom bersih yang berisi air garam yang sudah disiapkan. Masukkan semua irisan singkong ke dalam air dan rendam sekitar 5 menit. Setelah 5 menit, angkat dan tiriskan, lalu bilas dengan air bersih. Tiriskan lagi.
  2. Masukkan semua irisan singkong ke dalam baskom bersih lagi, lalu taburi dengan baking powder. Aduk merata dan diamkan sekitar 15 menit.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan ukuran sedang atau besar, lalu beri minyak goreng akan banyak untuk menggoreng keripik singkong. Setelah minyak panas, masukkan irisan singkong sedikit demi sedikit ke dalam minyak.
  4. Goreng diatas api sedang saja dan jangan sampai ada irisan singkong yang lengket. Goreng hingga matang dan renyah, tetapi jangan sampai terlalu garing karena rasanya tidak enak.
  5. Jangan lupa membolak-balikkan singkongnya agar kematangannya merata. Setelah benar-benar matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  6. Langkah berikutnya silahkan Anda mengurangi minyak goreng bekas menggoreng keripik singkong hingga tersisa sekitar 3 sendok makan saja karena hanya untuk menumis. Panaskan lagi minyaknya, lalu tumis semua bumbu halus hingga harum.
  7. Tambahkan irisan daun jeruk dan serai. Tumis lagi hingga layu. Kecilkan api kompor dan masak hingga bumbunya benar-benar kering. Matikan kompor.
  8. Selanjutnya, masukkan keripik singkong yang sudah matang ke dalam wajan. Lalu, aduk merata hingga tercampur dengan bumbunya. Anda bisa mencicipi sedikit keripiknya untuk merasakan kelezatannya.
  9. Siapkan sebuah toples besar dalam kondisi kering dan ada tutupnya. Pastikan keripk singkong sudah mendingin, lalu masukkan ke dalam toples. Jangan lupa menutup toplesnya rapat agar keripiknya lebih tahan lama dan selalu renyah.

Sekarang, Anda sudah mengenal cara membuat keripik singkong yang direkomendasikan. Jangan ragu atau malu mencoba resep keripik singkong pedas manis diatas yang semoga rasanya enak.

Lihat video membuat Keripik Singkong Pedas

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version