Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak dan Menyajikan Resep Ikan Bandeng Bumbu Bali yang Menggugah Selera

Memasak dan Menyajikan Resep Ikan Bandeng Bumbu Bali yang Menggugah Selera

Ikan Bandeng Bumbu Bali (1)
Lazada

Resep ikan bandeng bumbu Bali

Ada resep ikan bandeng bumbu Bali yang dijamin spesial, istimewa, rasanya mantul, dan tidak sulit memasaknya. Oleh karenanya, Anda harus coba memasak kuliner itu di rumah sebagai lauk makan siang atau malam. Tentu saja menyantapnya dengan nasi putih hangat agar lebih mantap dan mengenyangkan.

Keistimewaan masakan ini bukan hanya dari bahan utamanya saja, yaitu ikan kakap yang mungkin di pasaran dibandrol dengan cukup terjangkau. Namun, ada bumbu Bali yang tidak kalah spesialnya. Bumbu Bali yang identik dengan rempah khas Nusantara jika diracik dan dimasak dengan sebaik-baiknya pasti menghasilkan masakan luar biasa.

Lalu, bagaimana resep ikan bandeng bumbu Bali yang rasanya benar-benar lezat? Berikut informasi selengkapnya yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  • 2 – 3 ekor ikan bandeng segar ukuran sedang
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 100 ml air
  • 3 sendok kecap manis
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 2 lembar daun jeruk
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan bandeng dan menumis

Bumbu yang dihaluskan

  • 10 buah cabai merah keriting
  • 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 cm jahe
  • 1 sendok teh garam

Cara memasak ikan bandeng bumbu Bali

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep ikan bandeng bumbu Bali dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ikan bandeng yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua sisik di tubuhnya serta kotoran di dalam ingsang dan perutnya.
  2. Setelah itu, potong tiap ikan bandeng menjadi 2 – 3 bagian atau sesuai selera Anda. Masukkan potongannya ke dalam wadah baskom bersih, lalu beri garam dan perasan jeruk nipis. Aduk merata dengan agak diremas-remas, lalu diamkan sekitar 30 menit.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ikan bandeng. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan satu per satu potongan bandeng ke dalamnya.
  4. Goreng hingga berwarna kuning keemasan di semua sisinya. Jangan lupa membolak-balik ikannya. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  5. Kurangi minyak goreng di wajan sisa menggoreng ikan bandeng hingga tersisa sekitar 2 sendok makan saja untuk menumis. Panaskan lagi minyak dan tumis semua bumbu halus hingga harum.
  6. Tambahkan daun jeruk dan tumis lagi hingga layu. Bumbui dengan kecap manis, gula pasir, dan kaldu bubuk. Tuangkan air, lalu kecilkan api kompor. Masak hingga mendidih dan kuahnya sedikit mengental.
  7. Setelah itu, masukkan semua ikan bandeng goreng ke dalam wajan. Aduk merata hingga tercampur dengan semua bumbunya.
  8. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah sesuai selera dan matang, segera matikan kompor. Tunggu beberapa saat agar tidak terlalu panas untuk menyajikannya.
  9. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu pindahkan masakan ikan bandeng bumbu Bali yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya untuk menambah sedap masakan. Siapkan juga nasi putih hangat saat ingin menyantap masakan tersebut sebagai lauk makan.

Silahkan coba memasak di rumah resep ikan bandeng bumbu Bali diatas. Selain sebagai variasi menu lauk makan, Anda juga bisa menyajikannya di warung atau rumah makan. Siapa tahu ada diantara Anda sekalian yang berbisnis kuliner. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Ikan Bandeng Bumbu Bali

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version