Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Terik Ayam Khas Masakan Jawa dengan Rasa Gurih Manis Menggugah Selera

Resep Terik Ayam Khas Masakan Jawa dengan Rasa Gurih Manis Menggugah Selera

Terik Ayam (1)
Lazada

Resep terik ayam

Resep terik ayam bisa menjadi menu lauk makan siang Anda sekeluarga yang dijamin rasanya mantul. Perpaduan manis gurih yang pastinya menggugah selera setiap orang yang mencium aroma masakannya. Bumbu terik bisa menggunakan berbagai protein, seperti tahu, tempe, daging sapi, dan ayam. Untuk kali ini, dipilih daging ayam yang sudah familiar bagi banyak orang serta rasanya mengenyangkan.

Perlu Anda ketahui bahwa bumbu terik menyerupai opor tanpa warna kuning dan pastinya bersantan. Ada tambahan gula Jawa yang menjadikan bumbunya menjadi manis legit khas Jawa. Memang benar, terik merupakan masakan khas Jawa yang biasanya ada di beberapa menu lain. Misalnya, gudeg, sayur gudangan, nasi campur, dan yang lainnya.

Anda yang penasaran dengan rasa masakannya, silahkan coba memasaknya di rumah. Namun sebelumnya, baca dulu resep terik ayam selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  • 500 gram ayam potong segar terserah di bagian mana saja
  • 2 cm lengkuas digeprek
  • 5 lembar daun jeruk dibuang tulang daunnya
  • 500 ml santan sedang dari ½ butir kelapa
  • Kaldu bubuk ayam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

  • 7 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah besar
  • 5 butir kemiri disangrai dulu
  • ½ sendok teh terasi dibakar
  • 2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 3 sendok makan gula Jawa disisir
  • 1 sendok teh garam

Cara memasak terik ayam

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep terik ayam dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua kotoran serta bulu-bulu halus di permukaan kulitnya.
  2. Potong menjadi beberapa bagian, jika ukurannya cukup besar. Setelah itu, rebus ayam hingga mendidih dan mengeluarkan kaldu. Angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  4. Tambahkan lengkuas dan daun jeruk, lalu tumis lagi hingga harum. Setelah itu, masukkan semua ayam dan aduk merata hingga tercampur dengan bumbunya.
  5. Tuangkan semua santan yang sudah disiapkan, lalu kecilkan api kompor. Aduk perlahan terus menerus agar santan tidak pecah.
  6. Masak hingga mendidih dan mengental. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika ternyata masih kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu adu perlahan lagi.
  7. Pastikan bumbu sudah meresap ke dalam ayam, lalu matikan kompor. Biarka beberapa saat agar masakannya tidak terlalu panas.
  8. Waktunya plating. Siapkan sebuah mangkuk saji ukuran besar, lalu pindahkan masakan terik ayam yang sudah matang ke dalam mangkuk. Taburi bawang merah goreng secukupnya untuk menambah sedap masakan. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat secukupnya saat ingin menyantap masakannya sebagai lauk makan.

Semua bahan dan bumbu resep terik ayam diatas masih mudah mendapatkannya. Begitu juga cara memasaknya tidak terlalu sulit. Jadi, jangan menunggu waktu lebih lama lagi untuk segera coba memasaknya.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version