Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Spageti Bolognese simpel dan enak

Resep Spageti Bolognese simpel dan enak

Resep Spageti Bolognese

Resep Spageti Bolognese

Spaghetti bolognese merupakan hidangan klasik Italia yang mudah dibuat dan enak disantap. 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat masakan ini antara lain 

  1. 250 gram spageti kering, 
  2. 2,5 liter air, 
  3. dan saus bolognese. 

Saus bolognese dibuat dengan cara 

  1. melelehkan 3 sendok makan mentega dalam wajan 
  2. menambahkan 50 gram bawang bombay cincang halus
  3. dan 3 siung bawang putih cincang kasar[1]. 

Bahan lain untuk saus bolognese mungkin termasuk 

  1. daging giling, 
  2. pasta tomat, 
  3. dan jamur[2].

Untuk memasak spageti bolognese, 

  1. spageti harus direbus hingga teksturnya al dente. 
  2. Saus bolognese harus dimasak terpisah dengan cara melelehkan mentega, menambahkan bawang bombay dan bawang putih, lalu menambahkan daging giling dan pasta tomat. 
  3. Saus harus direbus selama sekitar 30 menit hingga mengental[3]. 
  4. Setelah spageti dan saus bolognese matang, keduanya bisa dipadukan dan disajikan. Disarankan untuk menyisihkan sedikit air rebusan pasta untuk menyesuaikan konsistensi saus[1].

Spaghetti bolognese dapat disajikan dengan keju parmesan parut, peterseli cincang, dan salad pendamping. 

Saran lainnya, tata spageti di piring saji, taburi keju cheddar parut, tuang saus bolognese di atasnya, lalu taburi keju parmesan dan peterseli cincang[4]. 

Hidangan ini dapat dimodifikasi sesuai preferensi individu dengan menambahkan atau menghilangkan bahan, seperti mengganti daging giling dengan ayam atau kornet[5]. 

Secara keseluruhan, spaghetti bolognese merupakan hidangan sederhana dan memuaskan yang dapat dinikmati oleh segala usia.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Bahan Berkualitas** – Mulailah dengan daging giling berkualitas tinggi, sebaiknya 80% tanpa lemak dan 20% lemak, karena akan menambah rasa dan kekayaan pada saus. Selain itu, pilihlah tomat San Marzano sebagai bahan dasar saus, karena tomat ini terkenal dengan rasanya yang manis dan tingkat keasaman yang rendah, sehingga melengkapi hidangan ini dengan sempurna.

Baca Juga :  Kimchi Jeon Enak, Sederhana Resep Membuatnya

**Mencoklatkan Daging dengan Benar** – Saat mencokelatkan daging giling, pastikan warnanya sudah kecoklatan untuk mengembangkan rasa yang mendalam. Langkah ini menambahkan rasa karamel yang kaya pada saus. Hindari mengisi wajan terlalu penuh, karena hal ini dapat menyebabkan uapnya mengepul, bukannya menjadi kecoklatan.

**Rebus Saus untuk Kedalaman Rasa** – Setelah bahan saus tercampur, biarkan mendidih dengan api kecil setidaknya selama satu jam. Proses memasak yang lambat ini memungkinkan rasa menyatu, menghasilkan saus yang lebih kompleks dan lezat.

**Masak Pasta Al Dente** – Masak spageti hingga mencapai tahap al dente, yaitu matang namun masih keras saat digigit. Hal ini memastikan pasta tetap mempertahankan teksturnya dan tidak menjadi lembek saat dipadukan dengan saus.

**Akhiri dengan Parmesan Parut Segar dan Rempah** – Sebelum disajikan, taburi spageti bolognese dengan taburan keju Parmesan parut segar dan hiasan daun kemangi atau peterseli segar. Parmesan menambahkan rasa asin dan pedas, sedangkan herba memberikan sedikit kesegaran yang menambah cita rasa hidangan. Kiat-kiat ini didasarkan pada teknik memasak tradisional Italia dan standar industri untuk menyiapkan hidangan spageti bolognese yang autentik dan beraroma.

Baca Juga :  Memasak Resep Ceker Kecap Pedas yang Mudah dan Sederhana ala Rumahan

FAQ

Q: Apa saja bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat spageti bolognese? A: Bahan utama pembuatan spaghetti bolognese antara lain daging giling, bawang bombay, bawang putih, tomat kalengan, pasta tomat, kaldu sapi, minyak zaitun, bumbu Italia, garam, merica, dan tentunya mie spageti.

Q: Bisakah saya menggunakan jenis daging lain selain daging giling dalam resepnya? A: Ya, Anda bisa mengganti daging giling dengan kalkun giling, ayam, atau bahkan alternatif nabati seperti lentil atau jamur untuk membuat spageti bolognese versi vegetarian.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak spageti bolognese? A: Total waktu memasak spaghetti bolognese kurang lebih 1 jam 30 menit, termasuk waktu persiapan dan pemasakan.

Q: Apa saja saran untuk menyajikan spageti bolognese? A: Spaghetti bolognese secara tradisional disajikan dengan taburan keju Parmesan parut di atasnya. Anda juga bisa memadukannya dengan roti bawang putih dan salad hijau segar untuk hidangan lengkap.

Q: Bisakah saya membuat spageti bolognese dalam jumlah besar dan membekukannya untuk digunakan nanti? A: Ya, spageti bolognese membeku dengan baik. Setelah dingin hingga mencapai suhu ruangan, Anda dapat membaginya ke dalam wadah kedap udara atau kantong freezer dan menyimpannya di dalam freezer hingga 3 bulan. Pastikan untuk mencairkannya di lemari es sebelum dipanaskan kembali.

Referensi : 

1.   Resep Spaghetti Bolognese yang Gurihnya Jadi Favorit ….  (n.d.)   Diperoleh January 24, 2024, dari food.detik.com 

Baca Juga :  Resep Ceker Ayam Mercon Yang Nikmat Sesuai Selera

2.   Resep Spaghetti bolognese 25 menit oleh ekitchen.  (n.d.)   Diperoleh January 24, 2024, dari cookpad.com/id/resep/208712-spaghetti-bolognese-25-menit 

3.   Cara Memasak Spaghetti Bolognese yang Benar Dijamin ….  (n.d.)   Diperoleh January 24, 2024, dari lottemart.co.id 

4.   Resep Spaghetti Bolognese, Bikin Saus dari Awal.  (n.d.)   Diperoleh January 24, 2024, dari www.kompas.com 

5.   Resep Spaghetti Bolognese Saus Instan oleh Dde Winda.  (n.d.)   Diperoleh January 24, 2024, dari cookpad.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan