Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Edamame Panggang untuk Camilan Diet Sehat

Membuat Edamame Panggang untuk Camilan Diet Sehat

Edamame Panggang (2)

Membuat Edamame Panggang

Bahan-bahan

  1. 1/2 kg Kacang kedelai edamame
  2. 3 sdm minyak wijen
  3. 1 kaldu bubuk
  4. 1 sdm kecap asin
  5. Garam

Langkah-langkah membuat edamame panggang

  1. Untuk membuat edamame panggang, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan edamame. Cuci edamame dengan air mengalir dan tiriskan[1]. Pastikan edamame sudah bersih dari debu dan kotoran sebelum dibumbui dan dipanggang. Setelah itu masukkan edamame ke dalam mangkuk besar dan tambahkan minyak wijen, bubuk kaldu, dan garam secukupnya[2]. Aduk rata menggunakan spatula hingga bumbu meresap sempurna ke dalam edamame.
  2. Setelah edamame dibumbui, langkah selanjutnya adalah memanggangnya. Siapkan oven dan panaskan pada suhu 200 derajat Celsius. letakkan edamame yang sudah dibumbui di atas loyang dan panggang selama 10-15 menit[2]. Pastikan edamame tidak terlalu kering atau gosong, karena hal ini dapat mengurangi rasa enak dari edamame panggang. Setelah matang, keluarkan edamame dari oven dan taburi dengan sedikit garam[2]. Edamame panggang siap disajikan sebagai camilan sehat.
  3. Untuk variasi rasa, edamame panggang dapat dibumbui dengan bahan-bahan lain seperti bawang putih atau cabai[3]. Selain itu, edamame panggang juga dapat dijadikan topping untuk salad atau nasi[4]. Edamame panggang dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan dimakan sebagai camilan sehat kapan saja[3]. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat edamame panggang yang lezat dan sehat sebagai alternatif camilan yang lebih baik dibandingkan camilan yang tidak sehat.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Edamame Berkualitas Tinggi** – Pilih edamame segar atau beku yang berwarna hijau cerah dan bebas dari tanda-tanda perubahan warna atau pembusukan. Carilah edamame yang keras saat disentuh dan memiliki aroma sedikit manis yang menandakan kesegaran.

Baca Juga :  Yuk, Coba Memasak Resep Ayam Bumbu Rujak yang Menggugah Selara di Rumah

**Mencairkan Edamame Beku** – Jika menggunakan edamame beku, cairkan sebelum dipanggang dengan memasukkannya ke dalam mangkuk berisi air dingin selama beberapa menit atau mencairkannya di lemari es semalaman. Tepuk-tepuk edamame hingga kering dengan tisu untuk menghilangkan kelembapan berlebih sebelum dipanggang.

**Bumbu Kreatif** – Bereksperimenlah dengan berbagai bumbu untuk menambah rasa pada edamame panggang Anda. Pertimbangkan untuk menggunakan kombinasi rempah-rempah seperti bubuk bawang putih, bubuk bawang merah, cabai rawit, paprika asap, atau bahkan taburan ragi nutrisi untuk mendapatkan rasa keju. Masukkan edamame ke dalam campuran bumbu sebelum dipanggang untuk memastikan pemerataan.

**Memantau Waktu dan Suhu Pemanggangan** – Panggang edamame dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan suhu sekitar 400°F (200°C) selama 15-20 menit, atau sampai warnanya menjadi agak keemasan dan renyah. Awasi mereka saat dipanggang agar tidak gosong, dan aduk di tengah waktu memasak agar warnanya menjadi kecoklatan.

**Menyimpan dan Menikmati** – Setelah dipanggang, biarkan edamame hingga benar-benar dingin sebelum dipindahkan ke wadah kedap udara. Disimpan di tempat sejuk dan kering, edamame panggang bisa bertahan hingga seminggu. Nikmati sebagai camilan renyah, taburkan di atas salad untuk menambah tekstur, atau gunakan sebagai topping untuk sup dan tumis.

Baca Juga :  Resep Pepes Oncom, Kuliner Sederhana yang Sedap dan Mudah Membuatnya

FAQ

Q: Apa itu edamame dan bagaimana cara mempersiapkannya untuk dipanggang? A: Edamame adalah kacang kedelai muda yang masih dalam polongnya. Untuk menyiapkan edamame untuk dipanggang, pertama-tama cuci edamame dalam air dingin dan tiriskan. Kemudian biarkan edamame mengering atau keringkan dengan tisu dapur.

Q: Bagaimana cara membumbui edamame sebelum dipanggang? A: Setelah edamame dikeringkan, masukkan edamame ke dalam mangkuk dan tambahkan sedikit minyak sayur. Anda juga dapat menambahkan bumbu sesuai selera, seperti garam, merica, atau rempah lainnya. Pastikan edamame terbalut rata oleh minyak dan bumbu.

Q: Berapa lama waktu dan suhu yang tepat untuk memanggang edamame? A: Untuk memanggang edamame, panaskan oven hingga suhu 200 derajat Celcius. Lalu letakkan edamame yang sudah dibumbui di atas loyang panggangan. Panggang selama sekitar 15-20 menit atau hingga edamame menjadi kecokelatan dan renyah.

Q: Bisakah saya menggunakan edamame beku untuk membuat edamame panggang? A: Ya, Anda bisa menggunakan edamame beku untuk membuat edamame panggang. Pastikan untuk mencairkannya terlebih dahulu dan mengeringkannya sebelum membumbuinya dan memanggangnya.

Q: Apakah edamame panggang bisa disimpan untuk masa depan? A: Ya, edamame panggang bisa disimpan untuk masa depan. Setelah dipanggang dan dingin, letakkan edamame dalam wadah kedap udara dan simpan di lemari es. Edamame panggang dapat dinikmati dalam beberapa hari setelah disimpan.

Baca Juga :  Resep Es Kopyor Sarang Burung, Minuman Segar Dingin Cocok untuk Berbuka Puasa

Referensi : 

1.   Edamame Panggang Minyak Wijen.  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari www.tupperware.co.id 

2.   Edamame panggang minyak wijen – Widya Mustika Sari.  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari cookpad.com/id/resep/3745068-edamame-panggang-minyak-wijen 

3.   Bikin Sendiri Camilan Sehat, Edamame Panggang Bumbu ….  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari food.detik.com 

4.   Resep Edamame panggang minyak wijen (28).  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari cookpad.com/id/cari/edamame%20panggang%20minyak%20wijen 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan