Langganan Berita Terbaru Topwisata.info

Istana Sultan Siak bukti nyata sejarah masa lampau

Istana Siak, Wisata Sejarah di Riau yang Bikin Tersihir Masa Lampau

Dilaporkan oleh Mustofa Cahya Romadhon

Riau punya wisata edukasi yang begitu indah, salah satunya adalah wisata Istana Siak Sri Indrapura.

wisata ini sendiri terletak di kabupaten Siak dan sampai saat ini masih menjadi wisata unggulan untuk mengenal sejarah di Riau. Istana tersebut adalah kediaman Sultan Siak tempo dulu.

Bagi wisatawan yang belum pernah berkunjung ke wisata ini , Mari simak ulasan dari top wisata berikut.

Istana Siak Sri Indrapura adalah kediaman resmi dari Sultan Siak yang berjumlah 12 sultan , yaitu Sultan mulai tahun 1723 hingga 1945.

Istana Siak Ini pertama kali diresmikan oleh Sultan Syarif Kasim dan terakhir dihuni oleh Sultan Syarif Kasim 2, beliaulah yang menyerahkan Istana Kesultanan ini kepada Republik Indonesia ketika kalah itu Indonesia sudah merdeka di tahun 1945.

di dalam ruangan istana Sultan ini banyak dipenuhi oleh barang-barang antik dan arsitektur yang menawan, terutama di lantai bagian bawah di situ terdapat ruangan yang dibagi menjadi 6.

6 ruangan tersebut dibagi menjadi ruang tamu kehormatan ruang tamu laki-laki ruang tamu perempuan dan ruangan sidang kerajaan.

Setiap masing-masing ruangan sudah terpasang patung-patung pahlawan yang waktu itu mendiami istana Sultan Siak.

Arsitektur Istana Siak ini bercorak Arab dan Eropa, jadi wisatawan jangan kaget saat berada di kawasan istana Sultan Siak ini, karena banyak barang mewah yang diimpor dari Eropa maupun Arab.

wisatawan yang mengunjungi istana Sultan Siak ini hanya dibatasi untuk melihat-lihat saja, karena  apabila menyentuh Barang ini bisa merusak barang peninggalan ratusan tahun lalu. disamping barang-barang antik Juga terpampang foto-foto Kesultanan yang masih terawat Merapi di dalam istana ini.

Wisata ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang masih terawat Rapi , itu terbukti dari mulai kita masuk area wisata sejarah ini , bangunan dari luar pun masih  kokoh dan megah begitu juga taman yang mengelilinginya.

setiap akhir pekan selalu padat dikunjungi wisatawan yang ingin mengetahui lebih dalam tentang Istana Kesultanan Siak atau sekedar berwisata.

TOPWISATA.INFO
INFO TOP UNTUK ANDA

Related Posts

Istana Sultan Siak bukti nyata sejarah masa lampau
5/ 5
Oleh