Selasa, 25 Februari 2020

Mau Wisata ke Pantai ? Simak Dulu Tipsnya

Tips Wisata Ke Pantai yang Aman dan Alasan Berwisata ke Pantai






Berencana pergi ke pantai, simak dulu tips wisata ke pantai yang mudah dilakukan. Indonesia adalah Negara kepulauan. Sudah tentu banyak sekali pantai eksotis yang menjadi potensi wisata. Keindahan pantai Indonesia bahkan menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung. Sebut saja pantai selatan pulau Jawa dan Bali. Hampir setiap akhir pekan dipadati pelancong.

Masyarakat yang tinggal di daerah pesisir bahkan tidak bosan menikmati keindahan pantai. Beberapa orang memanfaatkan potensi wisata pantai sebagai peluang bisnis. Mulai dari bisnis kecil souvenir, makanan minuman ringan sampai bisnis kelas kakap seperti hotel dan resort. Infrastruktur wisata pantai kian hari kian lengkap dan memadai. Semakin memanjakan para wisatawan.

Mengapa pantai jadi tempat wisata favorit?

Pantai adalah obyek wisata yang murah. Tiket masuknya sangat terjangkau bahkan ada yang gratis. Pantai di sepanjang pesisir selatan pulau Jawa seperti Jogja dan Gunung Kidul hanya menawarkan harga tiket tidak lebih dari 10.000 rupiah per orang. Dengan durasi kunjungan tak terbatas. Pengunjung bisa menikmati keindahan pantai mulai pagi hari sampai malam.

Keindahan alami yang memanjakan mata. Jika berkunjung ke wisata pantai akan ditemukan perpaduan yang harmoni antara pasir, air laut, ombak, karang, tebing dan masih banyak lagi. Setiap pantai menyajikan keindahan yang berbeda satu sama lain. Bagi pecinta wisata pantai pastinya akan mengekspor semua pantai yang ada di seluruh penjuru Indonesia. 

Udara segar. Pantai sebagai wisata alam menyuguhkan udara yang bersih dan segar. Bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan tempat wisata semacam ini memberikan efek relaksasi. Melepas kepenatan bekerja serta hiruk-pikuk jalanan kota setiap hari. Bahkan udara pantai di pagi hari sering dijadikan sebagai salah satu terapi kesehatan dan psikologis. 

Sunset adalah daya tarik yang paling diburu wisatawan. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung di pantai umumnya ingin melihat sunset secara langsung. Fenomena alam ini menjadi begitu indah ketika dinikmati dari bibir pantai. Suasana tenang dan romantis merupakan magnet yang tidak dapat ditolak. Keindahan ini tidak ditemukan di tempat wisata lain. 

Tips Wisata Ke Pantai 

Tiap pantai menyediakan fasilitas berbeda. Salah satunya adalah ketersediaan tempat makan. Ada pantai yang dekat dengan beach club, jadi lebih mudah mencari makanan ketika dilanda lapar dan haus. Tetapi jika berkunjung ke pantai yang masih murni akan sulit mencari tempat makan yang dekat. Jadi persiapkan bekal seperlunya terutama air minum.

Bawa pakaian renang. Bermain ke pantai tak lengkap jika tidak basah. Akan lebih aman jika mengenakan pakaian renang. Apalagi jika pantai tersebut adalah spot snorkeling, Anda pasti tidak akan melewatkan kesempatan. Pakaian renang akan lebih cepat kering, meminimalisir suhu dingin di tubuh. Selain itu lebih sesuai untuk berjemur di pantai. 

Tips wisata ke pantai yang tidak boleh terlewat adalah memakai sunblock. Senyaman apapun udara di pantai, efek buruk ultraviolet dari matahari tetap dirasakan. Meski bagi sebagian orang dianggap sebagai tanning alami. Tetapi sebagai langkah antisipasi munculnya gangguan pada kulit, memakai sunblock sangat dianjurkan. Terutama untuk anak kecil yang kulitnya sensitive.

Ikuti petunjuk dan arahan penjaga pantai. Pantai akan mengalami pasang surut air laut. Jika berada di pantai dengan ombak besar ada baiknya berhati-hati. Apalagi jika Anda tidak bisa berenang. Terlebih jika membawa serta anak kecil. Tips wisata ke pantai ini sangat mudah diaplikasikan bagi Anda yang ingin mengeksplor pantai Indonesia.
Disqus Comments