Rabu, 08 Juli 2020

Cara Tepat Menggoreng Cimol Bagi Pemula : Resep & Langkah

Cimol Goreng




Banyak kawan topwisata yang mengeluh karena sulitnya memasak cimol agar tidak meledak-ledak seperti petasan tahun baru. Padahal kalau kita tahu tips dan caranya memasak Cimol tidaklah sesulit itu, bahkan untuk pemula pun bisa memasak cimol tanpa meledak.

Kadang, ada beberapa sobat topwisata juga ogah menggoreng cimol lagi, karena sensasi ledakannya masih terngiang-ngiang di telinga. Bahkan ada pula yang menggoreng cimol sampai adonan yang digoreng berhamburan ke lantai.

Jika kalian tahu, salah satu penyebab Cimol tersebut meledak adalah minyaknya yang terlalu panas. Alhasil adonan cimol yang masih lengket tersebut kaget ketika kalian celupkan ke minyak goreng yang panas tersebut dan meledak-ledak seperti pesta tahun baru.

Nah, disini topwisata kuliner akan membagikan tips menggoreng cimol agar tidak meledak dan juga bahan-bahan lezat untuk membuat Cimol ini. yuk simak ulasan berikut.

1. Gunakan takaran bahan yang pas

Bahan utama untuk membuat Cimol ini adalah tepung tapioka dan air. Jadi kalian harus benar-benar pas dalam pencampurannya. Kemudian untuk bahan tambahannya seperti garam, bawang putih, daun bawang dan penyedap rasa juga harus pas dan diaduk hingga merata.

kalian juga bisa menambahkan tepung terigu untuk mendapatkan sensasi yang lebih padat dan empuk. Karena kandungan gluten dari terigu ini akan membentuk Cimol yang kenyal.

Bahan-bahan untuk membuat Cimol Goreng :

Bahan-bahan
  1. 250 gram tepung tapioka (Aci)
  2. 1/2 sdm tepung terigu
  3. Sejumput lada halus
  4. Sejumput Gula putih
  5. 1 siung bawang putih
  6. secukupnya Royco ayam
  7. secukupnya Garam
  8. 1/2 kg minyak
  9. Air

2. Proses pengadukan

Mungkin bagi kalian yang sudah pro, membuat Cimol ini terasa gampang. Namun bagi kalian yang baru pertama kali membuat Cimol ini pasti akan terasa sangat susah ya. Karena dari cara menggorengnya saja harus benar-benar tepat.

Kemudian dari adonan Cimol ini sendiri harus dicampurkan dengan air panas. Karena kalau kalian mencampur adonan dengan air dingin, maka Cimol tidak akan padat.

Proses pengadukan harus dilakukan secara kontinu dengan mencampurkan air panas sedikit demi sedikit, hingga seluruh tepung terlihat basah. Aduk terus menerus sampai adonan terlihat kalis.

Setelah adonan sudah terlihat suam kuku, kalian bisa uleni adonan hingga rata dan tidak lengket. Kemudian kalian bisa melakukan proses pembentukan adonan menjadi bulat-bulat.

3. Proses menggoreng

Banyak dari kawan topwisata kuliner takut ketika melakukan penggorengan Cimol ini, karena mereka merasa seperti melihat medan perang yang ada di dapur. adonan tersebut melompat-lompat dari wajan penggorengan.

Menggoreng cimol tidak sama dengan menggoreng sajian lainnya yang mengharuskan minyak panas, Menggoreng Cimol ini justru sebaliknya.

Kalian harus memasukan Cimol dalam keadaan minyak masih dingin dan masak menggunakan api yang kecil. Aduk terus Cimol yang sudah memenuhi wajan tadi sampai benar-benar mengembang. Cilok yang sudah matang bisa langsung diangkat, ditiriskan dan diberi berbagai bumbu tabur untuk membuat rasanya makin nikmat.







TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments