Sabtu, 31 Oktober 2020

Resep Bolu Karamel Sarang Semut Panggang

Resep Bolu Karamel



Camilan memang sangat dibutuhkan menjelang waktu jam makan, namun mama harus pandai-pandai memilih camilan seperti apa yang harus dihidangkan di tengah keluarga yang pas untuk dikonsumsi.

Nah, camilan seperti sepotong roti memang sangat cocok untuk mengganjal perut yang sudah mulai keroncongan ya moms. salah satu camilan yang tepat adalah Bolu dengan karamel.

Bolu biasanya disajikan tanpa campuran karamel, namun kali ini topwisata akan menyajikan resep bolu karamel yang enak dan manis. Bolu karamel ini seringkali kita jumpai di toko roti dan rasanya pengen buat sendiri kan di rumah.

Bolu karamel ini sering kali disebut sarang semut, karena banyak sekali rongga didalamnya seperti sarang semut. Di Sisi permukaannya pun juga mirip sekali dengan sarang semut yang berwarna kecoklatan.

Tips membuat Bolu Karamel ini juga bisa mama jual juga lo, karena tidak jarang pula banyak sekali diluar sana yang sangat butuh camilan enak ini. bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidaklah sulit ya moms. Hanya bermodalkan tepung, gula, telur dan susu saja mama sudah bisa membuat Bolu Karamel yang siap untuk jualan.

Oke deh, tanpa berlama-lama yuk kita coba buat bolu karamel dirumah aja.

Bahan-bahan yang diperlukan

  1. 350 gram gula
  2. 400 ml air panas
  3. 120 gram tepung terigu protein sedang
  4. 120 gram tepung tapioka
  5. 100 gram mentega cair
  6. 6 butir telur
  7. 2 sachet kental manis 
  8. 1 sendok teh baking powder 
  9. 1 sendok teh baking soda 
  10. 1 sendok teh garam

Oke deh, setelah semua bahan diatas sudah kalian siapkan, sekarang saatnya membuat Bolu Karamel yang enak.

Langkah-langkah membuat Bolu Karamel

  1. Langkah pertama untuk membuat Bolu Karamel yang enak adalah dengan menyiapkan panci. Masukan gula kemudian rebus dengan api kecil sampai meleleh. Tambahkan sedikit demi sedikit air panas, agar tekstur karamel gula tidak mencair, aduk-aduk secara perlahan. Setelah dirasa cukup matikan kompor.
  2. Siapkan wadah tersendiri, masukan telur dan kocok-kocok hingga berbusa. setelah itu tambahkan tepung terigu, tapioka, baking soda, garam dan baking powder ke dalam wadah. aduk-aduk kembali sampai merata.
  3. Tambahkan dengan karamel gula secara perlahan sambil diaduk-aduk hingga merata. tambahkan susu kental manis, mentega cair dan aduk-aduk lagi hingga merata.
  4. Siapkan loyang dan olesi dengan mentega. Tuangkan adonan tadi ke dalam loyang sembari disaring.
  5. Panaskan oven sampai suhu 180 derajat celcius, masukan adonan kedalam oven dan panggang sampai matang.
  6. Kurang lebih 20 menit, adonan Bolu Karamel jadi.
  7. Selamat mencoba dan menikmati ya mama.!

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments