Kangen Cireng Bandung, Yuk Buat Cireng Bumbu Rujak dirumah aja

Cireng Bumbu Rujak


Camilan enak yang mudah dihidangkan selain seblak, cimol atau cilok ada juga salah satu sajian lainnya seperti cireng. Cireng mempunyai banyak pecinta tersendiri, mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Cireng adalah salah satu camilan yang terbuat dari tepung aci atau biasa kita sebut dengan tepung kanji. Namun tidak hanya tepung kanji saja cireng bisa dibuat, mama juga bisa membuatnya dengan nasi sisa lo. salah satu yang pernah topwisata bahas sebelumnya yaitu Cireng Nasi ala topwisata.


Cireng sendiri memiliki bentuk yang pipih seperti koin, dan cara memasaknya yaitu dengan di goreng. Salah satu sajian ini tentunya sangat mudah ditemukan ketika mama berjalan-jalan di Bandung ya. Banyak sekali pedagang jalanan yang menjual camilan seperti ini.

Cireng sendiri biasanya disajikan dengan saus sambal, saus tomat, saus kacang bahkan bumbu rujak. Dengan adanya saus penambah selera ini, mama juga akan lebih bergairah untuk mencicipi cireng tersebut.

Nah, jika mama penasaran dengan cara membuat cireng yang enak dirumah aja. Tenang saja topwisata akan membagikan tips dan resepnya.

Cireng Bumbu Rujak

Bahan-bahan Cireng :

  1. Tepung kanji 250 g
  2. Tepung terigu 50 g
  3. Daun bawang 2 batang, iris halus
  4. Seledri 2 batang, iris halus
  5. Bawang putih 3 siung, haluskan
  6. Penyedap rasa ayam 1 sdt
  7. Merica bubuk 1 sdt
  8. Garam 2 sdt

Bahan-bahan bumbu rujak :

  1. Cabe rawit 4 buah
  2. Asam jawa 1 sdm
  3. Gula aren 3 sdm
  4. Terasi 1/2 sdt
  5. Garam 1 sdt
  6. Air matang 50 cc

Cara membuat Cireng bumbu Rujak :

  1. Untuk membuat cireng dengan varian bumbu rujak yang enak yang pertama-tama mama bisa menyiapkan cobek dulu, ulek semua bumbu rujak diatas sampai terlihat halus.
  2. Setelah bumbu rujak yang mama ulek tadi halus, kemudian campurkan dengan air mendidih kurang lebih 50cc. aduk-aduk bumbu rujak tersebut sebagai siraman nanti buat cirengnya.
  3. Setelah bumbu rujak jadi, sekarang giliran membuat cirengnya. campurkan beberapa bahan seperti tepung tapioka dengan tepung kanji, aduk-aduk hingga merata.
  4. Kemudian tambahkan seledri, daun bawang yang sudah dicincang halus tadi, tambahkan bawang putih halus, merica, garam dan penyedap rasa. aduk-aduk lagi hingga merata.
  5. Tambahkan sedikit demi sedikit air panas sembari mengaduk-aduknya sampai adonan terlihat kalis. Bentuk adonan sesuai selera.
  6. Siapkan panci dan minyak goreng panas, goreng satu persatu cireng sampai matang sempurna.
  7. Setelah cireng sudah matang, siapkan piring dan susun cireng tersebut. Siapkan mangkuk kecil untuk cocolan bumbu rujaknya. Mama bisa membuat pilihan, dicocol atau disiram.
  8. Cireng Bumbu rujak siap dihidangkan ya moms. Selamat mencoba dan menikmati.
Langganan Surel
Langganan