Skip to main content

Membuat Kue Timpan Pisang, Jajanan Khas Aceh

Anaya Lariencia

Resep Kue Timpan Pisang 


Kue timpan pisang merupakan kue tradisional yang berasal dari Aceh. Kue ini adalah jajanan pasar yang dibeli oleh orang Aceh dengan kopi. 

Biasanya di warung kopi kota Aceh menjual makanan kue yang bernama timpan. Bentuk dari kue tersebut pipih, panjang dan bungkusnya memakai daun pisang muda. 

Timphan dapat diisi dengan pisang atau bisa dengan labu, dimana memiliki rasa manis dan legit. Tidak heran apabila kue timphan cocok dimakan bersama kopi hitam pahit.

Resep Kue Timpan Pisang

Bahan yang anda perlukan untuk membuatnya adalah:

Yang pertama bahan untuk kulit:

6 pisang raja, dihaluskan

  1. 220 gr tepung ketan putih
  2. ¼ sdt garam
  3. 76 ml santan diambil seperempat butir kelapa
  4. Daun pisang muda dipakai untuk membungkus
  5. 3 sdm minyak sebagai olesan

Bahan yang anda butuhkan untuk isian:

  1. 3 telur ayam
  2. 86 gr gula pasir
  3. ½ sdt garam
  4. ½ sdt terigu protein sedang
  5. 76 ml santan 1/4 butir kelapa
  6. 5 buah nangka, dipotong kotak kecil
  7. 126 gr kelapa yang diparut kasar, kemudian sangrai
  8. 2 lembar daun pandan

Langkah untuk membuat timpan pisang adalah:

  1. Tahap pertama anda membuat untuk isian, telur, gula pasir, juga garam. Jika sudah tambah tepung terigu, campur secara merata. Berikutnya Tuang santan secara bertahap, campurkan secara merata.
  2. Kemudian jika sudah Tambah nangka, kelapa parut, juga daun pandan. Campurkan secara merata. Lalu anda Masak memakai api kecil sambil aduk hingga matang dan mengental baru. Sisihkan.
  3. Lalu selanjutnya membuat adonan kulit, pisang raja dicampur,  tepung ketan putih, juga garam. Aduk sampai rata. Lalu tambah santan secara bertahap sampai ulen hingga licin.
  4. Jika sudah anda Ambil selembar daun pisang muda. Jangan lupa Olesi dengan minyak agak banyak. Lalu adonan ditaruh di kulit kemudian pipihkan. Setelah itu Beri isian, baru anda bentuk lonjong setelah itu pipihkan. Kemudian Bungkus mirip pepes,  ujungnya disematkan dengan tusuk gigi.
  5. Selanjutnya Kukus timphan dengan api kira kira 25 menit hingga matang.


Sumber: kompas.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar