Lompat ke konten
Home » Resep » Inilah Resep Sate Klopo Khas Surabaya yang Legendaris dan Rasanya Lezat

Inilah Resep Sate Klopo Khas Surabaya yang Legendaris dan Rasanya Lezat

resep sate klopo
Lazada

Keyword : resep sate klopo

Inilah Resep Sate Klopo Khas Surabaya yang Legendaris dan Rasanya Lezat

Anda sudah pernah mencoba resep sate klopo? Mungkin sekedar mencicipi satenya, atau malahan sudah pernah coba membuat satenya? 

Jika belum pernah sama sekali, tidak ada salahnya membaca artikel ini hingga selesai. Di sini akan diinformasikan secara lengkap bahan, bumbu, dan cara membuat sate klopo. 

Dengan begitu, Anda bisa mempraktekkannya di rumah untuk bisa mencicipi salah satu jenis sate ini. Kuliner asal Surabaya, Jawa Timur ini sudah melegenda. Anda yang singgah di Surabaya jangan lupa mencicipi sate klopo.

Disebut sate klopo atau sate kelapa karena ada bumbu campuran parutan kelapa yang membalut daging sapi. Selanjutnya, daging sapi itu nanti ditusuk dan dibakar di atas bara api hingga matang. Setelah matang, disajikan dengan sambal kacang yang gurih. 

Bagaimana? Masih penasaran dengan cara membuatnya? Silahkan membaca resep sate klopo berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 300 gram daging sapi
  2. ½ butir kelapa setengah tua diparut
  3. 2 buah jeruk nipis
  4. Tusuk sate secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 sendok teh ketumbar
  4. ¼ sendok teh jintan
  5. 2 cm lengkuas
  6. 2 cm kunyit
  7. ½ sendok teh garam
  8. 1 sendok teh gula pasir
  9. 2 lembar daun jeruk
  10. Kaldu bubuk secukupnya

Bumbu sambal kacang

  1. 150 gram kacang tanah
  2. 5 siung bawang merah
  3. 2 siung bawang putih
  4. 3 butir kemiri
  5. ¼ sendok teh merica bubuk
  6. 2 cm jahe
  7. 1 buah cabai merah besar
  8. 2 sendok makan gula Jawa
  9. 3 lembar daun jeruk
  10. ½ sendok teh garam
  11. 2 sendok makan kecap manis
  12. Minyak goreng secukupnya

Cara membuat sate klopo

Anda bisa mendapatkan semua bahan dan bumbu untuk resep sate klopo di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Setelah semuanya siap, silahkan mempraktikkan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Ambil daging sapi cuci bersih di bawah air mengalir, lalu iris-iris kecil sesuai selera. Beri perasan jeruk nipis dan diamkan beberapa saat agar bau amisnya hilang. Setelah didiamkan, bilas potongan daging dengan air hingga bersih, sisihkan.
  2. Selanjutnya, haluskan bumbu yang sudah disiapkan. Lalu, campur merata bumbu halus tersebut dengan parutan kelapa hingga merata. 
  3. Masukkan potongan daging sapi ke dalam campuran parutan kelapa dan aduk merata. Pastikan daging sapi terselimuti parutan kelapa semua permukaannya. Diamkan sekitar 20 menit.
  4. Siapkan tusuk sate. Lalu, tusukkan sate klopo satu per satu. Satu tusuk bisa diisi 3 – 4 potongan daging. Lakukan terus hingga potongan daging habis.
  5. Setelah itu, siapkan arang atau serabut kelapa beserta tempat untuk membakar sate klopo. Bakar dan tunggu hingga menjadi bara api. Bakar sate satu per satu hingga matang. Jangan lupa dibolak-balik satenya agar matang di semua sisinya. Setelah semua sate klopo matang, sisihkan.
  6. Selanjutnya, Anda membuat sambal kacang untuk sate klopo. Goreng kacang tanah hingga matang, lalu angkat dan tiriskan. 
  7. Siapkan cobek atau Anda bisa menggunakan blender untuk menghaluskan semua bumbu sambal kacang. Setelah bumbu halus, campurkan dengan kacang tanah yang goreng tadi. Campurkan dan haluskan keduanya. Anda bisa mengatur tersendiri tingkat kehalusan kacangnya.
  8. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya. Tumis sambal kacang dan beri air matang secukupnya. Terus aduk hingga mengeluarkan minyak. Setelah matang, angkat dan sisihkan.
  9. Siapkan piring saji untuk plating. Ambil sate klopo secukupnya dan taruh diatas piring saji. Siram dengan sambal kacang.

Silahkan dicicipi resep sate klopo yang sudah matang. Rasanya dijamin lezat dan ketagihan. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version