Lompat ke konten
Home » Resep Bebek Madura Berbumbu Hitam Rasanya goyang Lidah

Resep Bebek Madura Berbumbu Hitam Rasanya goyang Lidah

Bebek Madura (1)

Resep bebek Madura

Resep bebek Madura mempunyai ciri khas berwarna hitam pada masakannya. Anda jangan keliru karena mengira warna hitam tersebut merupakan ada campuran bahan kluwak atau kluwek yang biasa untuk memasak rawon.

Namun ternyata, warna hitam pada bebek Madura didapatkan dari cara memasak daging bebek dengan minyak goreng yang cukup banyak.

Sudah pasti bumbunya spesial yang terdiri atas beragam rempah-rempah khusus dan dimasak bersama daging bebek hingga empuk dan berwarna hitam.

Anda yang sudah pernah mencicipi menu bebek bumbu hitam khas Madura pasti menyukai rasanya. Bukan hanya daging bebeknya yang gurih enak. Namun, bumbu minyak hitamnya juga tidak kalah enaknya disantap dengan nasi hangat dilengkapi sambal korek.

Sekarang, Anda juga bisa memasak sendiri resep bebek Madura di rumah yang tidak kalah enaknya dengan buatan warung atau rumah makan. Berikut resep masakannya selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor bebek muda ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 1 liter air matang
  4. 4 sendok makan air asam Jawa
  5. 1 sendok makan garam
  6. 10 lembar daun jeruk disobek-sobek
  7. 5 lembar daun salam
  8. 3 batang serai digeprek
  9. 3 cm lengkuas digeprek
  10. 500 ml minyak goreng
  11. Margarin atau mentega secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Resep Papeda, Jajanan Sekolahan yang Sehat

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 2 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 5 butir kemiri disangrai
  5. 4 cm jahe
  6. 3 cm kunyit
  7. 1 sendok teh ketumbar biji disangrai
  8. ½ sendok teh merica biji disangrai
  9. 2 sendok teh garam

Bahan sambal korek

  1. 1 siung bawang putih
  2. 10 buah cabai rawit merah
  3. ½ sendok teh garam
  4. Margarin atau mentega secukupnya

Cara memasak bebek Madura

Setelah semua bahan dan bumbu diatas siap, Anda bisa segera mempraktikkan resep bebek Madura dengan cara memasaknya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu bebek di bawah air mengalir, lalu potong menjadi 10 bagian atau sesuai selera Anda. Setelah itu, beri perasan jeruk nipis pada daging bebek dan aduk merata. Diamkan sekitar 30 menit di dalam kulkas.
  2. Setelah 30 menit, keluarkan daging bebek dari kulkas. Lalu, rebus daging bebek dengan tambahan garam dan air asam Jawa. Rebus sekitar 35 menit hingga keluar busanya. Angkat dan tiriskan daging bebek. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan ukuran sedang atau besar. Beri margarin secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Setelah itu, tuangkan semua minyak goreng yang sudah disiapkan. Aduk merata.
  4. Kecilkan api kompor dulu. Lalu, masukkan daging bebek ke dalam wajan. Tambahkan daun jeruk, daun salam, legkuas, dan batang serai. Aduk merata dan tutup wajan hingga mendidih.
  5. Pastikan semua daging bebek terendam minyak saat dimasak. Jika ada yang tidak terendam, tambah air panas secukupnya. Masak terus hingga daging bebek empuk dan masakan berwarna hitam. Jangan lupa mencicipi sedikit kuah masakannya untuk mengkoreksi rasanya.
  6. Jika sudah matang, matikan kompor dan biarkan sejenak agar tidak panas. Masakan bebek Madura siap disajikan.
  7. Anda tinggal membuat sambal korek. Caranya, siapkan cobek dan taruh bawang putih, cabai rawit, dan garam diatasnya. Lalu, uleg kasar semua bahan hingga tercampur. Panaskan pan dan beri margarin secukupnya. Tunggu hingga margarin mencair, lalu tuangkan ke dalam cobek yang berisi sambal. Aduk merata. Siapkan piring atau mangkuk kecil untuk wadah sambal korek.
  8. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan bebek Madura yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya. Lengkapi dengan sambal korek.
Baca Juga :  Resep Membuat Singkong Thailand Istimewa

Resep bebek Madura diatas dapat Anda praktikkan dengan memasaknya sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga :  Waktu Kumpul, Sajikan Kerang Hijau Kuah Kuning, Resepnya Mudah
Sponsor topwisata.info