Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Nila Goreng Sambal Bawang dengan Nasi Putih Hangat, Lezatnya

Nila Goreng Sambal Bawang dengan Nasi Putih Hangat, Lezatnya

nila goreng sambal bawang (1)
Lazada

Resep nila goreng sambal bawang

Resep nila goreng sambal bawang cukup praktis dan sederhana untuk dimasak di rumah. Anda pun bisa memasaknya sendiri dengan bahan dan bumbu yang mudah didapatkan.

Dipilih ikan nila karena mudah didapatkan dan harganya cukup terjangkau. Anda bisa membelinya di pasar tradisional terdekat. Setelah dibumbui dan dimarinasi, ikan nila digoreng garing agar rasanya semakin mantul.

Dilengkapi dengan sambal bawang yang rasanya dijamin pedas gurih. Sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat untuk makan siang ataupun makan malam.

Menu kulineran seperti ini biasanya bisa dibeli atau dipesan dengan harga belasan hingga puluhan ribu rupiah di luar sana. Anda tak perlu melakukannya karena dapat memasak resep nila goreng sambal bawang sendiri dan menikmati sepuasnya.

Bahan-bahan

  1. 2 – 3 ekor ikan nila ukuran besar
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 3 sendok makan tepung terigu
  4. 1 sendok teh garam
  5. ½ sendok teh merica bubuk
  6. 1 batang serai dicincang halus bagian putihnya
  7. 2 lembar daun jeruk
  8. 2 cm lengkuas digeprek
  9. 1 sendok teh gula pasir

Bumbu untuk sambal bawang

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit merah
  4. 5 buah cabai merah besar
  5. 1 buah tomat merah
  6. 1 cm jahe
  7. 1 sendok teh terasi digoreng
  8. 2 sendok teh garam

Cara membuat nila goreng sambal bawang

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan resep nila goreng sambal bawang dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan nila di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan sisik di tubuh, perut, dan insangnya. Belah menjadi dua bagian. Setelah itu, beri perasan jeruk nipis, merica bubuk, dan garam. Aduk merata dan diamkan sekitar 10 menit.
  2. Selanjutnya, lumuri tipis-tipis ikan nila dengan tepung terigu hingga merata. Sisihkan.
  3. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menggoreng ikan nila. Setelah panas, masukkan ikan nila satu per satu ke dalam wajan. Pastikan minyak goreng sudah panas agar saat ikan digoreng tidak lengket di wajan.
  4. Goreng ikan nila hingga berwarna kecoklatan. Tingkat kematangan dan kegaringan ikan bisa disesuaikan dengan keinginan Anda sendiri. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  5. Langkah selanjutnya, yaitu membuat sambal bawang. Caranya, siapkan cobek dan taruh semua bahan sambal diatasnya. Setelah itu, uleg kasar dan aduk merata. Sisihkan.
  6. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis sambal hingga matang. Tambahkan serai, lengkuas, daun jeruk, dan gula pasir. Aduk merata.
  7. Masukkan ikan nila goreng ke dalam wajan dan aduk merata dengan bumbu sambal tersebut. Cukup 5 menit saja memasaknya, lalu matikan kompor. Ikan nila goreng sambal bawang sudah matang, siap disajikan.
  8. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat.

Resep nila goreng sambal bawang yang sudah matang dijamin sedap dan mantul saat disantap. Apalagi saat kondisi perut sedang lapar. Silahkan Anda coba sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version