Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Sambal Goreng Ati Kentang yang Mudah dan Uenak

Memasak Sambal Goreng Ati Kentang yang Mudah dan Uenak

Sambal Goreng Ati Kentang (1)

Resep sambal goreng ati kentang

Resep sambal goreng ati kentang sangat identik dengan masakan Jawa. Memang benar, menu kuliner ini bisa dijadikan masakan utama ataupun pendamping.

Jika dijadikan menu utama, sangat cocok disantap dengan nasi hangat dan krupuk udang atau sejenisnya. Sementara jika dijadikan masakan pendamping, biasanya disajikan bersama menu opor ayam atau gudeg.

Sangat mudah menemukan masakan ini di warung atau rumah makan khas Jawa. Rasanya kombinasi dari gurih dan pedas.

Berprotein lengkap karena ada potongan kentang dan ati ampela ayam di dalamnya. Anda yang kangen dengan masakan ini bisa memasaknya di rumah dengan bahan dan bumbu yang mudah didapatkan.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan membaca resep sambal goreng ati kentang berikut.

Bahan-bahan

  1. 5 pasang ati ampela ayam segar
  2. 2 buah kentang dikupas lalu dipotong dadu
  3. 2 lembar daun salam
  4. 1 cm lengkuas digeprek
  5. 3 buah cabai merah besar diiris serong
  6. 1½ sendok teh garam
  7. 1 sendok makan gula Jawa disisir
  8. 300 ml santan
  9. 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  10. Kaldu bubuk secukupnya
Baca Juga :  Resep Tumis Sayap Ayam Cabai Hijau, Masakan Rumahan untuk Menu Makan Sekeluarga

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 6 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 10 buah cabai merah keriting
  5. 3 butir kemiri disangrai

Cara memasak sambal goreng ati kentang

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep sambal goreng ati kentang dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ati ampela ayam di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus hingga mendidih sekitar 30 menit. Angkat, tiriskan, dan diamkan beberapa menit agar tidak terlalu panas. Lalu, potong-potong ukuran sedang atau sesuai selera Anda. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng yang sudah disiapkan. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam dan lengkuas. Tumis hingga layu.
  3. Masukkan irisan cabai, potongan ati ampela, dan ketang, lalu aduk merata. Bumbui dengan garam dan gula merah. Aduk lagi merata.
  4. Setelah itu, tuangkan santan ke dalam wajan dan kecilkan api kompor. Aduk perlahan saja terus menerus agar santan tidak pecah. Masak hingga santan menyusut.
  5. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk sebentar. Setelah itu, matikan kompor karena masakan sudah matang dan siap disajikan.
  6. Siapkan piring saji untuk plating. Lalu, tuangkan masakan sambal goreng ati kentang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Ala Restoran, Ini Resep Sapi Lada Hitam Pedas dan Enak

Ternyata memasak resep sambal goreng ati kentang cukup mudah. Oleh karenanya, silahkan Anda coba memasaknya di rumah. Rasanya dijamin enak dan pasti disukai semua anggota keluarga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan