Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ungkep Daging Kambing yang Empuk dan Mantul

Resep Ungkep Daging Kambing yang Empuk dan Mantul

Ungkep Daging Kambing
Lazada

Resep ungkep daging kambing

Resep ungkep daging kambing merupakan sebuah masakan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Bahan utamanya adalah daging kambing yang jika kurang benar mengolahnya, maka dagingnya masih keras dan bau khasnya masih tercium.

Tentu saja hal tersebut akan mengurangi selara makan orang yang menyantapnya. Maka dari itu, Anda harus mengetahui secara detail cara mengolah dan memasaknya yang direkomenasikan.

Biasanya, daging kambing diolah menjadi masakan gulai, tongseng, sate, atau yang lainnya. Untuk yang sekarang, daging kambing akan dimasak dengan cara diungkep.

Lalu, bagaimana resep ungkep daging kambing selengkapnya? Silahkan Anda membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging kambing segar
  2. 65 ml santan
  3. 2 buah jeruk nipis
  4. 2 gelas air
  5. 5 buah daun jeruk
  6. 3 buah daun salam
  7. 2 batang serai
  8. 1 sendok teh garam
  9. 1 sendok teh gula pasir
  10. ½ sendok teh kaldu bubuk
  11. ¼ sendok teh merica bubuk
  12. 2 sendok makan kecap manis
  13. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 cm jahe
  4. 1 cm lengkuas
  5. 5 butir kemiri
  6. 4 buah cabai merah besar
  7. ½ sendok teh ketumbar
  8. 1 buah tomat merah

Cara memasak ungkep daging kambing

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ungkep daging kambing dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan daging kambing di bawah air mengalir. Setelah itu, potong-potong daging kambing ukuran sedang.
  2. Masukkan semua potongan daging ke dalam sebuah wadah baskom, lalu beri perasan jeruk nipis. Aduk sebentar dan diamkan sekitar 25 menit untuk menghilangkan bau khasnya. Setelah 25 menit, bilas semua potongan daging di bawah air mengalir. Sisihkan.
  3. Setelah itu, siapkan panci ukuran sedang dan teruh semua daging di dalamnya. Tuangkan air hingga menenggelamkan semua daging. Lalu, rebus daging sekitar 45 menit atau hingga matang dan empuk. Setelah matang, angkat daging dan sisihkan.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bumbu halus hingga harum. tambahkan batang serai, daun jeruk, dan daun salam. Tumis dan aduk merata hingga semua bahan layu.
  5. Tambahkan air dan santan yang sudah disiapkan. Kecilkan api kompor dan aduk terus menerus secara perlahan saja agar santan tidak pecah.
  6. Setelah itu, masukkan potongan daging kambing dan terus aduk perlahan. Bumbui dengan garam, gula pasir, kaldu bubuk, merica bubuk, dan kecap manis. Aduk merata dan masak hingga kuahnya menyusut.
  7. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, Anda bisa menambahkan lagi kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata sebentar. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  8. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating. Tuangkan masakan ungkep daging kambing yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.

Sekarang, Anda sudah mengetahui cara memasak resep ungkep daging kambing selengkapnya. Selanjutnya, silahkan coba mempraktikkannya di rumah. Setelah matang, ajaklah seluruh keluarga dan orang terdekat untuk mencicipinya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version