Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Lele Goreng Kremes yang Rasanya Mantul

Memasak Lele Goreng Kremes yang Rasanya Mantul

lele goreng kremes (1)

Resep lele goreng kremes

Resep lele goreng kremes menjadi salah satu menu Nusantara karena umum menjadi santapan lezat masyarakat Indonesia.

Biasanya, menu tersebut disajikan oleh warung atau rumah makan pecel lele yang khas dengan gorengan ikan, ayam, tahu, tempe, dan yang lainnya.

Dalam seporsinya akan dihidangkan nasi hangat, ikan lele goreng dan kremesan, sambal, dan lalapan.

Rasa gurih dari lele goreng dan kremesannya yang menjadi daya tarik utama. Oleh karena itu, harus dibuat seenak mungkin untuk menggugah rasa banyak orang.

Apalagi sambalnya harus dibuat pedas untuk bisa membuat selera makan menjadi semakin bertambah.

Anda tidak perlu membelinya karena bisa memasaknya sendiri di rumah dengan bahan-bahan mudah didapatkan. Adapun resep lele goreng kremes selengkapnya bisa dibaca pada uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 5 ekor ikan lele segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 1 sendok teh garam
  4. Minyak goreng secukupnya

Bumbu marinasi

  1. 1 sendok teh garam
  2. ½ sendok teh lada bubuk
  3. 250 ml air

Bumbu yang dihaluskan

  1. 4 siung bawang putih
  2. 1 sendok teh ketumbar
  3. 2 butir kemiri disangrai
  4. 2cm jahe
  5. 2 cm kunyit dibakar

Bahan kremesan

  1. 250 ml air sisa bahan marinasi
  2. 50 gram tepung beras
  3. 15 gram tepung sagu

Bahan sambal

  1. 5 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit merah
  4. 5 buah cabai merah keriting
  5. 1 buah tomat merah
  6. 1 sendok teh gula Jawa disisir
  7. ½ sendok teh kaldu bubuk
Baca Juga :  Resep Sambal Goreng Udang yang Mantul Berikut Harus Anda Coba Memasaknya

Bahan pelengkap

  1. 1 buah timun dipotong-potong
  2. 4 lembar kol dipotong
  3. Daun kemangi secukupnya

Cara memasak lele goreng kremes

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda bisa segera memasak resep lele goreng kremes dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ikan lele di bawah air mengalir. Buang semua kotoran di perutnya, insang, dan kepalanya. Lalu, masukkan ke dalam sebuah wadah baskom dan beri perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan sekitar 10 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 10 menit, bilas lagi semua lele di bawah air mengalir hingga bersih. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, siapkan wadah baskom lagi dan masukkan semua bumbu marinasi dan bumbu halus ke dalamnya. Aduk merata, lalu masukkan semua ikan lele yang sudah bersih ke dalam bumbu. Aduk lagi dan lumuri seluruh tubuh lele dengan bumbu tersebut. Diamkan sekitar 30 menit.
  3. Sambil menunggu ikan lele dimarinasi, Anda bisa membuat kremesannya. Caranya, siapkan wadah baskom lagi dan masukkan semua bahan kremesan kecuali airnya ke dalam wadah. Aduk merata.
  4. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng ikan lele. Setelah minyak panas, masukkan satu per satu lele ke dalamnya dan goreng hingga berwarna kecoklatan dan garing. Jangan lupa membolak-balik ikannya agar matangnya sempurna. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  5. Sementara itu, sisa air bumbu marinasi ikan lele tadi jangan dibuang. Masukkan airnya ke dalam wadah berisi bahan kremesan. Campur merata.
  6. Panaskan wajan beri minyak goreng sisa menggoreng lele tadi. Setelah panas, tuangkan adonan kremesan secara perlahan dan menyebar ke dalam minyak. Masak hingga kering dan berwarna keemasan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  7. Selanjutnya, Anda perlu membuat sambal. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan sisa minyak goreng di wajan diurangi menjadi tinggal sedikit karena hanya untuk menumis. Setelah minyak panas, masukkan semua cabai, tomat, bawang merah, bawang putih. Tumis hingga setengah matang. Siapkan cobek, lalu tuangkan semua bahan tumisan keatasnya. Tambahkan gula Jawa dan kaldu bubuk. Setelah itu, uleg kasar semua bahan tersebut hingga tercampur merata. Sambal sudah jadi.
  8. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan dan tata semua lele goreng yang sudah matang diatas piring. Lalu, berikan kremesannya diatas lele. Lengkapi dengan sambal dan lalapan yang sudah disiapkan. Jangan lupa menyiapkan nasi hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Soto Pacitan yang Autentik dan Unik Khas Kuliner Nusantara

Itulah resep lele goreng kremes yang bisa Anda praktikkan di rumah. Sangat cocok dijadikan menu makan siang untuk seluruh anggota keluarga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tag:

Tinggalkan Balasan