Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Silakan Dicoba Ikan Kembung Asam Pedas

Silakan Dicoba Ikan Kembung Asam Pedas

Ikan Kembung Asam Pedas (1)
Lazada

Resep ikan kembung asam pedas

Ada resep ikan kembung asam pedas yang dapat Anda masak dan jadikan lauk untuk makan siang atau malam seluruh keluarga.

Lebih cocok lagi jika menyantapnya dengan nasi putih hangat dijamin Anda menambah terus, apalagi saat kondisi perut sedang keroncongan alias lapar.

Ikan kembung yang harganya cukup murah dan mudah didapatkan di pasar tradisional. Biasanya, ikan kembung hanya digoreng biasa dan langsung dijadikan lauk.

Namun sekarang, ikan kembung tersebut bisa Anda masak dengan bumbu asam pedas yang menggugah selera. Jika penasaran dengan rasa masakannya, silahkan coba memasaknya di rumah. Namun sebelumnya, Anda perlu membaca resep ikan kembung asam pedas berikut selengkapnya.

Bahan utama

  1. 5 ekor ikan kembung segar ukuran sedang atau besar
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 500 ml
  4. 1 cm lengkuas digeprek
  5. 1 batang serai digeprek
  6. 1 lembar daun kunyit
  7. 2 lembar daun ruku
  8. 1 buah asam Jawa
  9. Kaldu bubuk secukupnya
  10. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 butir bawang merah
  2. 5 buah cabai merah keriting
  3. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 1 cm kunyit
  5. 1 sendok teh garam
  6. ½ sendok teh lada bubuk

Cara memasak resep ikan kembung asam pedas

Setelah semua bahan dan bumbu diatas siap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ikan kembung asam pedas dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ikan kembung di bawah air mengalir. Buang semua kotoran, sisik, serta di bagian insangnya. Anda bisa memotongnya menjadi dua bagian, jika ukuran ikannya terlalu besar.
  2. Setelah itu, masukkan semua ikan ke dalam wadah baskom dan beri perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Aduk merata dan diamkan sekitar 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air mengalir dan sisihkan dulu.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ikan kembung. Setelah minyak panas, masukkan semua ikan kembung satu per satu ke dalam wajan. Anda dapat menggorengnya hingga garing atau setengah matang sesuai selera. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  4. Panaskan lagi wajan penggorengan dan kurangi minyak sisa menggoreng ikan kembung tadi karena hanya untuk menumis saja. Setelah minyak panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  5. Tambahkan, batang serai, lengkuas, daun salam, dan daun ruku. Tumis hingga semua bahan layu. Setelah itu, tuangkan airnya dan kecilkan api kompor. Aduk merata.
  6. Masukkan asam Jawa dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk merata. Masukkan juga semua ikan kembung goreng. Aduk merata lagi dan masak hingga mendidih.
  7. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, Anda bisa menambahkan kaldu bubuk secukupnya lagi, lalu aduk sebentar. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  8. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating. Tuangkan masakan ikan kembung asam pedas yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Resep Masak Ikan Kembung Asam Pedas yang Enak

Sekarang, Anda sudah mengetahui cara memasak resep ikan kembung asam pedas selengkapnya. Selanjutnya, silahkan praktikkan di rumah seperti langkah-langkah yang sudah diuraikan diatas. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version