Lompat ke konten
Home » Resep Kerak Telor, Kuliner Asli Khas Betawi yang Masih Bertahan Hingga Sekarang

Resep Kerak Telor, Kuliner Asli Khas Betawi yang Masih Bertahan Hingga Sekarang

Kerak Telor (1)

Resep kerak telor

Resep kerak telor juga bisa Anda praktikkan memasaknya di rumah. Terutama Anda sekalian yang sangat penasaran dengan salah satu kuliner khas Betawi tersebut.

Mungkin penjual kerak telor hanya bisa dijumpai di Jakarta dan sekitarnya. Sangat jarang menemukan penjualnya di luar Jakarta.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk coba membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Rasanya yang didominasi gurih memang disukai banyak orang. Kuliner tempo doeloe Betawi ini juga seharusnya dilestarikan oleh generasi yang sekarang.

Lalu, bagaimana resep kerak telor selengkapnya? Berikut informasi selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 300 gram beras ketan putih
  2. 8 butir telur ayam atau bebek

Bumbu yang dihaluskan

  1. ¾ butir kelapa diparut, lalu disangrai hingga kering
  2. 4 cm kencur disangrai
  3. 3 cm jahe disangrai
  4. 1 sendok teh merica
  5. 4 buah cabai merah keriting
  6. 1 sendok teh garam
  7. 1 sendok teh gula pasir
Baca Juga :  Resep Tahu Kupat Khas Magelang, Hidangan Paling Istimewa Untuk Sarapan

Bahan pelengkap

  1. 75 gram ebi direndam, disangrai, lalu ditumbuk halus
  2. Bawang merah goreng secukupnya

Cara membuat kerak telor

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep kerak telor dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Silahkan Anda cuci beras ketan dulu hingga bersih. Setelah itu, rendam beras ketan tersebut semalaman agar mudah matang saat dimasak.
  2. Selanjutnya, siapkan wajan biasa ukuran sedang dan taruh diatas api kompor kecil hingga panas. Setelah panas, ambil dua sendok makan beras ketan yang sudah direndam. Tekan-tekan dan ratakan beras ketan tersebut hingga menempel di wajan serta membentuk lingkaran.
  3. Tutup wajan dan diamkan sejenak hingga beras ketan mengering, tetapi jangan sampai gosong. Selanjutnya, tambahkan satu sendok makan bumbu halus dan satu sendok makan bahan pelengkap diatas beras ketan yang sudah mengering tersebut.
  4. Setelah itu, pecahkan satu butir telur diatasnya. Aduk dengan sendok hingga seluruh bahan tercampur dan menutupi permukaan ketan di bawahnya. Tutup lagi wajan hingga bahannya matang dan melekat.
  5. Buka tutup wajan dan balikkan wajan hingga permukaan kerak berada diatas api langsung. Diamkan beberapa saat agar permukaannya matang dan berwarna kecoklatan. Setelah itu, balikkan lagi wajan dan matikan kompor karena sudah matang.
  6. Lepaskan kerak telor yang sudah matang dengan spatula secara hati-hati agar tidak rusak atau pecah. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan kerak telor yang sudah matang diatasnya.
Baca Juga :  Renyahnya Kue Lebaran, Begini Cara Buat Biji Ketapang

Akhirnya, resep kerak telor sudah dipraktikkan hingga matang sesuai lengkah-langkah diatas. Anda bisa mencobanya sekarang juga dan rasanya sungguh lezat. Apalagi jika disantap saat masih hangat beramai-ramai. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info