Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Mujaer Kriuk Sambal Goreng untuk Lauk Makan yang Mantul

Memasak Resep Mujaer Kriuk Sambal Goreng untuk Lauk Makan yang Mantul

mujaer kriuk sambal goreng (1)
Lazada

Resep mujaer kriuk sambal goreng

Ada resep mujaer kriuk sambal goreng yang bisa Anda coba masak di rumah dengan mudah dan praktis. Namun, rasanya dijamin mantul terutama disantap bersama nasi putih hangat untuk makan siang atau malam.

Ikan mujaer tersebut tidak hanya digoreng biasa, tetapi dimariasi dan dilumuri tepung dulu. Setelah itu, barulah digoreng garing sehingga sensasi rasa kriuknya benar-benar terasa.

Sementara untuk sambalnya dipilih sambal goreng yang level pedasnya bisa disesuaikan dengan kemampuan dan selera Anda masing-masing.

Tambahan tomat berserta bawang merah dan putih menjadikan sambalnya lebih kaya rasa. Lalu, bagaimana resep mujaer kriuk sambal goreng yang direkomendasikan? Berikut uraian selengkapnya yang perlu Anda ketahui.

Bahan-bahan

  1. 3 – 4 ekor ikan mujaer segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 100 gram tepung beras
  4. 50 gram tepung maizena
  5. 25 gram tepung tapioka
  6. 1 butir telur ayam diambil putihannya saja
  7. 200 ml air matang
  8. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 3 siung bawang putih
  2. 2 cm jahe
  3. 1 sendok teh garam

Bahan untuk sambal goreng

  1. 10 buah cabai rawit merah
  2. 2 buah cabai merah besar
  3. 5 butir bawang merah
  4. 2 siung bawang putih
  5. 1 buah tomat merah dipotong dua
  6. 1 sendok teh terasi
  7. 1 sendok teh gula Jawa
  8. ½ sendok teh garam

Cara memasak mujaer kriuk sambal goreng

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep mujaer kriuk sambal goreng dengan langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ikan mujaer yang sudah disiapkan. Buang sisik di tubuhnya serta kotoran di bagian perut dan insangnya. Setelah itu, belah tubuh mujaer di bagian perutnya, tetapi jangan sampau putus.
  2. Masukkan ke dalam wadah baskom dan beri perasan jeruk nipis. Aduk-aduk sebentar dan diamkan sekitar 10 menit untuk menghilangkan amisnya. Setelah 10 menit, bilas lagi dengan air hingga bersih.
  3. Siapkan wadah baskom lainnya, lalu masukkan semua ikan mujaer bersama bumbu halus. Aduk merata dan diamkan sekitar 30 menit agar bumbu meresap.
  4. Sembari menunggu marinasi ikan mujaer, Anda bisa membuat adonan tepungnya. Caranya, siapkan wadah baskom lagi, lalu masukkan tepung beras, tepung maizena, dan tepung tapioka. Aduk merata.
  5. Setelah itu, tambahkan putih telur dan air. Aduk merata hingga tercampur dan kalis. Sisihkan dulu.
  6. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ikan mujaer. Masukkan ikan mujaer ke dalam adonan tepung dan bolak-balik hingga semua bagian sisinya terlumuri. Setelah itu, masukkan ke dalam minyak yang sudah panas.
  7. Goreng hingga garing dan berwarna kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan dulu. Sisihkan.
  8. Selanjutnya, Anda bisa membua sambal goreng. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan kurangi minyak goreng bekas menggoreng ikan tadi hingga tinggal sedikit karena hanya untuk menumis saja.
  9. Setelah minyak panas, masukkan semua cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Tumis hingga setengah matang saja.
  10. Siapkan cobek, lalu tuangkan semua tumisan beserta minyaknya diatas coek. Tambahkan terasi, gula Jawa, dan garam. Uleg hingga lembut dan tercampur merata.
  11. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tata dan letakkan mujaer kriuk diatasnya. Lengkapi dengan sambal goreng dan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.

Cukup mudah bukan memasak resep mujaer kriuk sambal goreng? Silahkan Anda coba sendiri di rumah yang dijamin rasanya mantul.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version