Lompat ke konten
Home » Wisata » Melihat Jelas Gunung Merapi dari Bukit Klangon yang Banyak Daya Tariknya

Melihat Jelas Gunung Merapi dari Bukit Klangon yang Banyak Daya Tariknya

Bukit Klangon (1)

Bukit Klangon

Bukit Klangon bagi sebagian orang mungkin belum terlalu dikenal, karena lebih banyak yang mengenal Bukit Indah Glagaharjo di Desa Glagaharjo.

Bukit Klangon adalah kawasan paling tinggi yang warga huni. Bahkan dari Bukit Klangon tampak sangat jelas Gunung Merapi sehingga saat aktif bisa dipantau dari sini.

Harga Tiket Masuk

Untuk Anda bisa merasakan dan menikmati kesejukan udara dan juga cantiknya pemandangan, Anda harus membayar tiket masuk. Begitu pula jika Anda memiliki rencana berkemah di kawasan Bukit Klangon. Namun tak perlu khawatir, tarif yang dibanderol untuk tiket masuk di sini cukup terjangkau.

Untuk tiket masuk kunjungan umum, Anda cukup membayar Rp. 4.000. Sedangkan, untuk tiket masuk camping, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp. 15.000.

Namun perlu diingat, jika harga tiket tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi, saat Anda akan berkunjung ke sana, disarankan untuk mencari informasi harga tiket saat itu terlebih dulu.

Jam Operasional Bukit Klangon

Kawasan wisata ini belum mempunyai jam operasional. Di mana artinya selalu buka dari pagi sampai sore hari. Sehingga, Anda dan pengunjung lain bisa menikmati keindahan Bukit Klangon dan sekitarnya kapan pun.

Jam Buka

Berkemah / camping 24 jam

Baca Juga :  Seribu Batu Songgo Langit Bantul, Review

Kunjungan umum 06.00 – 16.00

Daya Tarik dan Kegiatan Seru di Bukit Klangon

Berbagai kegiatan dan juga olahraga yang seru bisa Anda lakukan di area bukit. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Menikmati Keindahan dan Mempesonanya Bukit Klangon

Bukit Klangon berada pada ketinggian sekitar 1.100 mdpl, sehingga menyebabkan kawasan ini bersuhu dingin. Jika berkunjung, Anda harus mengenakan pakaian yang tebal agar tidak kedinginan. 

Selain sejuk, Bukit Klangon pun mempunyai pemandangan yang indah untuk dinikmati. Hamparan perkebunan warga yang subur dan juga pepohonan yang hijau dan mengelilingi area bukit, seperti menjadi pagar alam.

Dari atas bukit pun, Anda dan pengunjung lain bisa melihat puncak Gunung Merapi yang berdiri kokoh dan menawan.

Objek wisata Bukit Klangon resmi dibuka tahun 2011. Bukit Klangon menawarkan spot-spot foto yang indah.

Terdapat gardu pandang setinggi 5 meter. Di sini, Anda bisa dengan jelas melihat pemandangan Gunung Merapi. Namun sayangnya, saat waktu menunjukkan siang hari, pemandangan gunung akan terhalang oleh kabut. Pemandangan Gunung Merapi sangat menakjubkan.

Tidak hanya itu, ada pula spot foto Panggung Bambu yang menawarkan pemandangan indah dan memukau lembah di belakangnya sebagai latar belakang foto.

Baca Juga :  AGRO PARK Klumpit, Keindahan Puncak Tuban

Tidak hanya menjadi objek wisata dan pemukiman warga, kawasan ini pun menjadi hutan konservasi. Objek ini kerap digunakan penelitian. Bahkan, ada prasasti HPKKH (Hutan Pendidikan Konservasi Koesnadi Hardjasoemantri).

  • Bersepeda Downhill

Di sini juga tersedia arena downhill yang bisa dicoba pengunjung untuk bersepeda yang menantang. Kondisi tanah naik-turun, bahkan terdapat beberapa yang terjal, menjadi tantangan yang tersendiri.

Pada beberapa tempat, lintasan sepeda lebih tajam dan menukik. Adrenalin akan terpacu di lintasan-lintasan ini.

  • Mendaki Bukit serta Trekking

Untuk sampai ke puncak bukit, Anda harus mendakinya. Namun tenang saja, mendaki bukit ini tak perlu sampai bermalam, karena bisa ditempuh dengan singkat. Bahkan anak-anak juga bisa mendaki Bukit Klangon ini.

Di kawasan hutan konservasi, beberapa satwa langka hidup. Satwa seperti Burung Alap-Alap Jawa, Burung Kepodang, dan Burung Madu Gunung. Selain itu, ada pula hewan lainnya seperti monyet dan musang. Kegiatan mendaki Anda akan semakin seru dengan mendengarkan suara khas hutan, yakni suara bersahutan dari burung dan serangga.

  • Berkemah di Bukit Klangon

Selain mendaki, bagi Anda yang suka dengan kegiatan di alam pun bisa berkemah di bukit ini. Di sini ada area yang landai dan dipakai sebagai tempat untuk kemah.

Baca Juga :  Segar dan Jernih Airnya, Air Terjun Lembah Tepus Bogor Tak Akan Membosankan untuk Menjadi Destinasi Wisata

Berkemah di Bukit Klangon akan berikan Anda sensasi berbeda, dengan pemandangan Gunung Merapi yang tersaji gagah.

Namun, jika Anda ingin berkemah, terlebih dulu harus mengunjungi pengelola dan juga membayar biayanya.

Lokasi Bukit Klangon

Bukit Klangon berada di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info