Lompat ke konten
Home » Wisata » Suguhkan Wisata Alam Menawan, Nawang Jagad Jogja Membuat Liburan Lebih Menyenangkan. Harga Tiketnya Terjangkau!

Suguhkan Wisata Alam Menawan, Nawang Jagad Jogja Membuat Liburan Lebih Menyenangkan. Harga Tiketnya Terjangkau!

Nawang Jagad Jogja6

Nawang Jagad Jogja

Tempat wisata populer tahun 2023 di Jogja ini jangan sampai dilewatkan. Jogja memang sangat lengkap dengan objek wisata yang menawan dan sangat sayang untuk dilewatkan. Semua jenis destinasi wisata ada di Jogja, semuanya rasanya menyenangkan sekali untuk menghabiskan waktu liburan.

Kota Jogja memiliki segalanya, baik tempat wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, sampai wisata yang instagenic.

Baik Anda baru pertama kali liburan ke Kota Jogja, ataupun sudah berkali-kali dan membutuhkan ide destinasi wisata baru yang dapat dikunjungi, Anda akan menemukannya pada daftar rekomendasi destinasi wisata di Jogja ini!

Selain Candi Prambanan, Jogja memiliki banyak spot berkemah di area bukit serta pegunungan. Tidak hanya Bukit Klangon, ada juga spot berkemah dekat Gunung Merapi yang tawarkan pula keindahan serta sensasi berkemah menarik, namanya yakni Nawang Jagad.

Nawang Jagad tawarkan tempat luas untuk berkemah yang dilengkapi pemandangan pegunungan yang akan buat suasana kemah Anda semakin seru dan menyenangkan. Nah, berikut ini adalah sejumlah informasi yang terkait tempat wisata tersebut.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional Wisata Nawang Jagad Kaliurang

Nawang Jagad Jogja
Nawang Jagad Jogja

Nawang Jagad Kaliurang berlokasi di Padukuhan Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY.

Jam operasional wisata Nawang Jagad:

  • Piknik area dari hari Selasa-Minggu 08.00-16.00 WIB
  • Check in camping jam 14.00 WIB
  • Check out camping jam 12.00 WIB
  • Hari Senin Libur/tutup untuk umum

Harga Tiket Masuk Nawang Jagad

HTM Kawasan piknik dikenakan biaya Rp. 10.000.

Tarif camping:

Nawang Jagad Jogja2
Nawang Jagad Jogja2
  • Camp Area VIP tarifnya sekitar Rp. 35.000 per orang | Anak-anak (max. 12 tahun) dikenakan tarif Rp. 17.500 per anak.
  • Camp Area 1-3 tarifnya sekitar Rp. 25.000 per orang | Anak-anak (max. 12 tahun) dikenakan biaya Rp. 12.500 per anak.

(Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan yang diberlakukan pengelola wisata).

Syarat dan Ketentuan Camping

Nawang Jagad Jogja1
Nawang Jagad Jogja1
  • Camp Area VIP untuk 1 kelompok minimal 10 orang, maksimal 15 orang.
  • Camping ground dibuka apabila kuota minimal 10 orang telah terpenuhi.
  • Harap reservasi dulu sebelumnya.
Baca Juga :  Rumah Eskimo dan bersalju kini ada di Coban Rais Batu

Daya Tarik Wisata Nawang Jagad

Daya tarik utama dari wisata Nawang Jagad adalah indahnya pemandangan Gunung Merapi yang gagah dan menjulang tinggi. Pemandangan eksotis sangat cantik jadi objek foto yang keren. Dengan demikian, maka jepretan foto Anda jadi sangat instagenic. Penampakan dari Gunung Merapi bisa terlihat dengan jelas di saat langit cerah serta tidak berkabut.

  • Piknik di Wisata Nawang Jagad
Nawang Jagad Jogja4
Nawang Jagad Jogja4

Piknik merupakan salah satu aktivitas seru yang dapat dilakukan oleh pengunjung. Para pengunjung dapat membawa bekal makanan untuk dinikmati bersama dengan keluarga.

Makanan akan terasa lebih enak jika disantap sambil memandangi keindahan alam sekitar. Jika Anda tidak membawa bekal makanan sendiri, jangan khawatir karena ada kantin yang sediakan minuman serta makanan ringan.

Selain itu, pengunjung pun dapat duduk-duduk santai di kursi taman yang tersedia. Tempat duduknya berhadapan secara langsung dengan pemandangan menakjubkan perbukitan dan Gunung Merapi.

Jika Anda ingin tiduran santai sambil menyaksikan pemandangan yang keren, ada hammock serta bean bag gratis. Namun, jika Anda ingin piknik lesehan di rerumputan, Anda bisa bawa tikar sendiri.

  • Camping Ground Nawang Jagad
Nawang Jagad Jogja5
Nawang Jagad Jogja5

Ada empat area camping atau berkemah di Nawang Jagad, termasuk area VIP. Para pengunjung harus lakukan reservasi dulu jika ingin berkemah atau camping. Jadwal operasional camping ground adalah Selasa-Sabtu. Area berkemah buka dengan minimal jumlah dalam kelompok adalah 10 orang dan maksimal 15 orang.

Lalu, untuk jam check in camping adalah pukul 14.00 WIB dan chek out pada pukul 10.00 WIB. Setiap camping area sediakan stop kontak, api unggun, dan keran air. Pengelola pun menyediakan sewa tenda serta berbagai macam perlengkapan barbeque.

Pengelola sediakan paket barbeque yang cocok untuk para pengunjung yang akan berkemah. Dengan harga terjangkau setiap paket berisi dengan menu ayam, bakso, sosis, dan jagung.

Baca Juga :  Wisata Hutan Pinus Darmacaang Hill Ciamis, Tempat Healing Menyenangnkan

Selain itu, ada pula paket prasmanan. Menu didapatkan berupa nasi, ayam, sayur, tempe, kerupuk, buah, sambal dan teh. Ada pula variasi menu tergantung pada pilihan paket.

  • Bersepeda ke Wisata Nawang Jagad

Tempat wisata satu ini sering kali jadi destinasi wisata para pengendara sepeda. Bersepeda pada sekitar Kaliurang Barat yakni aktivitas menyenangkan. Saat sampai di lokasi, pesepeda dapat menyaksikan pemandangan cantik. Bersepeda sembari menghirup udara yang bersih di perbukitan bisa menenangkan pikiran serta sehatkan tubuh.

  • Menyewa Kendaraan Off Road

Aktivitas seru lainnya di wisata Nawang Jagad yang lebih menantang adalah mengendarai kendaraan off road. Pengelola wisata menyediakan kendaraan trail, ATV, dan mobil jeep yang dapat disewa oleh pengunjung.

Lalu, pengunjung akan diajak untuk berkendara melewati medan terjal. Namun tak perlu khawatir, sebab setiap pengunjung akan dapatkan alat pengaman lengkap seperti helm dan lain-lainnya.

Selain kendaraan off road besar, pengelola wisata pun sediakan skuter. Kendaraan ini bisa berguna bagi pengunjung untuk jelajahi area sekitaran kawasan wisata. Jadi tak perlu capek-capek berjalan kaki.

  • Berfoto atau Selfie di Menara Pandang
Nawang Jagad Jogja3
Nawang Jagad Jogja3

Menara pandang adalah salah satu spot berfoto atau selfie favorit. Bangunannya mirip dengan panggung sangat tinggi dengan lantai kayu. Fungsinya untuk lihat pemandangan sekitar dari atas. Pengunjung dapat menaikinya lewat tangga yang sudah tersedia.

Melalui menara pandang, para pengunjung bisa melihat panorama lebih menarik. Pemandangan pepohonan hijau yang sangat rimbun. Ada pula pemandangan aliran sungai indah dari atas.

Fasilitas dari Wisata Nawang Jagad

Nawang Jagad mempunyai fasilitas wisata alam cukup lengkap. Ada area camping, area piknik, VIP camp, area meeting, serta area parkir. Ada pula fasilitas bangunan menara pandang dan pos jaga. Lalu yang paling penting adalah ada toilet umum serta mushola untuk pengunjung beribadah.

Baca Juga :  Lava tour wisata favorit Kaliadem Sleman Jogjakarta

Selain itu, tempat berkemah juga mempunyai banyak fasilitas pendukung. Seperti api unggun, stop kontak, serta air keran pada setiap spot camping. Pada sejumlah spot pun ada fasilitas hammock, bean bag, serta kursi taman. Lalu, ada pula fasilitas pendopo serta kantin untuk para pengunjung.

Lokasi Wisata Nawang Jagad

Area camping serta piknik ini berlokasi di Jl. Nawang Jagad, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Dari pusat Kota Jogja ke wisata Nawang Jagad akan menempuh jarak sekitar 28 km. Jika menggunakan kendaraan bermotor akan memakan waktu kurang lebih 1 jam.

Akses menuju lokasi wisata pun cukup mudah. Sebab jalan sudah bagus serta beraspal. Kendaraan mobil serta motor juga bisa masuk hingga ke area parkir.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan