Lompat ke konten
Home » Wisata » Menantang Keberanian, Coba Sensasi Caving Goa Gelatik

Menantang Keberanian, Coba Sensasi Caving Goa Gelatik

Caving Goa Gelatik5 (1)

Indonesia baru-baru ini memiliki julukan baru, yakni “Negara Tersantai Di Dunia”, tapi yang dimaksud tersantai sebetulnya adalah negara yang memiliki beragam pariwisata.

Tak dapat dipungkiri jika Indonesia memang memiliki banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Seperti di Jawa Tengah, ada sangat banyak kekayaan alam indah serta sangat berpotensi jadi pariwisata dunia.

Berpetualang Seru di Goa Gelatik

Di kesempatan ini, akan dibahas wisata Goa Gelatik. Tempat wisata ini masih sangat alami serta asri.

Seperti namanya, Goa Gelatik dahulunya banyak burung gelatik. Wisata Goa Gelatik ini dulu dipakai untuk bertapa para ahli spiritual serta menjadi tempat menenangkan diri.

Lokasi dari Goa Gelatik

Jika Anda adalah wisatawan yang sedang liburan dan berkunjung ke Jawa Tengah, maka dapat datang ke tempat ini.

Lokasi tempat wisata ini tidak sulit dicapai, tapi mudah sekali serta terjangkau. Lokasi ini memang tak begitu dekat dari pusat Kota Jogja.

Apabila Anda ingin ke tempat wisata ini, maka Anda dapat ke Kabupaten Gunung Kidul. Anda dapat langsung cari ke Gunungbang, Bejiharjo. Anda dapat bertanya dengan orang sekitar jika masih susah menemukan lokasi tempat wisata.

Baca Juga :  Wisata Pari Bendo Lawang, Sajian Alam Penuh Keceriaan

Lokasi Goa Gelatik dekat Monumen Panglima Soedirman Gunung Kidul, sehingga Anda dapat mudah sekali menemukannya.

Rute ke Goa Gelatik

Jika Anda ingin ke Goa Gelatik, tempat wisata ini jadi tempat yang mudah sekali dicapai karena sudah punya jalanan layak dilewati.

Namun memang, untuk datang ke tempat wisata ini masih ada jalanan berbelok serta naik-turun. Pastinya walaupun layak dilalui, tapi Anda tetap harus hati-hati.

Jika Anda dari pusat Kota Yogyakarta (0 km), Anda dapat langsung ke arah timur menuju ke jalan Panembahan Senopati dan lalu jalan terus sampai menemukan perempatan ke selatan dengan melewati Jalan Gedong Kuning sampai menemukan perempatan yang pertama, langsung ambil arah timur dan cari Jalan Wonosari.

Anda bisa jalan sampai temukan tanjakan hingga ketemu pertigaan, Anda dapat ambil jalan ke Goa Pindul. Anda dapat terus ikuti jalan dan Anda akan temukan lokasi Goa Gelatik.

Anda dapat lakukan perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk

Goa Gelatik adalah wisata alam yang dapat dikunjungi. Oleh karena itu, wisata alam yang tak butuhkan banyak biaya operasional, tapi tetap dibutuhkan biaya untuk jaga tempat wisata ini. Itulah alasan mengapa tempat wisata ini masih butuhkan tiket masuk Goa Gelatik.

Baca Juga :  Paddy City Resort indah dan Romantis

Namun, tiket masuk ke tempat wisata ini tak dipatok harga mahal, relatif murah sekitar Rp. 30.000/orang. Dengan harga tiket masuk yang segitu, Anda bisa susuri Goa Gelatik yang mempesona.

Untuk Anda yang bawa kendaraan sendiri, tak perlu khawatir karena di tempat wisata ini pun terdapat area parkir kendaraan. Anda hanya perlu membayar Rp. 2.000 untuk motor, Rp. 5.000 untuk mobil, dan Rp. 10.000 untuk minibus, dan lain seterusnya.

Namun, jika datang ke sini, Anda harus perhatikan jam operasional atau jam buka. Untuk jam operasional tempat wisata sendiri adalah pukul 08.00 – 17.00 WIB. Jam operasional tersebut untuk menghindari berbagai hal tak diinginkan.

Fasilitas-Fasilitas Tempat Wisata Goa Gelatik

Selain goa dan stalaktit dan stalagmit cantik yang bisa Anda lihat di sini, ada banyak fasilitas yang bisa dinikmati.

  1. Parkir kendaraan, untuk Anda yang bawa kendaraan sendiri bisa menitipkannya dengan aman.
  2. Pelindung kepala untuk keselamatan.
  3. Senter untuk penerangan saat masuk di dalam goa
  4. Tabung oksigen
  5. Pemandu
  6. Minuman
  7. Plastik untuk lindungi ponsel
  8. Loker (harganya tidak termasuk harga tiket masuk, menyewa loker harus membayar Rp. 2.000)
  9. Hotspot
Baca Juga :  Eksotisme Air Terjun Toroan rasa pantai di Sampang
Caving Goa Gelatik

Nah, itulah salah satu tempat wisata menarik yang harus coba Anda kunjungi saat liburan di Jogja dan Jawa Tengah, atau Anda warga Jogja dan sekitarnya bisa juga menjadikan Goa Gelatik sebagai destinasi wisata saat liburan akhir pekan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan