Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Lele Goreng Sambal Terasi, Menu Pecelan Khas Jawa yang Menggugah Selera

Resep Lele Goreng Sambal Terasi, Menu Pecelan Khas Jawa yang Menggugah Selera

Lele Goreng Sambal Terasi

Resep lele goreng sambal terasi

Resep lele goreng sambal terasi menjadi kuliner yang tepat saat Anda ingin menyantap menu pecelan, tetapi dengan porsi lebih banyak.

Daripada membelinya di lua sana dan harus mengeluarkan uang ekstra, lebih baik membuat serta memasaknya saja di rumah. Lagipula, semua bahan dan bumbunya bisa didapatkan dengan mudah serta harganya terjangkau terutama di pasar tradisional.

Bahan utamanya ikan lele yang banyak penjualnya. Jika membelinya, jangan lupa meminta penjualnya menyembelih dan membersihkan ikannya sekalian.

Dengan begitu, Anda tidak perlu repot lagi saat memasaknya di rumah. Selain lele goreng, pecelan yang satu ini memakai pelengkap sambal terasi.

Dijamin mantul dan banyak menghabiskan nasi. Oleh karenanya, silahkan membaca dulu resep lele goreng sambal terasi berikut untuk dipraktikkan di rumah.

Bahan-bahan

  • 500 gram ikan lele segar ukuran sedang
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • 1 bungkus bumbu marinasi siap pakai
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bahan untuk sambal terasi

  • 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  • 3 buah cabai merah besar
  • 1 sendok teh terasi
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • ½ buah jeruk nipis
Baca Juga :  Martabak Nasi Solusi Saat Anak Tidak Mau Makan

Bahan pelengkap

  • 1 buah mentimun dikupas dan dipotong-potong
  • Potongan kol secukupnya
  • Daun kemangi secukupnya

Cara memasak lele goreng sambal terasi

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep lele goreng sambal terasi dengan langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Meskipun sudah dibersihkan dan disembelih oleh penjualnya, tetapi Anda tetap harus membersihkan lagi semua ikan lele di bawah air mengalir. Setelah itu, masukkan semuanya ke dalam wadah baskom bersih.
  2. Beri garam dan perasan jeruk nipis, lalu aduk sebentar. Diamkan sekitar 10 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah itu, bilas semua ikan lele dengan air bersih.
  3. Masukkan lagi semua ikan lele ke dalam wadah baskom bersih, lalu beri bumbu marinasi siap pakai yang sudah disiapkan. Beri sedikit air, lalu aduk merata. Diamkan sekitar 15 menit hingga bumbu meresap.
  4. Setelah 15 menit, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ikan lele. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan satu per satu ikan lele ke dalam minyak.
  5. Goreng diatas api kompor sedang saja hingga berwarna kecoklatan dan garing. Jangan lupa dibolak-balik agar kematangannya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  6. Sambil menunggu lele goreng mendingin, silahkan Anda membuat sambal terasi. Caranya, siapkan cobek atau chopper terlebih dulu. Setelah itu, haluskan semua cabai dengan tambahan garam, gula pasir, dan terasi.
  7. Setelah sambal sudah halus dan lembut, beri perasan jeruk nipis. Aduk merata sebentar.
  8. Waktunya plating. Siapkan sebuah piring saji besar, lalu letakkan semua lele goreng yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan irisan mentimun, kol, dan daun kemangi sebagai lalapannya. Siapkan juga sebuah mangkuk kecil untuk wadah sambal terasi. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat untuk segera menyantapnya sebagai lauk.
Baca Juga :  Resep dan Cara Pembuatan Rendang Tempe yang Enak

Sekarang, Anda sudah mengetahui resep lele goreng sambal terasi selengkapnya. Tidak begitu sulit mempraktikkannya di rumah dan sangat cocok menjadi lauk makan siang atau malam.

Lihat video membuat Lele Goreng Sambal Terasi

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan