Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Dijamin Resep Gurame Goreng Bumbu Taliwang Sedap dan Mantap untuk Disantap

Dijamin Resep Gurame Goreng Bumbu Taliwang Sedap dan Mantap untuk Disantap

Gurame Goreng Bumbu Taliwang1

Resep gurame goreng bumbu taliwang

Resep gurame goreng bumbu taliwang begitu spesial bukan karena bahan utamanya saja, tetapi juga bumbunya. Bahan utamanya adalah ikan gurame yang dagingnya tebal, lembut, dan gurih setelah digoreng matang.

Apalagi ada tambahan bumbu taliwang untuk siramannya. Bumbu yang satu ini biasanya identik dengan ayam bakar dan sudah populer seantero Indonesia.

Tidak perlu membeli menu kuliner ini karena mungkin jarang warung atau rumah makan yang menjualnya. Jika ada, sangat mungkin harganya cukup mahal.

Oleh karenanya, lebih baik Anda memasaknya saja di rumah dengan daftar bahan dan bumbu yang sudah ditentukan. Sementara untuk cara memasaknya, silahkan membaca terlebih dulu resep gurame goreng bumbu taliwang selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  • 1 – 2 ekor ikan gurame segar ukuran sedang
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 bungkus bumbu marinasi ikan goreng siap pakai
  • 7 sendok makan santan kental
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng dan menumis

Bumbu yang dihaluskan

  • 5 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 butir kemiri disangrai
  • 2 cm kunyit disangrai
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
Baca Juga :  Memasak Resep Ayam Bakar Bumbu Ungkep Merica Hitam untuk Lauk Makan Siang Sekeluarga

Cara memasak gurame goreng bumbu taliwang

Setelah Anda menyediakan semua bahan dan bumbu diatas dengan lengkap, silahkan segera mempraktikkan cara memasak resep gurame goreng bumbu taliwang dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan gurame yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua sisik di tubuhnya dan kotoran di bagian insang serta perutnya. Setelah itu, masukkan ikan gurame ke dalam wadah baskom bersih.
  2. Beri perasan jeruk nipis dan tambahkan bumbu marinasi ikan goreng. Aduk merata sebentar, lalu diamkan sekitar 15 hingga bumbunya meresap.
  3. Sambil menunggu ikan gurame dimarinasi, Anda bisa memasak bumbu taliwang. Caranya, panaskan dulu wajan penggorengan dan beri minyak goreng sekitar 3 sendok makan.
  4. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum. Tuangkan santan kental, lalu masak hingga mendidih dan mengental. Matikan kompor dan sisihkan dulu bumbunya.
  5. Selanjutnya, siapkan lagi wajan penggorengan bersih dan panaskan di atas api kompor sedang. Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan agak banyak untuk menggoreng ikan gurame.
  6. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan ikan gurame yang sudah dimarinasi ke dalamnya. Goreng hingga berwarna kecoklatan dan matang. Jangan lupa membolak-balik ikannya agar kematangannya merata.
  7. Setelah matang, angkat ikan gurame goreng dan tiriskan. Sisihkan dulu beberapa saat agar mendingin.
  8. Siapkan sebuah piring saji, lalu letakkan ikan gurame goreng yang sudah matang diatasnya. Setelah itu, siram bumbu taliwang diatasnya. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk.
Baca Juga :  Mencicipi Tahu Kupat Khas Solo yang Manis, Pedas, dan Gurih

Dijamin masakannya sedap dan mantul. Silahkan Anda buktikan sendiri resep gurame goreng bumbu taliwang diatas. Setelah matang, sangat cocok disantap beramai-ramai untuk menu makan siang.

Lihat video membuat Gurame Goreng Bumbu Taliwang

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan