Lompat ke konten
Home » Wisata » 4 Fakta Unik Air Terjun Madakaripura: Destinasi Wisata Favorit Para Bule di Probolinggo

4 Fakta Unik Air Terjun Madakaripura: Destinasi Wisata Favorit Para Bule di Probolinggo

Destinasi Wisata Favorit Para Bule di Probolinggo

Destinasi Wisata Favorit Para Bule di Probolinggo

Air Terjun Madakaripura tetap menjadi primadona bagi wisatawan, baik yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri. Hal ini disebabkan oleh pesona Air Terjun Madakaripura yang menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Timur, khususnya di wilayah Probolinggo dan sekitarnya.

Tidak hanya Gunung Bromo, yang merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Air Terjun Madakaripura juga memiliki pesona alam yang dapat memanjakan mata dan meremajakan pikiran setelah penat dengan rutinitas kerja.

Selain dikenal sebagai air terjun keabadian, Air Terjun Madakaripura yang terletak di lereng Gunung Bromo ini ternyata juga memiliki beberapa fakta unik yang menarik.

Berikut adalah empat fakta unik tentang Air Terjun Madakaripura, Kabupaten Probolinggo:

1. Air Terjun yang Tersembunyi di Lereng Gunung Bromo

Air Terjun Madakaripura terletak di perbatasan antara Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Pasuruan. Wisatawan biasanya memilih jalur Probolinggo untuk mencapai Air Terjun Madakaripura karena jalur ini lebih mudah dilalui.

Baca Juga :  Liburan ke Danau Linting, Inilah Lokasi, Fasilitas, dan Daya Tariknya

Dengan ketinggian mencapai 1.000 meter di atas permukaan laut, udara sejuk dan air yang dingin di Air Terjun Madakaripura sangat disukai oleh wisatawan yang datang. Meskipun perjalanan menuju spot air terjun bisa cukup jauh, pengalaman sejuk dan air yang jernih di sekitar Air Terjun Madakaripura membuat perjalanan terasa sangat menyenangkan.

2. Air Terjun Tertinggi di Pulau Jawa

Terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, Air Terjun Madakaripura dianggap sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan menduduki peringkat kedua tertinggi setelah Air Terjun Sigura-gura. Tiket masuk sangat terjangkau, yaitu Rp22.000 untuk wisatawan domestik dan Rp44.000 untuk wisatawan asing, sudah termasuk fasilitas dan perlengkapan keselamatan lengkap dari pengelola wisata.

Perjalanan menuju air terjun ini memerlukan waktu sekitar 60 menit dengan berjalan kaki, namun Anda tidak akan merasa bosan karena selama perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan indah. Ada banyak gugusan perbukitan dan hutan yang masih asri, yang tentunya memberikan kontribusi positif terhadap keberlangsungan ekosistem alam.

Baca Juga :  Telogo Sewu Pandaan, Fasilitas Memanjakan Bikin Capek Hilang

3. Tebing Berbentuk Gugusan Curug Mirip Green Canyon

Salah satu keunikan Air Terjun Madakaripura adalah bentuk tebing di sekitarnya yang menyerupai curug, menciptakan kesan seolah pengunjung berada di dalam sebuah botol. Selain itu, air yang mengalir dari air terjun seringkali menangkap cahaya, menciptakan pelangi dan menambahkan keindahan alam yang masih alami.

4. Debit Air Melimpah yang Dijuluki Air Terjun Abadi

Air Terjun Madakaripura memiliki debit air yang melimpah sepanjang tahun, bahkan selama musim kemarau sekalipun. Banyak yang menghubungkan keunikan ini dengan sejarah masa lalu. Selain itu, air terjun ini juga memiliki sumber air yang jernih dan sejuk, sangat cocok untuk berenang dan bermain air.

Air Terjun Madakaripura tetap menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Jawa Timur. Semoga Anda dapat menjelajahi keajaiban alam ini dengan baik dan mematuhi aturan keamanan selama kunjungan Anda.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan