Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Kue Nastar Kurma Istimewa untuk Lebaran

Membuat Kue Nastar Kurma Istimewa untuk Lebaran

Membuat Kue Nastar Kurma Istimewa (2)

Membuat Kue Nastar Kurma Istimewa

Bahan-bahan

  1. 125 gr butter, saya hollman
  2. 125 gr margarin, saya blueb*nd
  3. 2 butir kuning telur
  4. 50 gr gula halus, saya gulpas diblender
  5. 2 sdm susu bubuk
  6. 350 gr tepung terigu
  7. Isian : kurma 300 gr dan air
  8. Olesan : 1 kuning telur dan 1 sdm minyak sayur

Langkah-langkah Membuat Kue Nastar Kurma Spesial

  1. Untuk membuat kue nastar kurma spesial, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya. Untuk adonannya membutuhkan tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena, baking powder, margarin, gula pasir, dan kuning telur[1]. Untuk isian selai kurma, Anda membutuhkan kurma tanpa biji, air, air jeruk nipis, bubuk kayu manis, dan gula pasir[2]. Ayak semua bahan kering untuk adonan dan sisihkan. Kocok margarin dan gula hingga tercampur rata, lalu tambahkan kuning telur dan aduk kembali. Campurkan bahan kering dengan campuran margarin lalu aduk hingga adonan bisa dibentuk.
  2. Langkah selanjutnya adalah membuat isian selai kurma. Potong kurma tanpa biji menjadi potongan-potongan kecil dan masukkan ke dalam panci berisi air, jus lemon, bubuk kayu manis, dan gula [3]. Masak dengan api sedang hingga adonan mengental dan menjadi seperti selai. Sisihkan hingga dingin. Lalu ambil sebagian adonan, bulatkan dan pipihkan. Isi bagian tengahnya dengan isian selai kurma dan bentuk menjadi bola kecil[4]. Ulangi proses ini hingga seluruh adonan dan isian selai kurma habis.
  3. Langkah terakhir adalah merakit dan memanggang kue nastar kurma. Panaskan oven terlebih dahulu hingga 150°C. Ambil adonan berbentuk bola-bola kecil berisi selai kurma dan letakkan di atas loyang yang dialasi kertas roti[5]. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 20 menit atau sampai kue berubah warna menjadi coklat keemasan[6]. Setelah selesai, keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin sebelum disajikan. Kue nastar kurma spesial ini memiliki tekstur lembut dengan rasa gurih dan manis sehingga cocok dijadikan suguhan di segala acara[2].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Rencanakan ke Depan** – Sebelum membuat kue nastar kurma spesial, rencanakan terlebih dahulu untuk memastikan Anda memiliki semua bahan dan peralatan yang diperlukan. Ini akan membantu Anda menghindari perjalanan di menit-menit terakhir ke toko dan memastikan proses memanggang lancar.

Baca Juga :  Cocok untuk Vegetarian, Resep Lasagna Bayam Praktis dan Enak

**Gunakan Tanggal Berkualitas Tinggi** – Investasikan pada kurma berkualitas tinggi untuk kue nastar kurma spesial Anda untuk meningkatkan rasa dan tekstur. Carilah kurma segar dan montok yang lembab dan manis. Kurma medjool adalah pilihan populer karena rasanya yang kaya dan seperti karamel.

**Penanganan Adonan yang Benar** – Saat mengolah adonan kue nastar kurma, tangani dengan hati-hati agar tidak keras. Mengolah adonan secara berlebihan dapat menghasilkan produk akhir yang padat dan kurang beraroma. Gunakan sedikit sentuhan saat membentuk adonan di sekitar isian kurma.

**Menyeimbangkan Manisnya** – Perhatikan manisnya isian kurma dan sesuaikan jumlah gula pada adonan. Jika kurma sangat manis, Anda mungkin ingin mengurangi gula dalam adonan untuk mendapatkan profil rasa yang seimbang.

**Penyimpanan dan Penyajian** – Simpan kue nastar kurma dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegarannya. Pertimbangkan untuk melapisi kue dengan kertas roti agar tidak lengket. Saat disajikan, padukan kue dengan secangkir teh atau kopi panas untuk melengkapi kekayaan kurma. Dengan mengikuti tips dan praktik terbaik berikut ini, Anda dapat membuat kue nastar kurma spesial yang lezat dan akan mengesankan keluarga dan teman Anda.

Baca Juga :  Resep Pepes Ikan Bilis Khas Aceh, Lauk Makan Siang yang Tidak Pernah Gagal Bikin Selera Meningkat

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue nastar kurma spesial? A: Bahan-bahan kue nastar kurma spesial biasanya antara lain tepung terigu, mentega, gula halus, kuning telur, esens vanila, keju cheddar parut, kurma, dan susu.

Q: Bagaimana cara menyiapkan adonan kue nastar kurma spesial? A: Untuk menyiapkan adonan, mulailah dengan mencampurkan tepung terigu, mentega, gula halus, dan kuning telur hingga menjadi adonan halus. Kemudian tambahkan esens vanilla dan keju cheddar parut untuk menambah cita rasa. Terakhir, tambahkan sedikit susu agar adonan lebih mudah diolah.

Q: Bagaimana proses pembuatan dan pembuatan kue nastar kurma spesial? A: Setelah adonan siap, ambil sebagian kecil lalu pipihkan hingga berbentuk bulat kecil. Tempatkan kurma di tengahnya dan bungkus adonan di sekelilingnya hingga membentuk bola. Setelah semua bola dibuat, susun di atas loyang dan panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sampai berwarna coklat keemasan.

Q: Bisakah saya menyesuaikan resep kue nastar kurma spesial dengan preferensi diet saya? A: Ya, Anda dapat menyesuaikan resepnya dengan menjadikannya bebas gluten atau vegan. Anda dapat mengganti tepung biasa dengan tepung bebas gluten dan menggunakan alternatif mentega nabati dan susu non-susu agar cocok untuk pola makan vegan.

Q: Bagaimana cara menyimpan kue nastar kurma spesial setelah dipanggang? A: Setelah kue nastar kurma spesial sudah dingin, simpan dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan. Biasanya dapat disimpan selama beberapa hari, tetapi jika Anda ingin menyimpannya lebih lama, disarankan untuk menyimpannya di lemari es.

Baca Juga :  Resep Ayam Cipera Khas Sumatera Utara, Kuliner Khas Suku Karo yang Selalu Dihidangkan di Acara-acara Penting

Referensi : 

1.   10 Resep Kue Kurma yang Enak untuk Camilan Lebaran.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari hellosehat.com 

2.   Resep Nastar Kurma Lembut dan Manis, Mudah ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.merdeka.com 

3.   Nastar Kurma.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.tribunnewswiki.com/2022/05/03/nastar-kurma 

4.   Bentuknya Unik Menarik Banyak Perhatian, Resep Nastar ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.inidata.id 

5.   Resep Kue Nastar Kurma yang Lezat Anti Gagal, Cocok ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari beritadiy.pikiran-rakyat.com 

6.   Resep Nastar Kurma, oleh Diah Kartika.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com/id/resep/12390410-nastar-kurma 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan