Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Nasi Krawu Khas Gresik: Bikin Nagih di Rumah!

Resep Nasi Krawu Khas Gresik: Bikin Nagih di Rumah!

Resep Nasi Krawu Khas Gresik_ Bikin Nagih di Rumah!

Nasi Krawu Gresik, siapa yang nggak kenal? Rasanya yang gurih, aroma rempah yang khas, dan tekstur nasi yang pulen bikin siapapun ketagihan. Kalian pasti penasaran, kan, gimana sih rasanya? Yuk, kita bahas lebih lanjut tentang kuliner legendaris Gresik ini!

Cara Membuat Nasi Krawu Khas Gresik

Bahan-bahan:

  • Untuk nasi:
    • 2 cangkir beras putih
    • 2 lembar daun salam
    • 2 lembar daun jeruk
    • 1 batang serai, memarkan
    • 2 cm jahe, memarkan
    • 2 cm lengkuas, memarkan
    • 1 sdt garam
    • 2 sdm minyak goreng
  • Untuk bumbu:
    • 5 siung bawang merah, cincang halus
    • 3 siung bawang putih, cincang halus
    • 1 sdt ketumbar bubuk
    • 1/2 sdt kunyit bubuk
    • 1/2 sdt jintan bubuk
    • 1 batang serai, memarkan
    • 2 cm jahe, memarkan
    • 2 cm lengkuas, memarkan
    • 1 buah cabai merah besar, iris serong
    • 1 buah cabai rawit merah, iris serong
    • 1 lembar daun salam
    • 1/2 sdt garam
    • 1/2 sdt gula pasir
    • 1 sdt kaldu bubuk
    • 2 sdm minyak goreng
  • Untuk pelengkap:
    • 100 gr daging sapi, suwir
    • 50 gr telur ayam, rebus
    • 50 gr ayam suwir
    • 1 buah tomat, potong dadu
    • 1 buah mentimun, potong dadu
    • 100 gr tauge, rebus
    • 100 gr kacang panjang, rebus
    • Bawang goreng, iris tipis
    • Kerupuk, sesuai selera
Baca Juga :  Resep Makanan Lele Goreng Jengkol Balado

Cara Membuat:

  1. Membuat nasi:
    • Cuci bersih beras hingga airnya jernih.
    • Tumis bumbu nasi (daun salam, daun jeruk, serai, jahe, lengkuas, dan garam) dengan minyak goreng hingga harum.
    • Masukkan beras, aduk rata.
    • Tuang air secukupnya (rasio 2:1 beras:air), aduk rata.
    • Masak dengan api kecil hingga air menyusut dan nasi matang.
  2. Membuat bumbu:
    • Tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, jintan) dengan minyak goreng hingga harum.
    • Masukkan serai, jahe, lengkuas, cabai merah, cabai rawit, daun salam. Tumis hingga layu.
    • Masukkan daging sapi, aduk rata.
    • Tambahkan garam, gula, kaldu bubuk. Aduk rata.
    • Tuang air secukupnya, masak hingga daging empuk.
  3. Penyajian:
    • Tata nasi krawu di piring.
    • Tuang bumbu daging di atas nasi.
    • Tata pelengkap seperti telur rebus, ayam suwir, tomat, mentimun, tauge, dan kacang panjang di atas nasi.
    • Taburi bawang goreng dan kerupuk.
    • Nasi krawu siap disajikan.
Baca Juga :  Resep Ikan Lele Bakar, Nikmatnya Mirip Restoran Mewah

Nasi krawu khas Gresik, nih, makanan enak banget yang wajib kamu coba kalau ke Gresik. Rasanya gurih dan pedasnya pas, ditambah sambalnya yang super pedas bikin nagih. Isinya lengkap, ada daging sapi empuk, telur, tauge, dan tahu yang dibumbui dengan rempah-rempah khas. Biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan kerupuk, cocok banget buat makan siang atau makan malam. Oh iya, jangan lupa cobain juga nasi krawu yang dibungkus daun pisang, rasanya makin otentik dan nikmat!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info