Indahnya Desa Wisata Ketenger Banyumas!!! Harga tiket + Lokasi

Desa Wisata Ketenger 

Desa Wisata Ketenger
Suasana asri, nyaman dan damai di Desa Wisata Ketenger

Seperti yang sudah topwisata bahas sebelumnya tentang keindahan wisata di kawasan wisata Baturraden yang begitu memikat hati. Nah kali ini mimin akan bahas tempat wisata lainnya yang ada di sekitar wisata Baturaden, tentunya tempat wisata ini sangatlah indah.

Sebelum ke pembahasan, topwisata kasih referensi tempat wisata apa saja sih yang ada di sekitar Baturaden.



Nah itu tadi tempat wisata yang berada di sekitar ikon wisata Banyumas. Kali ini topwisata akan membahas tentang tempat wisata indah lainya di Banyumas yaitu Desa Wisata Ketenger Baturraden.

Mungkin sebagian topwisata lovers belum mengetahui ya tentang tempat wisata alam pedesaan yang sangat memukau ini. Desa Wisata Ketenger adalah salah satu desa mandiri yang sukses mengubah tatanan desa menjadi tempat wisata yang layak untuk dikunjungi, seperti halnya Desa Wisata yang ada di Malang yaitu Desa Wisata Pujon Kidul.


Desa Wisata Ketenger ini menyajikan paket wisata yang lengkap seperti air terjunnya, keindahan aliran sungai yang begitu jernih, nuansa alam yang begitu menyejukkan hingga keramah tamahan masyarakat Desa Wisata Ketenger.

Terletak di kaki Gunung Slamet, pantas saja tempat wisata ini memiliki udara yang sejuk. Pokoknya seru deh untuk berwisata bersama sahabat, pasangan dan keluarga.

Nah, jika topwisata lovers penasaran dengan Desa Wisata Ketenger. Yuk simak ulasan topwisata berikut.

Lokasi wisata Desa Wisata Ketenger


Lokasi wisata Desa Wisata Ketenger ini terletak di alamat Dusun II Ketenger, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151.

Untuk mencapai ke tempat wisata Desa Wisata Ketenger ini tidaklah sulit ya kawan, kalian bisa menggunakan GPS ataupun petunjuk jalan. Topwisata lovers bisa menggunakan Jalan Raya Padamara, hingga bertemu tugu pertigaan, belok kanan. Kemudian sampai bertemu pertigaan besar Pabuaran belok kanan menuju Baturraden. Sebelum tanjakan ke Terminal Baturraden ada gapura di sisi kiri jalan akan bertemu Desa Ketenger.

Tempat Desa Wisata Ketenger ini tidak jauh dari pusat kota banyumas kok, kalian cukup menempuh perjalanan sejauh 28 kilometer atau membutuhkan waktu tempat 45 menit saja.

Mungkin kalian masih bingung ya dengan lokasi wisata ini, tenang saja. Topwisata akan share lokasinya kok.



Harga tiket masuk dan jam buka Desa Wisata Ketenger


Umtuk memasuki kawasan Desa Wisata Ketenger ini, kalian tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam kok topwisata lovers. Para pengunjung cukup membayar tarif sebesar Rp 5.000 saja per orang. Sangat murah sekali bukan, dengan menikmati suasana alam yang begitu asri, indah dan menyejukkan kalian cuma mengeluarkan biaya Rp 5.000 saja per orang sekali masuk.

Kemudian ada juga biaya tambahan lainnya seperti parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000 dan kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000. Worth it deh topwisata lovers.

Jam buka tempat wisata Desa Wisata Ketenger ini mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 18.00, dan buka setiap hari ya. Biasanya para pengunjung menghabiskan waktunya di tempat wisata Desa Wisata Ketenger ini kurang lebih 2 jam.

Jam kunjungan wisata paling populer antara pukul 14.00 sampai dengan pukul 16.00 pada hari minggu. Nah, jika topwisata lovers ingin leluasa berswafoto sembari menikmati keindahan alam Desa Wisata Ketenger, sebaiknya hindari deh jam kunjung tersebut.

Harga tiket masuk Desa Wisata Ketenger

  • Weekday Rp 3.000
  • Weekend Rp 5.000
  • Parkir kendaraan roda dua Rp 2.000
  • Parkir kendaraan roda empat Rp 5.000
  • Jam buka 07.00 - 18.00
  • Hari buka Senin - Minggu
  • Fasilitas Home Stay /  Villa Rp 300.000 - Rp 1.000.000

Apa saja sih yang menarik di Desa Wisata Ketenger


Kalau bilang yang menarik dari tempat wisata Desa Wisata Ketenger ini sangatlah banyak ya topwisata lovers. Tempat wisata ini punya beragam wahana alam yang begitu beragam mulai dari Air Terjun / Curug seperti Curug Gede, Curug Kembar, Curug Bayan, Curug Celiling. Kemudian ada juga seperti homestay yang bisa kamu sewa permalam sembari menikmati keindahan pagi, siang, sore dan malam desa wisata Ketenger.

Bahkan ada beberapa traveler topwisata yang menyebut kalau Desa Wisata Ketenger ini mirip dengan suasana desa di eropa-eropa sana lo. Nah makin penasaran bukan tentang keindahan apa saja di Desa Wisata Ketenger, yuk geser scroll kebawah.

1. Keindahan alam Desa Wisata Ketenger

Desa Wisata Ketenger
Aliran sungai di sekitar tempat Desa Wisata Ketenger

Kalau kalian melihat foto-foto instagramable Desa Wisata Ketenger Banyuasin ini memang membuat banyak orang tertarik dan sangat ingin sekali mengunjungi tempat wisata ini. Memang sih, tempat wisata Desa Wisata Ketenger sangat mirip dengan pedesaan di Swiss sana.

Mempunyai pemandangan yang indah, alam yang asri, aliran sungai yang masih terawat dan jernih serta keramah tamahan masyarakat sekitar yang menyambut wisatawan.

Begitu memasuki kawasan desa wisata ini, udara sejuk langsung menyapa setiap wisatawan yang datang. Pepohonan hijau dan aneka bunga dengan warna cerah juga siap menyambut kedatangan Anda.
Desa Wisata Ketenger
Berswafoto di curug jenggala Desa Wisata Ketenger


Disampaing itu, kalian juga bisa menikmati suasana kesegeran berendam di curug yang ada di Desa Wisata Ketenger. Tidak tanggung-tanggung ada lebih dari 4 air terjun disini seperti Curug Gede, Curug Kembar, Curug Bayan, Curug Celiling dan Curug Jenggala.

Banyak dari traveler yang berkunjung kesini, pasti juga ingin berendam dan mengabadikan momen di suasana air terjun yang indah tadi.

Nah kapan nih topwisata lovers datang ke tempat wisata Desa Wisata Ketenger,

2. Banyak sekali terdapat wisata edukasi dan seni budaya

Desa Wisata Ketenger
Rel Roli sebagai pengangkut hasil hutan peninggalan belanda di Desa Wisata Ketenger

Disamping kalian menikmati suasana alam pedesaan yang indah di Desa Wisata Ketenger. Kalian juga bisa berwisata edukasi seni dan budaya disini. Desa Wisata Ketenger dulunya adalah sebuah situs peninggalan belanda di masa lampau.

Terdapat banyak sekali jejak-jejak peninggalannya seperti Rel Lori yang biasa digunakan sebagai pengangkut hasil hutan pada zaman Belanda. Di tempat Rel Lori ini juga, kalian bisa mengabadikan momen-momen indah lo, karena suasananya begitu instagramable banget kawan.
Desa Wisata Ketenger
Seni budaya kuda lumping di Desa Wisata Ketenger

Disamping mempelajari situs-situs belanda, kalian juga bisa mengenal kesenian daerah khas Desa Wisata Ketenger seperti Ebeg atau kuda lumping dan orkes melayu. Ini merupakan atraksi orang menaiki kuda mainan yang terbuat dari anyaman bambu.

Salah satu kesenian andalan Ketenger adalah seni begalan. Begalan adalah kombinasi antara seni tari dan lawak yang diiringi gamelan.

Berburu kuliner di Desa Wisata Ketenger juga mengasyikkan lo, banyak sekali pedangan dari masyarakat Desa Wisata Ketenger yang menjajakan dagangnnya disepanjang perjalannya kalian menyusuri Desa Wisata Ketenger seperti wedang jahe, pecel, nopia dan sate.. Ada sih penjual yang begitu menarik hati seperti tempe mendoan yang rasanya gurih, manis enak deh pokoknya.

Mungkin dari sebagian topwisata lovers ada yang hobi memancing ya, disini di Desa Wisata Ketenger juga menyediakan spot-spot memancing yang seru ya seperti kolam pancing. Jika topwisata lovers ingin menikmati suasana memancing yang lebih menantang.

Bisa mencoba spot memancing di Waduk Ketenger. Waduk ini merupakan salah satu sisa peninggalan zaman Jepang. Sekarang, waduk ini sudah diperbarui dan diperbaiki menjadi PLTA juga lokasi wisata air.

3. Homestay yang Nyaman dan Murah

Desa Wisata Ketenger
camping ground di Desa Wisata Ketenger

Lelah menyusuri tempat wisata yang indah di Desa Wisata Ketenger, ada baiknya kalian menikmati malam-malam disini dengan menginap di Homestay-Homestay murah khas Desa Wisata Ketenger. Homestay ini memang dikelola langsung oleh masyarakat sekitar Desa Wisata Ketenger.

Desa Wisata Ketenger
Fasilitas Homestay Desa Wisata Ketenger yang nyaman
Sehingga perekonomian mereka juga menjadi lebih meningkat dan lebih sejahtera pastinya. Harga yang ditawarkan untuk sekali menginap per malam pun tidak terlampau mahal ya topwisata lovers.

Topwisata akan memberikan referensi tarif homestay di sekitar Desa Wisata Ketenger ini bekisar di Harga Rp 300.000 - Rp 1.000.000 tergantung fasilitas dan lokasi homestay nya ya.

Masih sangat terjangkau bukan, kalian bisa lebih leluasan dan nyaman menikmati keindahan Desa Wisata Ketenger tanpa harus keburu pulang karena sudah kemalaman.

Tak lengkap rasanya bila kembali ke kota asal tanpa membawa oleh-oleh. Beberapa kerajinan hasil warga Ketenger bisa Anda beli dan bawa pulang sebagai cinderamata, seperti kerajinan logam dan seni lukis dengan media kaca.

Bagaimana topwisata lovers, tentang ulasan Desa Wisata Ketenger diatas. Apakah kalian tertarik untuk mengunjungi Desa Wisata Ketenger di liburan akhir pekan kalian ?




TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA


0 Comments

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, jangan melakukan spamming ataupun yang merugikan banyak pihak.