Kamis, 25 Juni 2020

Nasi Kebuli Kambing, Mantap : Resep, Cara & Langkah

Nasi Kebuli Kambing




Menikmati sajian masakan Nasi Kebuli dengan taburan daging kambing yang maknyus tentu sangat menyenangkan bagi para pecinta kuliner ya. masakan ini memang memiliki citarasa yang begitu nikmat dan membuat orang banyak yang ketagihan.

Kalian juga bisa kok membuat Nasi Kebuli ini sendiri dirumah lo. Tentunya dengan berbagai bahan yang sangat mudah didapat juga, seperti Bawang Bombay, Daging Kambing, Kayu Manis dan masih banyak lagi.

Resep membuat Nasi Kebuli Kambing ini bisa kalian coba di rumah lo, mumpung masih WFH jadi tidak ada salahnya memanfaatkan berbagai bumbu yang ada di dapur dan memasaknya menjadi bahan makanan yang baru.

Nasi Kebuli Kambing ini juga menjadi salah satu makanan favorit di keluarga, makanya mimin coba bagikan pengalaman membuat nasi kebuli dirumah ya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat 4 piring Nasi Kebuli Kambing

  1. 4 cup beras
  2. 500 gr daging kambing ( sesuai selera )
  3. 1 bh bawang bombay, potong cincang menjadi kasar
  4. 12 btr bawang merah, potong cincang menjadi kasar
  5. 7 siung bawang putih, potong cincang menjadi kasar
  6. 5 btr kapulaga
  7. 1 btg kayu manis
  8. 3 bh pekak
  9. 3 btr cengkeh
  10. 5 sdm susu cair / santan
  11. 2 sdm saus tomat
  12. 1 sdm bubuk kari
  13. secukupnya Garam, gula dan air

Kemudian kalian juga harus menambahkan berbagai Bumbu yang dihaluskan :
6 bh cabe merah keriting
  1. 1/2 sdt adas
  2. 1/2 btr pala
  3. 1 sdt merica
  4. 1 sdt ketumbar

Nah, setelah bumbu-bumbu di atas sudah siap, kalian tinggal memperhatikan langkah-langkah untuk membuat Nasi Kebuli Kambing yang nikmat.

Langkah-langkah membuat Nasi Kebuli Kambing


  1. Pertama-tama cuci bersih beras yang kalian siapkan tadi hingga hilang semua sisa kulit dan kotorannya. rendam kurang lebih 5 menit dan keringkan
  2. Kemudian bersihkan daging kambing tadi dengan cara mencuci di air mengalir, dan rendam. setelah itu potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil. Bisa membuat potongan menjadi bentuk dadu atau menjadi bentuk lain yang kalian suka
  3. Siapkan bumbu-bumbu yang akan ditumis seperti Bawang, bumbu halus, kayu manis, cengkeh, pekak dan kapulaga. Kurang lebih 5 - 10 menit dengan api kecil sampai baunya harum.
  4. Setelah itu masukan daging yang sudah kalian cuci tadi dan tumis sampai berubah warna. Setelah itu tambahkan 1 sendok makan bubuk kari
  5. Jangan lama-lama menumis daging tadi, lalu tambahkan air secukupnya, santan, garam dan gula.
  6. Tumis daging sampai terlihat empuk, usahakan menambahkan air lebih banyak ya. Karena nanti sisa kaldu tumis daging akan dipergunakan untuk menanak nasi
  7. Tiriskan daging yang ditumis tadi, kemudian goreng daging tersebut kurang lebih 5 menit
  8. Langkah selanjutnya adalah menanak nasi. Kaldu hasil tumis daging tadi dipergunakan untuk menanak nasi, usahakan kaldu tadi rasanya sudah pas ya. Kalian bisa mencobanya dengan mencicipi. Karena kalau kaldunya kurang pas akan merubah rasa nasi kebulinya.
  9. Seperti memasak nasi pada umumnya, usahakan jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit untuk menanak nasinya.
  10. Kurang lebih 15 menit nasi kebuli sudah matang, dan siap untuk dihidangkan bersama keluarga. Kalian bisa menambahkan kerupuk dan acar biar lebih mantap.

Selamat mencoba




TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments