Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Ikan Gabus Pucung Khas Betawi, Dijamin goyang Lidah

Ikan Gabus Pucung Khas Betawi, Dijamin goyang Lidah

Ikan Gabus Pucung (1)

Resep ikan gabus pucung

Resep ikan gabus pucung merupakan salah satu kuliner khas Betawi yang hingga sekarang masih eksis di tengah masyarakat. Masakan ini mempunyai citarasa yang otentik dan menjadi identitas orang Betawi.

Meskipun sudah banyak menu kuliner Western maupun Asia, tetapi ikan gabus pucung masih tetap bertahan dengan mengandalkan keaslian rasanya. Ciri khasnya menggunakan bumbu kluwek yang berwarna hitam, seperti rawon.

Terutama Anda yang berdomisili di wilayah Jakarta dan sekitarnya bisa membeli atau memesan menu masakan ini di warung ataupun rumah makan Betawi.

Sementara Anda yang jauh dari Jakarta dan penasaran dengan rasa masakannya, tak perlu khawatir. Anda bisa memasaknya sendiri di rumah, lalu menyantapnya bersama seluruh anggota keluarga setelah matang.

Namun sebelumnya, silahkan membaca resep ikan gabus pucung selengkapnya berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 500 gram ikan gabus segar
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 10 buah cabai rawit atau sesuai selera
  4. 3 lembar daun salam
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. 2 batang serai digeprek
  7. 2 cm jahe digeprek
  8. 3 cm lengkuas digeprek
  9. 5 buah kluwek diambil isinya, lalu direndam air panas
  10. 1 buah tomat merah dipotong menjadi empat
  11. 1 sendok teh gula pasir
  12. 1 sendok teh garam
  13. 500 ml air matang
  14. Minyak goreng secukupnya
  15. Kaldu bubuk secukupnya
Baca Juga :  Resep Kepiting Kuah Sederhana, Gurih dan Lezat

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai merah kering
  4. 3 cm kunyit
  5. 4 buah kemiri
  6. ½ sendok teh biji ketumbar

Bahan pelengkap

  1. Irisan daun bawang secukupnya
  2. Bawang merah goreng secukupnya

Cara memasak ikan gabus pucung

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda dapat segera memasak resep ikan gabus pucung dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ikan gabus di bawah air mengalir. Buang semua kotoran ataupun sisik di tubuhnya. Jika ukurannya cukup besar, Anda dapat memotongnya menjadi dua bagian sesuai selera. Setelah itu, beri perasan jeruk nipis dan sedikit garam. Aduk merata dan diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menggoreng ikan gabus. Pastikan minyak goreng mencukupi hingga menenggelamkan ikan gabus. Jika sudah benar-benar panas, masukkan ikan gabus satu per satu ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan wajan penggorengan lagi dan kurangi minyak goreng di dalamnya hingga tinggal sedikit saja karena hanya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam, daun jeruk, batang serai, jahe, dan lengkuas. Tumis hingga layu.
  4. Setelah itu, tuangkan air matang dan air rendaman kluwek yang sudah disiapkan. Kecilkan api kompor dan aduk merata.
  5. Masukkan cabai rawit utuh dan potongan tomat ke dalam wajan. Lalu, bumbui dengan garam dan gula pasir. Aduk merata dan masak hingga mendidih.
  6. Masukkan potongan ikan gabus ke dalam wajan dan masak hingga kuah menyusut. Jangan lupa dicicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa masakan. Jika masih kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk lagi. Taburi irisan daun bawang sebelum mematikan kompor. Masakan ikan gabus pucung sudah matang dan siap disajikan.
  7. Siapkan mangkuk ukuran sedang untuk plating. Tuangkan masakan yang sudah matang diatas mangkuk. Taburi bawang merah goreng secukupnya agar lebih sedap. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Enaknya Soto Mie Bogor, Ternyata ini Resepnya

Itulah resep ikan gabus pucung khas Betawi yang dijamin mantul. Silahkan Anda coba memasaknya di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info