Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Ikan Gabus Pucung Khas Betawi yang Rasanya Gurih Pedas

Ikan Gabus Pucung Khas Betawi yang Rasanya Gurih Pedas

Ikan Gabus Pucung (3)

Resep ikan gabus pucung

Resep ikan gabus pucung merupakan masakan khas Betawi. Ikan gabus atau kutuk yang digoreng hingga matang, lalu dimasak lagi dengan bumbu pucung atau kluwek.

Bumbu yang sama digunakan dalam masakan rawon dengan ciri khas warna kuahnya hitam. Rasa masakan ikan gabus pucung gurih dan pedas, seperti kuliner khas Betawi lainnya.

Anda mungkin bisa menemukan dan memesan menu masakan ini di warung atau rumah makan khas Betawi. Harganya seporsinya cukup bersahabat.

Namun jika tidak bisa menemukan penjualnya dan Anda sangat penasaran dengan rasanya, lebih baik memasaknya sendiri di rumah.

Bahan dan bumbunya mudah didapatkan di pasar tradisional. Sementara untuk cara memasaknya, direkomendasikan Anda membaca resep ikan gabus pucung selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram atau sekitar 4 – 5 ekor ikan gabus segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 10 buah cabai rawit atau sesuai selera
  4. 3 lembar daun salam
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. 2 batang serai digeprek
  7. 2 cm jahe digeprek
  8. 3 cm lengkuas digeprek
  9. 5 buah kluwek diambil isinya lalu diseduh air panas
  10. 1 buat tomat merah diiris
  11. 1 sendok teh gula pasir
  12. 1 sendok teh garam
  13. 500 ml air
  14. Minyak goreng secukupnya
  15. Kaldu bubuk secukupnya
Baca Juga :  Resep Otak-otak Bandeng Khas Gresik, Kuliner Lezat Nan Bisa Menghabiskan Sebakul Nasi!

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai merah keriting
  4. 3 cm kunyit
  5. 4 buah kemiri
  6. ½ sendok teh biji ketumbar

Bahan pelengkap

  1. 1 helai daun bawang diiris
  2. Bawang merah goreng secukupnya

Cara memasak ikan gabus pucung

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ikan gabus pucung dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ikan gabus di bawah air mengalir. Buang semua kotoran di bagian insang dan perutnya. Setelah itu, masukkan semua ikan gabus ke dalam wadah baskom dan beri perasan jeruk nipis dan sedikit garam. Aduk merata dan diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng ikan gabus. Pastikan minyak sudah panas barulah masukkan ikan gabus satu per satu ke dalam wajan. Gorenga hingga berwarna kecoklatan di semua sisi tubuhnya. Setelah matang, angkat dan tiriskan ikan. Sisihkan.
  3. Panaskan wajan penggorengan lagi dan kurangi minyak goreng sisa menggoreng ikan gabus tadi hingga tersisa sedikit. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harus. Tambahkan daun salam, daun jeruk, batang serai, jahe, dan lengkuas. Tumis hingga semua tercampur rata dan layu.
  4. Setelah itu, tuangkan air yang sudah disiapkan bersama air kluwek ke dalam wajan. Aduk merata dan kecilkan api kompor. Tambahan cabai rawit utuh dan irisan tomat. Masak hingga mendidih.
  5. Bumbui dengan garam dan gula, lalu aduk merata. Setelah itu, masukkan semua ikan gabus goreng ke dalam wajan. Aduk merata lagi.
  6. Jangan lupa untuk mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih belum sedap, Anda bisa menambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata lagi.
  7. Sebelum dimatikan kompor, taburi dengan irisan daun bawang. Setelah itu, matikan kompor karena masakan sudah matang dan siap disajikan.
  8. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating. Tuangkan masakan ikan gabus pucung yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya. Jangan lupa melengkapinya dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Buat Gurita Asam Manis Pedas, Mudah kok, Begini Resepnya

Ternyata, memasak resep ikan gabus pucung tidak terlalu sulit untuk dipraktikkan. Silahkan Anda coba memasaknya di rumah. Dijamin rasanya benar-benar menggugah selera. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan